Saturday, April 7, 2012

JANJI ORANG NOMOR 2 DI DOGIYAI TERHADAP MAHASISWA IPMADO YOGYAKARTA & SOLO MASIH MENUNGGU REALISASI

WEST PAPUA     3:49 AM   No comments

 By.  Mozes Tebai
Kabupaten Dogiyai adalah salah satu Kabupaten diwilayah pegunungan Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Nabire, Paniai dan Deiyai. Ketika Organisasi Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Dogiyai (IPMADO) itu terbentuk dan di sahkan menjadi sebuah organisasi (wadah) untuk belajar berorganisasi  yang dibentuk diYogyakata pada tanggal 30 Januari 2009.

Sejak Pembentukan Ipmado sOrang Nomor.2 sudah ada hadir. saat ini Dogiyai yang memegang fungsi dan wewenang yang penting Drs. Fabianus Yobee sebagai Sekretaris Daerah (SEKDA) dengan tegas menjelaskan mengenai birokrasi Dogiyai dan berjanji akan dibangunan Asrama Permanen di jawa dan bali akan diprioritaskan di Kota Studi Yogyakarta sebagai Kota yang kapasitas Mahasiswa terbanyak dan juga tempat bersejarah pembentukan  IPMADO pertama berdiri. 

Sejak ada pembentukan Organisasi IPMADO Dogiyai Sejawa dan Bali itu saya baru masuk Semester I dan sudah mau selesai kok,  belum juga ada REALISASI Asrama Permanen sebuah kerinduan semua mahasiswa sejawa dan Bali, jika kita hitung-hitung sampai saat ini tidak ada jawaban sehingga saya mau tanya dimana JANJIMU?, saya sebagai putra Daerah Dogiyai yang menjadi saksi mata saat kata janji keluar dari mulut seorang pejabat Asli  orang Dogiyai, maka sebelum ada Realisasi Asrama Permanen saya tetap akan ingatkan terus dan tetap datang kerumah Bapak sebelum saya menyelesaikan Strata satu dan selesaipun tetap saya akan datang tagih janji sebagai utang yang kita pernah sepakati per 30 januari 2009.

 Jika Di Kabupaten Dogiyai memerlukan Sumber Daya Manusia dalam jumlah [kuantitas]  dan mutu [kualitas]  yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan,utamakan pendidikan dan kesehatan dari pada pembangunan fisik lainnya di Dogiyai Untuk memenuhi Sumber Daya Manusia tersebut, pendidikan memiliki peran yang sangat penting, dan sebab Guru berperan aktif dalam pendidikan ini. Guru adalah orang yang telah memanggul tanggung jawab sebagai salah satu pembentuk karakter manusia. Dan sumbangan karakter guru termasuk yang paling kontributif. Karena pengaruh seorang guru terhadap anak didiknya hampir sebesar pengaruh orang tua terhadap anaknya. Bahkan, kadang kita sering menemui seorang anak, ketika diperintah oleh orangtuanya tidak mau mengerjakan, tetapi kalau diperintah guru dia mau mengerjakan. Walaupun hanya kasuistik, tapi itu mencerminkan bahwa pengaruh guru terhadap siswa sangatlah besar, termasuk dalam proses pembentukan karakternya. 'Guru kencing berdiri, maka murid kencing berlari' artinya jika pemerintah sekarang Ingkari janji maka generasi kamipun akan seperti sekarang terus di Dogiyai seperti ungkapan yang sudah tidak asing bagi kita semua diatas.

