Sunday, July 1, 2012

AMP JOGYA: MERAYAKAN IBADAH HUT PROKLAMASI WEST PAPUA & ORGANISASI PAPUA MERDEKA

WEST PAPUA     11:13 AM   No comments

 RUANGAN  IBADAH PERAYAAN HUT PROKLAMASI 
WEST PAPUA DAN ORGANISASI PAPUA MERDEKA
 (FOTO: DOK/AMP/UMAGI
YOGYAKARTA (UMAGI)-- Puluhan Warga Papua dan Mahasiswa Papua Daerah Istimewa Jogya (DIY) yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP), Merayakan Ibadah Bersama, untuk memperingati Hari Bunyi Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik West Papua dan Ulang Tahun Tentara Pembebasan Nasional/Organisasi Papua Merdeka (Tpn/OPM) yang  ke 41 Tahun  Victoria 1971 oleh Pimpinan ( Zet J.Rumkorem).

Memperingati Hari Bunyi Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik West Papua dan Ulang Tahun  Tpn-Opm Tahun 2012,  Mahasiswa Papua yang berada Jogya merayakan dengan Ibadah Bersama. Kegiatan Ini dilakukan aula asrama Mahasiswa Papua " Kamsan I" Jln. Kusumanega No.119. jatuh pada hari ini Minggu (01/07/2012) Pukul: 07:00 Wib malam,  berjalan dengan Aman. 

Ibadah Perayaan ini di Pimpin (Stepy T), Peserta yang Hadir sebanyak sekitar 40-an orang Mahasiswa Papua yang berdomisili Jogya, lanjut awali dengan Nyanyian Rohani, " Kami pasrakan Kepadamu Ya Bapa sebab Kau segalanya Bagi kami"

Pdt. Lenis Kogoya S.  Th. M, Memimpin doa Safaat dan Renungan Firman Tuhan dalam Hut Tpn-Opm (1971-2012). doa safatnya menyatakan Tuhan Memberkati dan Memberi Jawaban sejati bagi kami  untuk Papua Merdeka. Perjuangan kami mulai  dari Sejak Tahun 1960-an hinggga saat ini,  Baik Aktivis Pemuda, Aktivis Mahasiswa, Aktivis Perempuan, Aktivis Gereja, Aktivis Lsm seluruhnya Tuhan lindungi kami. Tutur dalam doanya.

lanjut Lenis, dalam Kotbanya menyatakan strategi  Menuju Papua Merdeka ada tiga yakni; Sember Daya Manusia (SDM), Perlawanan, dan Peralatan strategi perjuangan. tiga mau jadi satu adalah untuk menang "Merdeka" dalam Campuran Tuhan.

Tambalah Lagi, Bahwa orang Papua sabar untuk Menyenal Siapa diri saya? dan menyenal Organisasi Papua Medeka (OPM) itu sendiri. Opm berdiri  untuk bicara tentang kepentingan bersama orang pribumi Papua.  dan orang Papua mengakuinya Opm itu sendiri, sebelum orang luar Papua mengakui.

kemudian (Detto) Membacakan ringkasan Sejarah singkat singkat tentang kondisi Papua sejak Indonesia masuk Papua "Aneksasi"  dia menyatakan OPM  ada atas dasar; Harga Diri, Hak, Budaya, Latar belakang sejarah, Realitas sekarang, dan Dampak kedepannya. BUKAN merupakan Gerakan Separatis. Melainkan, jiwa kemanusiaan. untuk membebaskan Ras Malanesia. Ucapanya.

tambah lagi,  Rakyat Papua Barat memiliki sejarah yang berbeda dengan Indonesia dalam menentang penjajahan Belanda dan Jepang.

Misalnya, gerakan Koreri di Biak dan sekitarnya, yang pada awal tahun 1940-an aktif menentang kekuasaan Jepang dan Belanda, tidak memiliki garis komando dengan gerakan kemerdekaan di Indonesia ketika itu. Gerakan Koreri, di bawah pimpinan Stefanus Simopiaref dan Angganita Manufandu, lahir berdasarkan kesadaran pribadi bangsa Melanesia untuk memerdekakan diri di luar penjajahan asing. yaitu Negara Republik West Papua.

