Sunday, February 19, 2012

Aksi damai: Mahasiswa Papua Makasar Tolak "UP4B"

Mypapua     10:02 PM  


MAKASAR (UMAGI)—Aksi damai  Puluhan mahasiswa/i asal Papua yang tergabung dalam Forum Solidaritas Mahasiswa Peduli Rakyat Papua berstudi  Makasar, berunjuk rasa di depan Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Senin (20/2/2012).

Mereka menolak rencana pemekaran di tanah Papua dan Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) yang dibentuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mengorbankan rakyat kecil contoh konkrit sementara ini terjadi di kabupaten  Tolikara Papua.

"Dalam aksinya, mahasiswa Papua yang tergabung dari berbagai suku itu menggelar tari-tarian khas daerahnya di tengah ruas Jalan Jenderal Sudirman. Dua diantara pengunjuk rasa mengenakan koteka.

Menurut koordinator aksi, Tarsius Pimsokom, selain menolak kehadiran Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) yang dibentuk pemerintah pusat dan rencana pemekaran di Papua, mahasiswa Papua juga meminta segera dilaksanakan dialog tripartit antara Amnesty Internasional, Pemerintah Indonesia dan Rakyat Papua. Dan meninta Referendum ulang untuk rakyat Papua sendiri menentukan Nasib  sendiri di negeri mereka.

"Kami tidak butuh UP4B dan Pemekaran dan Bentuk Tawaran bentukan pemerintah Indonesia. Unit ini sama saja dengan Otonomi Khusus yang sudah ditolak rakyat Papua," ujar Tarsius.

Tarsius menjelaskan, masyarakat butuh Dialog Segitiga,  Reverendum, dan Pengakuan Kedaulatan Papua BArat. "Bukan emas atau uang. Hanya minta segera dilaksanakan dialog tripartit antara Amnesti Internasional dengan pemerintah Indonesia dan rakyat Papua," tambahnya.

Mahasiswa juga menganggap Perjanjian Roma, Perjanjian New York, dan Penentuan Pendapat Rakyat 1969 (Pepera) merupakan awal penindasan pemerintah Indonesia pada rakyat Papua hingga saat ini.**(Umagi/Ago)

Sumber: Detik

Mypapua


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

Translate

Followers

NEWS