Sunday, October 6, 2013

INDONESIA MERUSAK ALAM WILAYAH ADAT MEEPAGO

WEST PAPUA     7:36 AM  

Alam Danau Paniai (Dok.Pribadi)
WILAYAH MEEPAGO ADALAH WILAYAH YANG BERTRADISI DAN DIJANJIKAN OLEH  TUHAN UGATAMEE "GOD"
Wilayah meepago adalah wilayah yang dijanjikan dan diperjuangkan melalui pengorbanan, penderitaan, dan kesengsaraan untuk mencapai tujuan kebebasan. Ketika kami masih mudah, kami telah dibesarkan dan diberi makan dengan petatas, keladi, dan beberapa makanan alamiah lainnya. Sebelum masuk pemerintah di wilayah Meepago para leluhur yang berjasa mengungkapkan bahwa suatu saat orang-orang yang kamu tak mengenal mereka (Indonesia) akan mendominasi negeri ini dan merusak alam (Fauna-flora), dan para leluhur juga telah menyampaikan bahwa, generasi kami pola berfikir yang logis, bertradisi tetapi hidupnya terpenuhi dengan sumber kelimpahan.
 
Ada salah satu Bapa yang berpesan kepada anaknya bahwa, memang kamu akan hidup dengan berbeda ras, budaya (Melayu), tetapi suatu saat kamu akan bebas dari mereka untuk selama-lamanya. Namun disisi lain, dengan perkembangan yang sangat pesat di wilayah meepago, banyak masyarakat setempat yang terpengaruh dengan adanya pemekaran kabupaten sehingga nilai-nilai budaya yang baik, kehidupan masyarakat yang bersumber dari tanah, itu semuanya kehilangan secara tiba-tiba. 
 
Kita telah dibesarkan dan dipelihara oleh orang tua dengan makanan yang alamiah, dan hubungan kekerabatan dalam keluarga besar meepago yang kuat, tetapi karena kelompok tertentu yang mencari kepentingan diri dan sekedar mendapatkan nafkah hidup dari bangsa lain sehingga banyak masyarakt wilayah Meepago hidup terlantar, termiskinkan, terbodohkan bahkan terintimidasi. 
 
Orang Papua adalah orang beriman, bermoral dan berbudaya yang telah dianugrahi oleh sang-Pencipta untuk mengatur dan menjaga kehidupan secara tradisi bagi keluarga besar Meepago. Bila kita mengacu pada perkembangan moderen saat ini, kehidupan masyaraktat setiap kampung-kampung khususnya wilayah meepago sudah tidak ada tenaga untuk bekerja, berkebun, bertani, berpihara babi, berburuh, dan mata pencaharian lainya untuk memenuhi kehidupan keluarganya. 
 
Mengapa orang Papua sudah lama tinggalkan hidup yang bertradisi ? Karena mereka dimanja dengan beras JPS, uang turdes, dengan berbagai program yang dibuat oleh pemerintah tanpa maksud yang jelas kepada masyarkat, sehingga Itulah yang menyebabkan banyak masyarat papua hidup hanya tergantung Otonomi khusus, UP4B dan Otonomi plus. 
 
Jika kita mengartikan UP4B adalah Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat tetapi, Kalangan Intektual mengartikan UP4B yang sebenarnya adalah Unit Percepatan Pemusnahan Papua dan Papua Barat katanya. 
 
Diharapkan kepada Nogei/kawan dengan saya harus berfikir logis dan menyeluruh secara intelektual dan profesional sebagai generasi penerus papua yang akan mewujudkan agen perubahan masa depan. Liatlah orang tua-Mu dalam keadaan darurat, dengan adanya tindakan yang sewenag-wenang tanpa alasan yang transparan, tidak lama lagi manusia papua akan habis diatas tanahnya sendiri. 
 
Tetapi marilah kita melakukan perlawanan dengan bermartabat , berintelektual tanpa dengan adanya tindakan yang kita tidak inginkan. Karena, TUHAN mengatakan kepada orang Papua bahwa, jangan menghabiskan nyawa manusia tanpa berdosa dan bertindaklah atas keadilan dan kebenaran maka, engkau akan mendapatkan negeri yang Kujanjikan kepadaMu yakni, Bumi Cendrawasih. (UN/Awimee G)

, ,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...