Saturday, July 30, 2016

Hanasbei, Pemain Papua Pertama di Liga Belanda

WEST PAPUA     10:50 PM   No comments

Berita Kedatangan Hanasby
Berita Kedatangan Hanasbei, bersama Ground Stewardess di Bandara Schiphol.

Tim muda sepakbola asal Papua akan melawat Belanda selama sebulan penuh, bulan April dan Mei 2015. Di negeri pembibit sepakbola ini, sebanyak tiga puluhan pemain muda berrencana melakukan berbagai kegiatan. Sepakbolabelanda.com melihat keberangkatan ke Belanda ini terinspirasi oleh Daniel Hanasby. Siapa dia?

Setelah mendalami berbagai literatur di Belanda maupun penerbitan lainnya, Eka Tanjung menemukan nama Daniel Hanasbey sebagai inspirator program pemberangkatan tim U19 Papua ke Belanda. Seperti disebutkan Richard Ferre, asisten Waketu Tim Sepakbola. Ferre kepada Suluhpapua.com mengharapkan bahwa
“melalui seleksi ini ada pemain-pemain asal Papua yang mengikuti jejak dari Daniel Hanasbey yang bermain di klub besar eropa..”
Nama Hanasby inilah yang menggerakkan Eka Tanjung mendalami lebih lanjut materi kunjungan tim muda Papua ke Belanda. Lewat berbagai tulisan koran lawas di arsip Belanda terlacak nama Daniel Hanasbey. Di Belanda, nama Hanasby atau terkadang ditulis Hanasbei menjadi pemberitaan ketika ia mendarat di Bandara Schiphol Belanda pada Senin,  7 Desember 1959. Ia terbang dari pelabuhan udara Biak menumpangi pesawat KLM yang berangkat dari Sydney.
Hanasby yang di Papua berprofesi sebagai pekerja administrasi di Dinas Pengairan, berasal dari klub W.I.K, yang sejauh ini Sepakbolabelanda belum menemukan kepanjangan dari singkatan itu. Intinya dari pemberitaan koran lawas itu disebutkan bahwa Daniel Hanasby berposisi sebagai Midvoor atau Gelandang Serang. Dan di klubnya dia merupakan top skorer dengan kemasan 27 gol dari 16 pertandingan. Di sebutkan pula bahwa klub W.I.K sudah empat kali berturut menjuarai kompetisi Papua.
Di Belanda, Hanasby diterima masuk skuad HVC Amersfoort. Holandia Victoria Combinatie ini berdiri tahun 1905, dan merupakan salah satu klub tertua Belanda. Pada tahun 1959, ketika Daniel Hanasby bergabung, HVC berlaga di Liga Profesional. Namun sejalan dengan waktu, klub yang berlokasi di Sportpark Zielhorst 6 Amersfoort ini sekarang menjadi klub yang sangat kecil. Memiliki 5 tim senior dan 1 saja tim junior.
Hanasby menjalani beberapa laga memperkuat HVC Amersfoort, dengan status sebagai pemain kontrak semi-prof. Schermafbeelding 2015-03-24 om 23.36.26
Kurang Publikasi
Salah satu pertandingan yang  melibatkan Hanasbei adalah ketika tim dua HVC2 bertandang ke Velox2. Walaupun kalah 0-2, namun Hanasby dilaporkan sempat melepaskan tendangan keras yang berhasil dihalau kiper lawan. Selanjutnya Eka Tanjung tidak menemukan laporan dan tulisan lebih lanjut tentang Dan Hanasbei ini. Kecuali bahwa generasi berikutnya Papua yang sempat berjaya adalah Lody Roembiak, atau Lodewijk Roembiak. Generasi baru kelahiran Leiden Belanda ini lebih mendunia dan bahkan sampai ke klub Turki, Jerman dan Swiss.
Walaupun sangat dibanggakan oleh pemuda dan pencinta sepakbola dari Papua, namun Hanasby sebenarnya tidak menonjol selama di Belanda. Mungkin kebanggaan disandarkan pada fakta bahwa ada pemain asal Papua yang bisa hijrah ke Belanda. Itu memang bisa dipakai sebagai motivasi.
Makam Daniel Hanasby
Makam Daniel Hanasby
Makam Hanasbei
Eka Tanjung menemukan informasi menyangkut makam, tempat peristirahatan terakhir dari Daniel Hanasby. Pesepakbola pertama Papua yang sampai Belanda ini tutup usia pada 11 April 1983 dalam usia 44 tahun. Ia dimakamkan di Algemeene Begraafplaats Noordenveld di Nieuwegein. Dari penulisan makan Daniel Hanasbei,  tidak menyebutkan istri dan keturunan.

Namun sumber lain menyebutkan bahwa Daniel Hanasbei meninggalkan istri dan memiliki keturunan di Belanda. Perbedaan informasi ini berkaitan dengan perbedaan penulisan nama: Hanasbei, Hanasbey dan Hanasby
 
 
 
 
Sumber:http://www.sepakbolanda.com/2015/03/hanasbie-pemain-papua-pertama-di-liga.html?spref=fb

, ,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...