Monday, September 24, 2018

Memblokir Papua dari kebenaran

Mypapua     6:49 PM   No comments

Oleh: ANDRE BARAHAMIN
Mengapa janji-janji Jokowi untuk membuka “pulau terlarang” Indonesia untuk wartawan dan pemantau hak gagal?
Pada tanggal 20 Desember 2016, PErs Bantuan Hukum Yayasan Indonesia (LBH Pers) menggelar konferensi pers. Ini disorot sensor oleh Departemen Informasi dan Komunikasi Indonesia (Kominfo) terhadap Suara Papua, outlet berita lokal berbasis di Abepura, Papua. Dengan tidak ada pemberitahuan sebelumnya, Suara Papua diam-diam terdaftar bersama 11 situs yang diblokir oleh pemerintah. Situs-situs diduga melanggar prinsip-prinsip jurnalistik dengan mempromosikan hoax dan kebencian.
Malam itu, Rudiantara, Menteri Informasi dan Komunikasi mengatakan kepada Asep Komarudin dari LBH Pers, menjanjikan bahwa larangan tersebut akan dicabut pada hari berikutnya.
Pada tanggal 21 Desember Suara Papua bisa diakses lagi, tapi tidak bagi mereka yang menggunakan Telkomsel – penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Di Papua, Telkomsel adalah pemain utama dan menguasai lebih dari 65 persen dari pasar untuk pengguna layanan telepon seluler. Ketika saya baru-baru ini menerbitkan sebuah artikel dengan Suara Papua, puluhan orang mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak bisa membacanya karena blok Kominfo.
Arnold Belau, Ketua Editor Suara Papua mengatakan bahwa tidak ada alasan yang diberikan untuk sensor. Tidak ada peringatan dini atau surat resmi pemberitahuan. Ia menemukan website telah secara konsisten disensor sejak 14 November 2016, berdasarkan screenshot yang dikirim oleh pembaca dari berbagai daerah di Papua. Beliau sangat percaya bahwa memblokir situs web dan sensor merepresi kebebasan pers, dan melanggar hak-hak publik untuk mengakses informasi, khususnya bagi orang Papua.
Franky Samperante, Direktur Eksekutif PUSAKA Foundation mengatakan bahwa sensor Suara Papua menunjukkan bagaimana Joko Widodo (Jokowi) sekali lagi mengikuti jejak pendahulunya, Susilo Bambang Yudhoyono. Ia percaya sensor Suara Papua adalah tindakan represi terhadap media alternatif yang menimbulkan masalah kesadaran tentang pelanggaran berkelanjutan HAM, perampasan tanah terhadap masyarakat adat, kerusakan lingkungan besar-besaran, masalah pendidikan dan kesehatan, dan kemiskinan – isu yang jarang disebutkan oleh pers Indonesia mainstream.
Ini mencerminkan kekhawatiran yang dibesarkan di laporan dari Human Rights Watch (HRW) 2015, “Sesuatu untuk diSembunyikan? Pembatasan Indonesia pada Media Kebebasan dan Hak Pemantauan di Papua.”75-halaman yang menguraikan peran pemerintah dalam menghalangi akses ke provinsi Papua dan Papua Barat. Phelim Kine, Direktur Asia HRW mengatakan bahwa pembatasan akses pemerintah untuk “pulau dilarang” terlalu lama membuat Papua Indonesia untuk media asing dan pemantau hak. wartawan asing menggambarkan proses permohonan izin buram dan tak terduga di mana mereka sering tidak pernah menerima respon akhir. Banyak yang menunggu tanpa hasil selama berbulan-bulan – dan dalam beberapa kasus tahun – untuk persetujuan.
Wartawan yang masuk ke Papua dengan visa turis menghadapi ancaman penangkapan oleh aparat keamanan, seperti yang dialami oleh Thomas Dandois dan Valentine Bourrat pada tahun 2014. Pasangan ini – yang bekerja untuk Franco-Jerman channel TV Arte – ditangkap oleh pasukan keamanan Indonesia pada 7 Agustus saat wawancara Areki Wanimbo, pemimpin adat setempat. Dandois dan Valentine dijatuhi hukuman penjara 2,5 bulan dan didenda $ US200 Mereka dibebaskan pada 28 Oktober 2014. Namun Wanimbo – yang didakwa dengan konspirasi untuk melakukan makar – harus menunggu delapan bulan sebelum rilis.
Suara Papua adalah salah satu di antara beberapa publikasi yang secara teratur memberikan kabar terbaru pada Wanimbo ketika semua mata terfokus pada Dandois dan Bourrat.
Ketika Jokowi mengumumkan pembukaan Papua kepada wartawan dan monitor pada tahun 2015, itu bertemu dengan perlawanan yang kuat dari para pejabat pemerintah dan pasukan keamanan senior. janji itu tidak pernah terwujud karena Jokowi menyediakan arahan tertulis khusus setelah pengumuman. Ini membuka ruang untuk kepatuhan non-lembaga negara dan aparat keamanan bertentangan dengan melonggarkan pembatasan akses pemantau asing ke Papua.
Berbagai pejabat senior telah sejak publik bertentangan dengan pernyataan presiden. Kementerian Luar Negeri, Luhut Binsar Panjaitan, telah mengumumkan bahwa pemerintah akan mengambil tindakan serius terhadap mereka yang berusaha untuk membatasi akses wartawan dan bekerja di Papua. Namun berbeda dengan pernyataan ini, HRW telah menemukan tidak ada perubahan di tanah. Andreas Harsono, peneliti Indonesia dari HRW, telah mengkonfirmasi bahwa wartawan asing yang ingin melakukan perjalanan ke Papua masih diperlukan untuk memberikan rincian dari sumber-sumber kemungkinan mereka dan tanggal perjalanan di muka.
Mereka diyakini digunakan oleh pasukan keamanan untuk mengawasi pekerjaan wartawan dan untuk mencegah pers negatif yang beredar di luar dari Papua.
Pada tanggal 10 Maret, Suara Papua online sekali lagi. Tapi, meskipun proklamasi besar dari departemen pemerintah dan janji Presiden untuk kebebasan pers, tidak mengherankan bahwa Indonesia semakin tidak toleran terus memblokir Papua Barat dari kebenaran.
Andre Barahamin adalah peneliti PUSAKA Foundation, dan anggota dari Papua Itu Kita (berbasis di Jakarta, kampanye solidaritas untuk Papua). Dia juga menjabat sebagai editor untuk IndoPROGRESS, sebuah platform online yang menghubungkan ulama progresif dan aktivis.
Sumber : http://www.newmandala.org/blocking-papua-truth/

,

Mypapua


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Translate

Followers

NEWS