Sambutan Ketua Aliansi Mahasiswa Papua (Amp) komite Kota Jogya, Roy Karoba mengucapkan Selamat Merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Papua dan Hari Lahirnya Tpn-Opm, Semoga Perjuangan Kita Selalu aktif  sampai Papua Merdeka  "Ucapnya.

Manifesto 1961 dan Proklamasi 1971Pada tahun 1961, para pemimpin Papua sudah menyusun sebuah manifesto (19 Oktober 1961) yang secara jelas mengatur bagaimana pemimpin Papua membayangkan masa depan Bangsa Papua Barat. Manifes ini berbunyi: “Berdasarkan hasrat dan keinginan bangsa kita akan kemerdekaan kita sendiri, maka kami… ”Sayangnya, mimpi ini tidak menjadi kenyataan pada tahun 1969 atau 1970 seperti yang dijanjikan. 

Jadi orang Papua, dengan cara melakukan gerakan-gerakan  Perlawanan, OPM, menyatakan kemerdekaan mereka sendiri.   Manifesto tahun 1961 adalah sebuah deklarasi niat;  Proklamasi tahun 1971 merupakan realisasi niat itu.  
 
Proklamasi berbunyi: “Dengan pertolongan dan berkat Tuhan, kami memanfaatkan kesempatanini untuk mengumumkan pada anda sekalian bahwa pada hari ini, 1 Juli 1971,tanah dan rakyat Papua telah diproklamasikan menjadi bebas dan merdeka (defacto dan de jure)”





Memang, Manifes tahun 1961 tidak merupakan sebuah proklamasi, tetapi teksnya sangat kuat dan jelas tentang kemauan kemerdekaan Bangsa Papua: “Atas dasar-dasar ini, kami bangsa Papoea menuntut mendapat tempat kami sendiri, sama seperti bangsa-bangsa merdeka dan diantara bangsa-bangsa itu kami bangsa Papoea ingin hidup sentosa dan turut memeliharakan perdamaian dunia.” (ANDY UMAGI) 
FOTO KEGIATAN 
 
DOA PEMBUKAAN IBADAH PERAYAAN HUT PROKLAMASI WEST PAPUA DAN ORGANISASI PAPUA MERDEKA (FOTO: DOK/AMP/UMAGI)




DOA SAFAAT (UMUM)  PEMBUKAAN IBADAH PERAYAAN HUT PROKLAMASI WEST PAPUA DAN ORGANISASI PAPUA MERDEKA (FOTO: DOK/AMP/UMAGI

Add caption
DOA PEMBUKAAN FIRMAN TUHAN,  IBADAH PERAYAAN HUT PROKLAMASI WEST PAPUA DAN ORGANISASI PAPUA MERDEKA (FOTO: DOK/AMP/UMAGI




PEMERIMAAN TAMU DAN KEAMANAN  IBADAH PERAYAAN HUT PROKLAMASI WEST PAPUA DAN ORGANISASI PAPUA MERDEKA (FOTO: DOK/AMP/UMAGI


SAMBUTAN KETUA AMP JOGY,  IBADAH PERAYAAN HUT PROKLAMASI WEST PAPUA DAN ORGANISASI PAPUA MERDEKA (FOTO: DOK/AMP/UMAGI
 IBADAH PERAYAAN HUT PROKLAMASI WEST PAPUA DAN ORGANISASI PAPUA MERDEKA (FOTO: DOK/AMP/UMAGI
RINGKASAN PAPUA DI SEDANG DI SAMPAIKAN\, DALAM  IBADAH PERAYAAN HUT PROKLAMASI WEST PAPUA DAN ORGANISASI PAPUA MERDEKA (FOTO: DOK/AMP/UMAGI

DOA MAKAN,  IBADAH PERAYAAN HUT PROKLAMASI WEST PAPUA DAN ORGANISASI PAPUA MERDEKA (FOTO: DOK/AMP/UMAGI








WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.