Thursday, June 23, 2016

Video : Pernyataan Kepulauan Solomon Dan Vanuatu Kembali Angkat Pelanggaran HAM Papua di PBB

Mypapua     9:07 PM   No comments





Diplomat Vanuatu di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Setareki Waoanitoga (paling kiri), ketika membacakan pandangan tentang pelanggaran HAM di Papua pada sidang Dewan HAM PBB pada 22 Juni 2016 (Foto: Screenshot webtv.un.org)
Diplomat  Negara Kepulauan Solomon di PBB, Barret Salato, mengangkat kembali isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua pada Sidang Dewan HAM PBB di Jenewa pada Rabu, 22 Juni.

"Kami mengungkapkan keprihatinan yang mendalam kami atas situasi HAM yang tergerus dari orang Melanesia Papua asli, yang merupakan penduduk asli Papua," kata dia, dalam pidatonya yang dapat disaksikan lewat televisi internet PBB.

Ia mengatakan, Kepulauan Solomon sebagai ketua Melanesian Spearhead Group (MSG) dan yang ditunjuk sebagai ketua Pacific Islands Development Forum (PIDF), menyatakan solidaritas terhadap sesama rakyat Melanesia di Papua.

"Kami akan mendorong Pemerintah Indonesia untuk mencari solusi damai dan berkelanjutan atas konflik yang sedang berlangsung di Papua  melalui keterlibatan konstruktif dengan perwakilan Papua dan menghormati hak mereka sebagai manusia," lanjut dia.

Ia mengatakan Solomon menyambut perhatian besar yang diberikan Presiden Joko Widodo dalam membangun Papua. Namun pada saat yang sama, ia menambahkan, pelanggaran HAM terhadap Papua belum terselesaikan.

"Pemerintah Kepulauan Solomon menerima laporan rutin tentang kasus penangkapan sewenang-wenang, eksekusi, penyiksaan, perlakuan buruk, pembatasan kebebasan berekspresi, berkumpul dan berserikat, yang dilakukan terutama oleh polisi Indonesia," kata dia.

Di bagian lain pidatonya ia menyebut penangkapan lebih dari 2.000 penduduk Papua saat berunjuk rasa damai di Papua ketika menyatakan dukungan terhadap ULMWP menjadi anggota penuh MSG, dan menyatakan keprihatinan atas kejadian itu.

Ia juga mengungkapkan upaya MSG pada pertemuan tingkat Menlu di Fiji pekan lalu yang telah mendudukkan delegasi ULMWP dan Indonesia dalam satu meja. Hasil itu, kata dia, diharapkan dapat membangun ruang untuk keterlibatan konstruktif dengan semua pihak dalam menangani keprihatinan anggota MSG terkait perkembangan terakhir di Papua.

Dikatakannya pula, Solomon juga menyambut inisiatif MSG untuk bekerjasama dengan pemerintah RI untuk mengunjungi Papua di kemudian hari. Kunjungan itu diharapkan memungkinkan memberikan pandangan yang objektif dan independen oleh anggota MSG.

Pada bagian lain pidatonya, ia menyatakan mendukung deklarasi yang dibuat oleh International Parliamentarians for West Papua (IPWP) di London pada 3 Mei lalu yang menyerukan perlunya referendum yang diawasi PBB di Papua.

Solomon juga mendesak agar Indonesia membuka pintu bagi masuknya jurnalis asing ke Papua. Sejalan dengan itu, Solomon juga meminta agar Indonesia bekerja sama dengan Dewan HAM PBB untuk memungkinkan kunjungan pelapor khusus PBB ke Papua, demikian juga dengan pencari fakta dari Pacific Islands Forum (PIF) tentang pelanggaran HAM di Papua.

Pernyataan Kepulauan Solomon ini disampaikan pada Rapat Pleno ke-24 Sesi Regular ke-32 Dewan HAM PBB. Maret lalu, hal ini sudah pula pernah diangkat oleh Kepulauan Solomon di forum yang sama oleh diplomat yang sama. [satuharapan.com



Ini Vanuatu Punya Text Pernyataan Hari ini di PBB

Pernyataan Oleh Republik Vanuatu
32 nd sesi Dewan Hak Asasi Manusia


Terima kasih Mr Presiden,

Delegasi saya anggap itu sendiri dengan pernyataan yang dibuat oleh Kepulauan Solomon.

Vanuatu Hendak Express ke dewan yang terdalam kami permasalahan tersebut pada situasi hak asasi manusia di papua barat. Kami terus meningkat untuk menerima laporan bruto pelanggaran HAM DI PAPUA BARAT.

Dalam beberapa bulan terakhir lebih dari seribu papuans barat ditangkap oleh polisi indonesia untuk berpartisipasi dalam demonstrasi damai. Bertentangan ini tanggung jawab untuk melindungi dan memfasilitasi protes yang membela pandangan politik dan budaya yang berbeda, dan bahkan orang-orang yang menentang, espoused oleh pemerintah.

Whilest kami mengakui dan selamat datang laporan oleh pelapor khusus tentang hak kebebasan dan dari Association, yang memberikan contoh dari barat yang papuans hak kebebasan dan perakitan dari asosiasi adalah dibatasi oleh pemerintah Indonesia, vanuatu ingin seru manusia Dewan Hak untuk melakukan lebih banyak.

Kita sebut di dewan untuk bekerja sama dengan pemerintah indonesia untuk memungkinkan pelapor khusus PBB di kebebasan berekspresi untuk mengunjungi Papua Barat untuk mendapatkan tujuan dan independen dilihat dari situasi di tanah di wilayah itu.

