Monday, November 5, 2012

NOKEN PAPUA DI JADWALKAN RESMI DI UNESCO

WEST PAPUA     3:52 PM   No comments




“AWAL DESEMBER DITETAPKAN WARISAN BUDAYA DUNIA MENDESAK PERLINDUNGAN”

Noken itu sebuah benda yang dinilai biasa. Ternyata, noken memiliki nilai-nilai hidup yang dapat menghidupkan manusia Papua entah dari suku mana pun diatas tanah Papua itu. Ketika pertama kali, mendorong untuk masuk daftarkan sebagai warisan budaya takbenda (budaya hidup) , tim nominasi noken nasional noken di bawah pimpinan kapuslitbangbud kemenbudpar, pernah datang keliling tanah Papua. Antara , 5 sampai 23 Februari 2011, berusah amendatangi ke penghuni alam Papua terutama perajin noken. Tentu saja, pihak tertentu akan binggung kenapa noken yang di dorong dan apa sebab noken di dahulukan. Pada akhirnya, noken terus di usung/kirim ke meja penilai/juri di Unesco, Paris.
Melalui proses yang tidak singkat itu, membosankan baik revisi dan perbaikan-perbaikan demi keselamatn Noken Papua sebagai warisan budaya dari tanah Papua. Sekalipun, tanah Papua masih tersimpan berbagai warisan budaya baik tarian, pahatan dan alami dan lainnya tetapi dahulukan Noken karena segala pekerjaan yang lain akan aman kalau mengenal noken sebagai identitas di manusia tanah Papua.

Peneliti Ekologi Papua Institute, Sdr. Titus Pekei, alumni universitas Atma Jaya Yogyakarta, bertindak sebagai peneliti noken dan nara-sumber utama noken bersama sdr. Yulianus Kuayo, berusaha dari tidak kenal untuk memperkenalkan ke publik atau dari tidak kenal menjadi terkenal dengan bantuan doa dan dukungan dari masyarakat noken di seluruh tanah Papua. 


Ketika dalam proses perjungan riset dan penyusunan laporan sebelum dan setelah penelitin oleh Tim Nominasi Noken, bersama Sdr.Titus Pekei bertindak memandu di lokasi penelitian agar mendapatkan segala masukan/input dari masyarakat luas tanah papua. Merupakan upaya mendorong dan menyelamatkan maka tetap semangat pantang menyerah dalam menjajaki dari kota ke kota di tanah papua. Tetapi, intinya dari perjalanan itu hanya untuk menyelamatkan noken sebagai warisan budaya agar kedepan tidak hilang atau krisis dari kenyataan hidup manusia papua tetapi di nominasikan oleh UNESCO dan tanggung jawab bersama demi noken kehidupan ini kedepan.

Pada awal bulan desember 2012, NOKEN ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda. Noken pun termasuk dalam daftar Nominasi NOKEN ke daftar warisan budaya mendesak. Pada sesi ketujuh dari Komite Antar Pemerintah sekarang akan berlangsung di Markas Besar UNESCO, Paris, dari tanggal 3 sampai 7 Desember 2012 (Room XII). Karena, sejak 1 Oktober, anda memiliki akses ke file yang disajikan oleh Negara-Negara Pihak untuk sesi ketujuh, seperti noken salah satunya.

Peneliti Ekologi Papua Institute (EPI), Titus Pekei, menyampaikan ucapan terimakasih yang sangat dalam kepada seluruh penghuni alam Papua termasuk manusia Papua atas dukungan, pemerintah daerah, pemerintah pusat dan UNESCO yang akan menetapkan NOKEN sebagai warisan budaya dunia, ke daftar warisan budaya mendesak. UGATAME NIGAYAWEGE ( Cerminpapua/Admin )

Sumber: www.cerminpapua.com


WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.