Tuesday, July 10, 2012

Pengaruh Kebudayaan Luar Terhadap Generasi Papua

WEST PAPUA     10:03 PM   No comments


Oleh : Alexander Gobai

Alexander Gobai

Semakin generasi muda papua mengenal kebudayaan luar, semakin pula tidak mengenal dengan kebudayaan aslinya sendiri yakni kebudayaan papua. Keberadaa budaya luar telah berada diatas tanah papua selama masa penjajahan sampai pada saat ini. Kebudayaan luar boleh dikatakan kebudayaan moderen. Kenyataan ini, tidak bisa di pungkiri atau tidak bisa dibatasi oleh orang lain. Maka hal ini, telah menjadi kebudayaan moderen untuk generasi muda papua.

Ternyata bahwa kebudayaan moderen yang saat ini berada di atas tanah papua ialah pengaruhnya sangat kuat terhadapa generasi papua. Contoh saja kita bisa melihat dalam keluarga kita. Ada yang tidak mengenal dengan bahasa aslinya (Adatnya) sendiri dan ada pula yang terpengaruh dengan cara memakai pakaian budaya luar. Sangat disayangkan sekali dengan kebudayaan papua.

Kebudayaan merupakan suatu kebiasaan yang telah tercantum dalam kehidupan. Dengan demikian bahwa kebudayaan yang kita miliki telah menjadi kodrat dan telah menjadi darah daging dalam hidup kita. Oleh karena itu, orang lain tidak bisa diganggu gugat dengan begitu saja terhadap budaya kita yakni budaya papua.

Sangat disayangkan sekali bahwa kebudayaan asli papua telah hilang satu demi satu. Hal ini, sangat membinggungkan sekali. Problemnya ialah mengapa generasi papua terlalu cepat mendapatkan pengaruh dari luar khususnya kebudayaan luar.

Salah satu contoh ialah anak-anak zaman sekarang sangat sulit sekali untuk mengenal bahasa daerahnya sendiri. Dan juga sebagian dari anak-anak sama sekali tidak tahu dengan kebudayaannya sendiri. Mereka lebih lebih utamankan ialah bahasa indonesia. Namun, bahasa indonesia yang mereka gunakan ialah “gue dan elo” bahasa ini juga salah satu pengaruh dari luar. Dengan demikian perluh diwaspada dengan segera.

Dengan demikian, salah cara untuk mengatasi hal ini ialah orang tua. Maka, perang orang tua harus mengajari kebudayaan kepada anak-anak. Jangan orang tua membiar anak-anak begitu saja, naman harus memberi arahan yang benar kepada anak-anak muda papua.

Penulis : (Tamatan 2012 dari SMA Adhi Luhur Nabire-Papua)

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.