West juga panggilan pada pemerintah indonesia untuk mengizinkan gratis dan akses penuh dari jurnalis internasional untuk papua barat dan mengizinkan hak asasi manusia fakta-menemukan misi oleh Forum Kepulauan Pasifik.

Terima kasih tn. Presiden



Ini text pernyataan Solomon Islands di sesi-32 DEbat Umum Dewan HAM PBB, hari ini 22 Juni 2016

Pernyataan Oleh Misi Permanen Dari Kepulauan Solomon
Sesi ke-32 dari PBB Dewan Hak Asasi Manusia,
Item 4: situasi kebutuhan perhatian dewan

Terima kasih Mr Presiden,

Delegasi Yang Dari Kepulauan Solomon Ingin menarik perhatian dewan pada situasi hak asasi manusia di papua barat, Indonesia. Kita mengekspresikan dalam kami mengurangi masalah pada situasi ham dari melanesia pribumi papuans, yang populasi pribumi papua. Sebagai Negara Melanesia yang berkewajiban, kursi dari grup melanesia spearhead, dan kursi yang ditunjuk dari pengembangan Forum Kepulauan Pasifik (pidf) AKAN MEMPERPANJANG INI SOLIDARITAS UNTUK SESAMA MELANESIA DI PAPUA BARAT. Kami akan mendorong pemerintah indonesia untuk menemukan solusi damai dan berkelanjutan yang di-akan konflik di papua barat melalui interaksi konstruktif dengan wakil-Wakil dari west papuans dan menghormati hak mereka sebagai manusia.

Ketika kami menyambut peningkatan perhatian yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo untuk papua barat, pelanggaran hak asasi manusia terhadap papua barat tetap tidak terselesaikan. Pemerintah Kepulauan Solomon yang biasa menerima laporan kasus penangkapan sewenang-wenang, ringkasan eksekusi, penyiksaan, sakit-pengobatan, pembatasan kebebasan dari ekspresi, perakitan, asosiasi dan berkomitmen terutama oleh polisi indonesia.

Pada 2 Mei 2016, 2,109 orang telah ditangkap terutama pribumi melanesia papuans, sementara berpartisipasi dalam damai demonstrasi di beberapa kota di papua barat dan beberapa kota Indonesia. Demonstrasi yang telah diadakan di dukung dari United Gerakan Pembebasan Papua Barat (ULMWP) untuk diakui sebagai anggota penuh dari Melanesia Spearhead Group (MSG), PERINGATAN 1 Mei 1963 sebagai Indonesia ' s ANEKSASI PAPUA BARAT DAN MENDUKUNG PARLEMEN INTERNASIONAL UNTUK PAPUA BARAT (ipwp) pertemuan. Selama penangkapan, beberapa dari mereka mengalami penyiksaan dan perlakuan buruk dari pasukan keamanan Indonesia.

Kepulauan Solomon Catatan hasil terkini dari pertemuan Menteri Luar Negeri Dari Melanesia spearhead grup yang diadakan minggu lalu di Fiji (tanggal 14-17 Juni 2016) di mana kedua Wakil Indonesia dan ulmwp duduk sebagai anggota msg selama hak. Hasil ini envisages untuk mendirikan sebuah ruang yang aman untuk interaksi konstruktif dengan semua pihak dengan pemandangan untuk menangani masalah-masalah lain yang msg anggota tentang perkembangan terbaru di papua barat. Dalam hal ini, Menteri Luar Negeri lebih sepakat untuk mendirikan sebuah komite tingkat tinggi perwakilan dari anggota msg untuk menemani dan memfasilitasi interaksi konstruktif ini.

Kami juga selamat datang inisiatif dari msg untuk bekerja sama dengan pemerintah indonesia untuk mengunjungi Melanesia Provinsi Di Indonesia pada tanggal setelahnya. Kunjungan penting ini akan memungkinkan untuk tujuan yang jelas dan independen, lihat oleh anggota msg para pemimpin dan pelayan.

Kami sangat didukung akhir ini deklarasi dari parlemen internasional untuk Papua Barat (ipwp) Forum yang terjadi di London pada 3 MEI YANG PANGGILAN UNTUK SEBUAH INTERNASIONAL DIAWASI MEMILIH KEMERDEKAAN PAPUA. Deklarasi yang telah didukung oleh salib parlemen daerah datang dari 15 negara anggota PBB.

Wartawan bekerja pada hak asasi manusia masih menghalangi untuk bebas dan akses penuh untuk melakukan pekerjaan mereka di papua barat. Delegasi Kami yakin bahwa akses dari komunitas internasional untuk papua barat, terutama untuk prosedur khusus PBB, akan memberikan kesempatan untuk memperbaiki situasi HAM. Kami menghampirimu pemerintah indonesia untuk bekerja sama dengan Dewan Hak Asasi Manusia yang setuju dengan mengizinkan kunjungan pelapor khusus PBB di kebebasan berekspresi untuk indonesia yang harus mencakup untuk papua barat.

Akhirnya, kami mendorong pemerintah indonesia untuk memfasilitasi fakta ham-menemukan misi untuk papua barat bahwa anggota forum pulau pasifik telah memutuskan untuk melakukan.

Terima kasih Mr Presiden



Victor Yeimo Ketua KNPB Pusat 

Mypapua


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Translate

Followers

NEWS