Wednesday, June 20, 2012

SULIT MENCARI HIDUP KEBENARAN DI JAMAN MODEREN

WEST PAPUA     12:22 PM   1 comment

OLEH:  Pap Degei 

Hidup kebenaran adalah hidup dengan mengenali diri secara esensial.

Mengenali diri bukan hanya berarti identitasnya saja, melainkan juga mencakup semua aspek kehidupan manusia, bukan lain berarti budaya: budaya materil dan non materil yang diwariskan oleh nenekmoyang hingga generasi ke generasinya.

Jika hidup manusia itu tidak tahu -menahu budaya pribadi yang esensialnya, apakah orang-orang itu hidup dengan benar. Mustahillah! Karena dasar kepribadiannya tidak diwariskan.

Nyatanya anda mengamati saja di jaman moderen antara orang yang tahu budaya pribadi dengan yang tidak tahu budaya kepribadiannya. Pasti, bahwa nilai -nilai hidup dan cara maupun integitasnya mereka sangat berbeda-beda.

Lebih jelanya, orang yan g tidak tahu budayanya muda terpengaruh oleh budaya moderen negatif ketimbang budaya moderen positif. Budaya moderen positif adalah, cara berpikir yang berilmiah, berintelektual, terbuka dalam hal tindak2 positif, bermental yg kuat, berdisiplin, bertanggung jawab, jujur dll.

Dan sebaliknya, orang yg tidak tahu budaya kepribadiannya di jaman moderen, mudah dipengaruhi dengan SEX, narkoba, miras, dan berbaga permainan yang membunuh karakter kehidupan manusia.

Sedangkan orang yang tahu budaya kepribadian, integritasnya matang, muda mengesuakian di jaman moderen sebagaimana jaman yang sedang kita lalui. Dengan demikian, orang bisa hidup dengan sehat, baik itu sehat pikiran, kesehatan dan emosionalnya sehingga semuanya muda dikendalikan bila ditaawari budaya baru yang tidak punya status kebenaranya.

Sesungguhnya demikian tetapi, telah menjadi ironisnya di jaman moderen oleh karena sebagaimana dikatakan diwacana publik bahwa manusia adalah makluk yang lemah baik itu kemampuan pisik maupun pikiran dan hati manusia. Sehingga dengan berkembangnnya jaman diiringi dengan budaya baru yang tidak bestatus, maka semua orang apalagi orang yang suda tua telah dikuasai dengan budaya moderen yang tidak punya berstatus kebenarannya.

Budaya moderen yang tidak berstatus seperti budaya SEX, miras, main judi, makan pinang, dan permainan lain yang membuat hilangnya budaya kepribadian di setiap suku bangsa. Akhirnya manusia jaman moderen hidup seibarat bangun rumah tanpa pondasi atau air hujan jatuh di atas daung keladi sehingga air hujang secara otomatis jatuh tanpa disentu.

Maka itu, pantaslah saya, anda, dan dia melakukan seperti hal-hal negatif sebagaimana yang diilustrasikan di atas, karena manusia adalah makluk yang lemah dijadikan sebagai sekedar alasan yang sebetulnya bisa aatasi itu.

Seyogyanya, kita semua bisa mencari jalan keluar melalui cara-cara untuk mengari hidup kebenaran apalagi kita punya pikiran dan hati sebagai alat pengendali yang lengkap jika dihahalagi kita masing-masing orang. Hanya saja kita sendiri yang salah menggunakan akal pikiran dan hati yang Tuhan telah berikan kepada tiap orang ketika setiap orang terbentuk di dalam kandungan Ibu.

Oleh sebab itu, untuk alternatifnya untuk mencari jalan hidup kebenaran adalah bagaimana supaya pikiran dan hati saya ini bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin di jaman moderen ini?

Pertanyaan inilah yang kita di setiap orang perlu dijawab bukan hanya di dalam memoria di setiap orang saja melainkan juga yang paling penting dilakukan adalah dalam tindakan realitas berkehidupan manusia di dalam perkembangan jamannya.

SUMBER: FACEBOOK.COM

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

1 comment :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...