Tuesday, May 1, 2012

JIKA PEMILUKADA DOGIYAI BERMASALAH MAKA DITETAPKAN SIAPA PELOPOR DOGIYAI

WEST PAPUA     5:12 AM   No comments

By Jhon Y.I.Degei
Jika pemilukada dogiyai bermasalah maka Siapa pelopor digiyai dan siapa pejuang digiyai yang harus dimenangkan oleh suara rakyat dogiyai itu.karena suara rakyat adalah suara Tuhan. Oleh karena itu, masyarakat yang jadi korban dan juga saya menyampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten dogiyai baik kamuu maupun mapia pergi dari politik itu bukan pekerjaan rakyat.pekerjaan rakyat adalah untuk berkebun di ladang besok kamu mau kasih makan apa ketika anak-anak akan menangis lapar kamu mau katakan apa sama anak-anak itu. Dan saya menyampaikan kepada ketiga kandidat bahwa kita harus mempelajari etika Profesi sehingga kita dapat membedakan antara satu sama yang lain dan siapa yang lebih senior dan siapa yang lebih yunior atau diatas bahkan juga siapa yang akan diperjuangkan kabupaten dogiyai tersebut. Saya mengatakan tidak tahu untuk memperdulikan dan tidak tahu saling menghargai satu dengan yang lain. Oleh sebab itu, se harus kita harus percaya dan diakui bahkan juga kita dapat bersyukur kepada pelopor dogiyai dan pejuang dogiyai yang sedang mengorbangkan dengan harta dan kekayaan namun, tidak tahu berterima kasih kepada orang yang sedang mengorbangkan hal-hal seperti.Kita harus melatar belakangi sejarah pembetukan kabupaten dogiyai. Saya berbicara ini bukan karena sukuis atau daerahisme akan tetapi fakta membuktian atau kenyataan dilapangan dan juga saya sebagai pengamat lapangan dalam hal ini adalah pemilukada digiyai ini. Agar supaya berjalan sesuai dengan kelancaran.Dengan demikian luasnya lingkup dari etika sosial, maka etika sosial ini terbagi atauterpecah menjadi banyak bagian atau bidang. Dan pembahasan bidang yang palingaktual saat ini adalah sebagai berikut :
1. Sikap terhadap sesama
2. Etika keluarga
3. Etika profesi
4. Etika politik
5. Etika lingkungan
6. Etika idiologi



SISTEM PENILAIAN ETIKA :
1. Titik berat penilaian etika sebagai suatu ilmu, adalah pada perbuatan baik atau jahat,susila atau tidak susila.
2. Perbuatan atau kelakuan seseorang yang telah menjadi sifat baginya atau telah mendarahdaging, itulah yang disebut akhlak atau budi pekerti. Budi tumbuhnya dalam jiwa, bilatelah dilahirkan dalam bentuk perbuatan namanya pekerti. Jadi suatu budi pekerti,pangkal penilaiannya adalah dari dalam jiwa; dari semasih berupa angan-angan, cita-cita,niat hati, sampai ia lahir keluar berupa perbuatan nyata.
3. Burhanuddin Salam, Drs. menjelaskan bahwa sesuatu perbuatan di nilai pada 3 (tiga)tingkat :
a. Tingkat pertama, semasih belum lahir menjadi perbuatan, jadi masih berupa rencanadalam hati, niat.
b. Tingkat kedua, setelah lahir menjadi perbuatan nyata, yaitu pekerti.
c. Tingkat ketiga, akibat atau hasil perbuatan tersebut, yaitu baik atau buruk.
Dari sistematika di atas, kita bisa melihat bahwa ETIKA PROFESI merupakan bidang etikakhusus atau terapan yang merupakan produk dari etika sosial.Kata hati atau niat biasa jugadisebut karsa atau kehendak, kemauan, wil. Dan isi dari karsa inilah yang akan direalisasikanoleh perbuatan. Dalam hal merealisasikan ini ada (4 empat) variabel yang terjadi :
a. Tujuan baik, tetapi cara untuk mencapainya yang tidak baik.
b. Tujuannya yang tidak baik, cara mencapainya ; kelihatannya baik.
c. Tujuannya tidak baik, dan cara mencapainya juga tidak baik.
d. Tujuannya baik, dan cara mencapainya juga terlihat baik.
Kepentingan mendasar yang melatar belakangi pembentukan Kabupaten Dogiyai adalah mengatasi penghalang geografis yang berat dan jarak ke ibukota Kabupaten Induk Nabire.Hal itu menyebabkan masyarakat merasa bahwa pembangunan selama ini belum sampai ke masyarakat di daerah pegunungan.Selain itu pembentukan Kabupaten Dogiyai diharapkan mampu mendorong peningkatan pelayanan dalam bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan, serta dapat memberikan kemampuan dalam pemanfaatan potensi daerah.Kondisi obyektif yang ada direspons secara sinergis oleh Tokoh-tokoh masyarakat adat dengan membentuk kabupaten dogiyai. (Jhon Y.I.Degei)

,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...