 Sudah ada Janji diawal berdirinya sebuah kabupaten bagaimana caranya para pejabat Dogiyai yang memegang fungsi dan wewenang yang penting itu untuk merealisasikan Sebuah Asrama permanen sebagai tempat tinggal Mahasiswa Dogiyai Sebagai ASET daerah dogiyai diYogyakarta dan Solo?, untuk Jawaban Merealisasikan Asrama permanen bagi Mahasiswa-Mahasiswi Dogiyai Di Yogyakarta, Pemerintah Dogiyai Perlu belajar dari Deiyai, Paniai, Intan Jaya, dan Puncak Jaya.Untuk para pemanggu jabatan penting khusus Orang Asli Dogiyai jangan Heran jika Lima atau Sepuluh Tahun kemudian, Kabupaten Dogiyai dikuasai oleh orang pendatang dan luar orang dogiyai karena Deiyai yang baru pemekaran setelah Dogiyai dari kabupaten paniai itu sudah ada ASET daerah disetiap kota seperti di Yogyakarta asrama permanen sudah ada realisasi dan paniai sudah ada mereka menomor satukan Pendidikan (SDM) dan Kesehatan sehingga jangan heran kalau Tanah kelahiranmu di ambilalih orang luar dogiyai sepuluh tahun akan datang.

Saya sebagai putra daerah yang dibesarkan dari tengah kota Moanemani di lingkungan SLTP YPPK SANTO FRANSISKUS ASISI dari keluarga Yobee sehingga janji yang pernah di janji Oleh orang Nomor 2 diDogiyai, tetap saya akan menuntut dan menunggu sampai ada jawaban realisasi Asrama permanen dari pemeintah dogiyai, kerinduan untuk mendapatkan sebuah asrama permanen ini saya akan ingatkan sampai kapanpun sebelum ada jawaban. Di Yogyakarta dan Solo kapasitas mahasiswa sangat banyak apabila dibandingkan dengan kota studi lain sehingga kami dari Yogyakarta ada menunggu Hutang Kami sebab kami tahu JANJI adalah UTANG. Setiap orang menginginkan dan berusaha agar badan atau tubuhnya tetap sehat dengan adanya tempat tinggal yang sehat, karena di dalam tubuhnya yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Oleh karena itu kesehatan merupakan salah satu kebutuhan vital bagi umat manusia di dunia, hanya dengan tubuh yang sehat dan pendidikan yang baik seseorang dapat hidup produktif dan melakukan segala aktivitas dengan baik secara sosial, ekonomi, politik,dll. Maka kami menunggu realisasi Asrama Permanen, Asrama permanen  merupakan bagian yang tidak dapat di pisahkan dari pembangunan Nasional maupun pembangunan daerah karena kesehatan dan pendidikan hampir menyentuh aspek kehidupan Manusia.

Tujuan utama dari pemekaran kabupaten Dogiyai itu apa? Kalau-kalau tidak ada perhatian pemerintah disektor pendidikan dan Kesehatan, karena saya tahu bahwa asrama merupakan ASET pemeintah Dogiyai nantinya maka segera diRealisasikan itu. akhir daripada pembangunan pendidikan dan kesehatan  adalah terwujudnya derajat pendidikan dan kesehatan masyarakat dan pelajar  yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum sebagai program pemerintah untuk mencapai Dogiyai Dou Enaa pada kabupaten Dogiyai.
Pelajar  adalah Generasi penerus kabupaten Dogiyai dan umumnya untuk  bangsa papua, oleh karena itu, perhatian  terhadap pendidikan  dan kesejahteraan pelajar dan mahasiswa perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak pemerintah Dogiyai dan terutama para kandidat yang sedang kampanye di kabupaten Dogiyai apabila masyarakat memiliki anda dan terpilih jadi bupati dan wakil bupati Dogiyai agar dapat mengutamakan Pendidikan dan  kesehatan masyarakat atau menjadi program utama dalam pembangunan kabupaten Dogiyai di bupati devinitif. Agar Sumber Daya Manusia Dogiyai tumbuh kembang menjadi tunas-tunas bangsa yang sehat, tangguh, sejahtera lahir dan bathin.Di Dogiyai jangan utamakan Dogiyai Dou Enaa untuk Gunung-gunung dan Lembahnya saja tetapi sesuai motto wujudkan dogiyai untuk  SDM disektor pendidikan dan kesehatan agar tujuan itu terwujud dan sejahtera maka Dogiyai akan tercipta Dou Enaa di berbagai bidang.

Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)
Semester          : Akhir
Jurusan            : Akuntansi S1
IPMADO            : Bendahara Jog_Lo ( BPH IPMADO )

Sumber: Facebook

, , , ,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.