Thursday, February 16, 2012

Tolikara Papua : Konflik Pilkada akibat 8 Tewas, 50 Luka dan 10 rumah di bakar

WEST PAPUA     6:18 PM  

TOLIKARA (UMAGI)-- Pihak Polda Papua hingga saat ini menyatakan sulit Meredakan  konflik yang terjadi di Kabupaten Tolikara. Waka Polda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, pihaknya terus berupaya meredam konflik yang terjadi di kawasan itu pada Selasa (14/2) hingga tidak meluas dan menimbulkan lebih banyak korban jiwa.

"Kami berusaha melakukan pendekatan dengan para kandidat terutama kandidat nomor 2, Jhon Tabo yang posisinya saat ini memang berada di Karubaga, ibu kota Tolikara," ungkap Waterpauw.

Dikatakannya, dari hasil pendekatan itu Jhon Tabo berjanji akan meminta kelompoknya tidak melakukan tindakan kekerasan. Sedangkan kandidat nomor urut 1, yakni Usman Wanimbo, berada di Wamena sehingga koordinasi lebih banyak dilakukan dengan kandidat nomor urut 2 yang pendukungnya menguasai kota Karubaga.

Kerusuhan itu, kata Wakapolda Papua, berawal dari pengumuman KPU Tolikara serta terus diulurnya pelaksanaan pilkada di daerah itu. Para pendukung merasa tidak puas sehingga muncul konflik yang menewaskan 8 warga, 50 orang luka luka, 10 rumah dibakar termasuk dua kantor, yakni BPS Tolikara dan PPD.

Situasi masih tegang namun relatif kondusif, setelah salah satu kandidat menyatakan pendukungnya tidak akan melakukan penyerangan dan tindak kekerasan, kata Waterpauw.

Pilkada Tolikari sendiri dijadwalkan berlangsung hari Jumat tanggal 17 Februari ini. Namun karena situasi keamanan tidak kondusif terpaksa diundur

"Penundaan pelaksanaan pelaksanaan pemilukada itu merupakan hasil kesepakatan dari pertemuan antara muspida dengan pihak KPU," ungkap Waka Polda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw.



Kerusuhan itu dipicu oleh pertikaian dua kubu kandidat calon bupati di Kabupaten Tolikara Papua. Pemilihan kepala daerah Tolikara direncanakan berlangsung 17 Februari 2012. Saat ini merupakan masa tenang dalam tahapan pemilu itu, tapi situasi justru memanas. Dua kubu yang bertikai adalah pendukung dua calon Bupati yang diusung Partai Golkar dan Demokrat.

Dua pasang kandidat kepala daerah Kabupaten Tolikara yang akan mengikuti Pemilukada adalah pasangan John Tabo (incumbent) – H Edi Suyanto dan Usman Wanimbo – Amos Jikwa.

Kadiv Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution membenarkan hal tersebut. Menurutnya pertikaian itu dipicu oleh ketidaksetujuan salah satu calon terhadap Panitia Pemilihan Daerah (PPD) yang dipilih oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

"Ada pun penyebabnya, adanya dari pihak incumbent, John Tabo dan Edi Suyanto tidak mengakui adanya PPD yang diangkat KPUD Kabupaten Tolikora pada 4 Januari 2010 lalu. Di mana oleh mereka, ini dinilai sangat berpihak pada koalisi," ujar Saud di Mabes Polri, Kamis (16/2/2012).

Sebelumnya, pada 21 Januari 2012 lalu, satu orang tewas, Yusuf Yikwa (16), saat bentrok antara pendukung John Tabo dan pendukung Usman Wanimbo. Bentrokan itu bermula dari saling menghina antar pendukung. Sementara hingga saat ini pihak kepolisian belum memberikan keterangan resmi terkait kejadian tersebut.

Bentrok mulai memanas lagi sejak Selasa 14 Februari 2012. Bentrokan itu menyebabkan sejumlah bangunan terbakar. Massa membakar posko pemenangan Partai Demokrat. Aksi pembakaran itu menyebabkan kantor Badan Pusat Statistik (BPS) setempat ikut terbakar.

Menurutnya, situasi Tolikara sudah mulai memanas sepekan belakangan. Massa pendukung dua kandidat terlihat saling mempertontonkan kekuatan masing-masin
Pihaknya berharap pemilukada dapat dilaksanakan sebelum akhir bulan Pebruari. "Mudah-mudahan pelaksanaan pemilukda dapat dilaksanakan sebelum akhir bulan Pebruari 2012," harap Paulus Waterpauw.

Dikatakan, pasca konflik yang terjadi di Kabupaten Tolikara, Polda Papua menambah personel, untuk mengamankan kawasan itu. Sebanyak 65 anggota Brimob telah dikirim ke Tolikara untuk membantu polres setempat dalam menanggani konflik di pedalaman Papua itu.

Menurut Waka Polda, walaupun situasi saat ini sudah kondusif, pihaknya yang dibantu TNI tetap berjaga- jaga untuk menghindari terulangnya kembali konflik terulang. (umagi/Dwi Putro AA)

Sumbar: Suara karya online


WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.