Saturday, November 29, 2014

Pengesahan 24 KODAP dan Pelantikan Panglima KODAP, Setelah lima Tahap Restrukturisasi TPNPB

WEST PAPUA     4:32 AM   No comments

Restrukturisasi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) dilakukan kurang lebih selama 4 tahun telah terwujud. Ketika survei membenarkan dalam kubu perjuangan satuan Tentara Pembebasan Papua Barat, tidak bersatu dalam struktur secara nasional. Ternyata upaya untuk restrukturisasi TPNPB telah selesai dari tahap ke tahap selama empat tahun berjalan ini.
Tentara Pembebasan sangat penting dalam perjuangan sebagai, benteng pertahanan melawan penjajah. Untuk itu dalam perjuangan kemerdekaan Papua Barat, TPNPB sudah ada sejak 1973, namun setelah terpisah dari persatuan selama puluhan tahun berjuang tidak terstruktur, antara garis komando dan koordinasi yang tidak terarah. Hal itu menjadi lemahnya pertahanan dalam perjuangan.
Tahap pertama, pada tahun 2010-2011 survei di setiap markas TPNPB di seluruh Papua. Tim konsolidasi di pertahanan pesisir dan pegunungan. Dari survei dan konsolidasi itu semua pertahanan berkomitmen untuk bersatu. Setiap pertahanan Markas TPNPB masing-masing memberikan rekomenasi untuk melaksanakan forum tertinggi, guna restrukturisasi TPNPB. Tim survei dan konsolidasi mendapat 24 rekomendasi, dari 24 Markas Pertahanan TPNPB dan lainnya tidak memberikan rekomandasi namun tetap turut mendukung terwujudnya pembenahan struktur TPNPB.
Tahap kedua, Setelah ada rekomendasi dari seluruh pertahanan. Kembali membahas untuk melaksanakan Pra Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) TPNPB. Maka pada Pra Konferensi perwakilan dari setiap markas di seluruh Papua telah hadir, melaksanakan kegiatan tersebut membahas tentang agenda utama KTT dan membentuk Panitia Nasional KTT TPN-OPM. Pra KTT dilaksankan di Jayapura Papua pada tanggal 15 Februari 2012, dengan thema “Membenahi dan Bersatu untuk Mengakhiri”, sub thema “Melalui Pra KTT TPN-OPM dan Pembentukan Panitia Nasional, Kita Sukseskan KTT TPN-OPM”.
Tahap Ketiga, Konferensi Tingkat Tinggi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat dilaksanakan di Biak Papua, pada tanggal 1-5 Mei 2012. Semua Pertahanan TPN dari seluruh Papua telah hadir, dengan jumlah peserta mencapai 500an lebih dari setiap perwakilan markas TPN, terdiri dari Peserta resmi, Peninjau dan simpatisanpada KTT TPN-OPM di Biak. 
Konferensi Tingkat Tinggi TPN-OPM, berhasil memilih fikur nasional. Tiga pimpinan tinggi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, adalah Goliath Tabuni diangkat menjadi Panglima Tinggi TPNPB dengan Pangkat Jenderal bintang empat. Gabriel M. Awom diangkat menjadi Wakil Panglima TPNPB dengan pangkat Letnan Jenderal, bintang tiga. Berikut Terianus Satto diangkat menjadi Kepala Staf Umum TPNPB dengan pangkat Mayor Jenderal, bintang dua. Selain itu menetapkan hirarki TPNPB, dan John Yogi diangkat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat TPNPB.
Tahap keempat,Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat(TPNPB) kembali melakukan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) di Markas Wanum Jayapura Papua. Dalam rangga membahas dan menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADRT) TPNPB. ADRT TPNPB ditetapkan berdasarkan landasan Konstitusi Sementara Republik Papua Barat 1971 bagian (V) tentang Pertahanan dan Keamanan, maka TPNPB menetapkan ADRT terdiri dari 23 pasal yang termuat tentang peratuaran-peraturan TPNPB, tugas dan wewenang, struktur hirarki, logo satuan Angkatan Darat laut dan Udara, Kartu Tanda Anggota (KTA), dan peraturan lainnya tentang TPNPB.

