Thursday, August 9, 2012

Memperingati Hari Pribumi Internasional, Belasan Bintang Kejora Berkibar di Manokwari

Mypapua     7:26 AM   No comments

DEWAN ADAT MANOKWARI MEMPERINGATI
HARI BUMI INTERNASIONAL
(FOTO: ISTIMEWA/AMOYE)

MANOKWARI (UMAGI)-- siang, ratusan massa demo di Manokwari, Papua Barat, yang memperingati hari pribumi internasional (ignesius people) pada setiap, 9 Agutus, membawa belasan bendera bintang kejora. Massa aksi mengayun-ayunkan BK yang diikat disejumlah kayu ke udara selama kurang lebih satu jam.

Dari informasi yang dihimpun tabloidjubi.com, Kamis (9/8) sore, belasan bintang kejora (BK) berbagai ukuran, dilambaikan massa yang akan melakukan longmarch memperingati hari pribumi di Manokwari, Papua Barat, Kamis, 9 Agustus 2012.

Sejumlah bintang kejora itu diikatkan disejumlah kayu pendek, lalu dipegang oleh belasan pendemo, kemudian dilambai-lambaikan ke udara. Massa melambaikan bendera itu ke udara selama satu jam. Itu dilakukan dilakukan di depan Kantor Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah III Mankowari.

Ratusan bendera Negara West Papua Berkibar di Manakwari
Foto:Istimewa/kompas.com
Aksi itu dilakukan sebelum massa melakukan logmarch berkeliling kota Manokwari. Mereka (massa) menurunkan BK setelah polisi meminta untuk tak menggunakan bintang kejora. Hingga sore, ratusan massa kembali ke Kantor DAP Wilayah III Manokwari yang beralamat di Jalan Cendronegoro atau berjarak sekitar 500 meter dari Kantor Bupati Manokwari, di atas truk yang ditumpangi massa aksi. “Kita doakan polisi yang tadi injak-injak bendera bintang kejora itu,” kata seorang depan Kantor DAP Wilayah III Manokwari.

Aksi turun jalan itu dilakukan sekitar pukul 10.30 WIT. Ketua DAP Wilayah III Manokwri, Barnabas Mandacan mengatakan, aksi diawali didepan Kantor DAP Wilayah III Manokwari selanjutnya menyusuri jalan pahlawan kemudian terus berjalan melalui Jalan Merdeka dan finish di halaman Gereja Eli, Kwawi.

Simon Riziard Banundi dari Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari mengatakan, aksi dilakukan West Papua National Autority (WPNA). Banundi mengatakan, mereka membawa belasan bendera bintang kejora. “Massa mengibarkan sebagian bendera di depan Kantor DAP Wilayah III Manokwari,” ujarnya.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) kota Manokwari, AKBP Agustinus Supriyanto saat dikonfirmasi melalui pesan pendek via ponsel, membantah massa membawa bendera. Menurutnya, tak ada pengibaran bintang kejora saat demo. (Jubi/Abubar)

SUMBER: TABLOIDJUBI.COM

Mypapua


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Translate

Followers

NEWS