Rapat Kerja Nasional I TPNPB dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus-1 September 2012 di Markas Wanum Jayapura Papua. Dalam rapat ini telah membahas program kerja tentang mengatur manajemen kerja terstruktur sesuai garis komando dan koordinasi di seluruh markas pertahanan TPNPB. Rapat itu juga merencanakan untuk adanya pelantikan Panglima Tinggi, Wakil Panglima dan Kepala Staf Umum TPNPB. Keputusan forum itu utamakan program pendataan, pemetaan dan logistik, merupakan program jangka pendek. Forum itu juga memberikan rekomendasi untuk menjalankan admistrasi TPNPB kepad Kepala Staf Umum (Kasum) TPNPB, untuk sementara sebelum dilantik dan selanjutnya.
Tahap Kelima, Sesuai rencana forum Karenas TPNPB, untuk pelaksanaan Pelantikan Panglima telah dilaksanakan pada 11 Desember 2012 di Markas Tingginambut Puncakjaya Papua. Goliath Tabuni membacakan sumpah,untuk menjalankan amanat sebagai Panglima TPNPB di depan Dewan Militer TPNPB, seluruh prajurit dan delegasi perwakilan panglima daerah yang hadir pada acara Pelantikan. Setelah Goliath dilantik sebagai Panglima Tinggi TPNPB, mengeluarkan pernyataan Politik diantaranya “Segerah membenahi struktur Komando Daerah Pertahanan (KODAP) di seluruh Papua dan Revolusi Tahapan harus dilaksanakn di Seluruh Papua sambil persiapan revolusi total”. Pernyataan politik itu dikeluarkan dengan beberapa isi pernyataan lain setelah dia menjadi Panglima Tinggi TPNPB.
Sesuai intruksi Panglima Tinggi Jenderal. Goliath Tabuni, beberapa revolusi di daerah pegunungan terjadi, anggota TNI telah tewas dan rampasan senjata terjadi, dan akan berlanjut. Kemudian pembenahan struktur di setiap KODAP, telah dilaksankan Pendataan, Pemetaan dan logistik.
Tahap keenam,Setelah Pendataan dan Pemetaan selesai, Pelantikan Panglima daerah dilaksanakan di Jayapura Papua. Pelantikan Panglima Komando Daerah Pertahanan pada tanggal 7 Agustus 2014 di Brab Jayapura Papua. Walau aparat upaya untuk gagalkan rencana pelantikan Panglima Daerah TPNPB, namun tidak berhasil dengan aman prosesi pelantikan terjadi.
Berdasarkan surat rekomendasi Panglima Tinggi, ditunjukan kepada Kepala Staf Umum TPNPB untuk melaksanakan Pelantikan Panglima Komando Daerah Pertahanan di seluruh Papua dengan nomor surat: 002 / SB-Rek / Pangti TPN-PB I e.7 lV / 2014. Maka Mayor Jenderal. Terianus Satto selaku Kepala Staf Umum TPNPB melantik 24 Panglima Komando Daerah Pertahanan (KODAP) dari seluruh Papua.
Pada kegiatan dimaksud, dilaksanakan tiga agenda penting adalah Pengesahan Draf Komando Daerah Pertahanan, Pemberian Nomor Urut Komando Daerah Pertahanan dan Pelantikan Panglima Komando Daerah Pertahanan. Pengesahan KODAP yang ditetapkan diantaranya sebagai berikut: KODAP TABI, KODAP SOPIORI, KODAP YAWARO, KODAP SORONG, KODAP MANOKWARI, KODAP FAK-FAK, KODAP KAIMANA, KODAP INTANJAYA, KODAP NABIRE EMAS TOPO, KODAP PANIAI, KODAP ODIAI DOGIAI, KODAP PANIAI SELATAN, KODAP PANIAI UTARA, KODAP YALIGEM, KODAP BINTANG SIFIK, KODAP YAHUKIMO, KODAP TOLIKARA, KODAP PUNCAK ILAGA, KODAP BALIM, KODAP BALIM BARAT, KODAP JIBAI WANABO, KODAP NDUGAMA, KODAP PUNCAKJAYA, KODAP MERAUKE, KODAP ASMAT, KODAP KIAWAGE dan KODAP SINAK.
Pimpinan KODAP yang menjabat sebagai Panglima Komando Daerah, masing-masing dilantik dengan pangkat Brigadir Jenderal, bintang satu adalah seluruh panglima daerah dan Wakil Panglima Daerah dilantik dengan Pangkat Kolonel dari seluruh Papua. Selanjutnya untuk Komandan KOWIP, Komandan KOMPI dan Komandan PLATON serta prajurit, nama-nama yang terdapat pada draf keanggotaan TPNPB ikut serta dilantik sekali pada pelantikan Panglima KODAP ini.Untuk seluruh anggota TPNPB menjadi anggota resmi sejak pengesahan ditetapkan sampai revolusi perjuangan kemerdekaan berakhir mencapai tujuan nasional Papua Merdeka.
Proses kegiatan terjadi Draf KODAP dan Pemberian Nomor Urut KODAP disahkan oleh KASUM TPNPB, Mayjend. Terianus Satto, berdasarkan mandat Panglima Tinggi  TPNPB. Prosesi pelantinkan panglima dan wakil panglima KODAP, KASUM TPNPB memberikan pangkat di pundang pasing-masing panglima KODAP yang telah hadir pada pelantikan. Kemudian memberikan tongkat komando, untuk menjalankan amanat perjuangan kemerdekaan Papua Barat. Peserta pelantingkan yang terdiri dari Komandan Bataljon, KORPS Wanita, Komandan KOWIP, Panglima dan Wakil Panglima KODAP TPNPB dari seluruh Papua. Dewan militer Markas Pusat dan Dewan Militer masing-masing KODAP yang menjadi saksi sebgai peninjau pada pelaksanaan pelantingkan.
Pimpinan Panglima Daerah dari seluruh Papua yang dilantik diangkat menjadi perwira TPNPB, adalah menjadi perwira TPNPB yang sah. Perwira TPNPB yang dilantik masing-masing menyatakan sumpah didepan Kepala Staf Umum TPNPB, Dewan Militer Papua dan seluruh Prajurit yang telah hadir pada pelasanaan Pelantikan,tanggal 7 Agustus 2014 di Jayapura Papua. Mereka bersumpah akan setia tunduk pada peraturan TPNPB dan melaksanakan perjuangan kemerdekaan, sampai Papua Merdeka.
Berikut Foto-foto Pelantikan Panglima Daerah, dan Pengesahan 24 KODAP TPNPB di Jayapura Papua.

Upacara Pengibaran Bendera Bangsa Papua, (Bintang Fajar) sebelum pelantikan Panglima


Penyerahan Tongkat Komando dan Pemberian Pangkat
Brigadir Jenderal Pada Panglima KODAP, dari KASUM TPNPB.
Panglima KODAP yang dilantik Menyatakan Sumpah.

Sumber: www.komnas-tpnpb.net


Penyerahan Tongkat Komando dan Pemberian Pangkat
Brigadir Jenderal Pada Panglima KODAP, dari KASUM TPNPB.
Panglima KODAP yang dilantik Menyatakan Sumpah.

Sumber: www.komnas-tpnpb.net

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.