Wednesday, July 18, 2012

Buchtar Disidang Perdana, Keamanan Ribuan Militan KNPB?

WEST PAPUA     3:59 PM   No comments


Buchtar Tabuni saat meninggalkan PN Jayapura usai persidangan (Jubi/Benny Mawel)
Jayapura (18/7)--- Anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menghilang ketika nasib Buctar Tabuni  akan ditentukan di pengadilan. Sidang Perdana Ketua umum KNPB, Buctar Tabuni tanpa kehadiran ribuan anggota KNPB. Ribuan pengikut dan simpatisan KNPB menghilang, tidak memberikan dukungan moral kepada Buctar dalam persidangan perdana di Pengadilan Negeri kelas 1A Jayapura.
Ribuan Anggota KNPB mungkin hilang karena SMS dan telepon teror. “Mereka mungkin menduga-duga, jangan-jangan, saya yang masuk dalam Daftar Pencaharian Orang (DPO), kemudian ditangkap,” kata salah satu anggota KNPB yang hadir dalam persidangan itu, yang tidak mau mempbulikasikan nama dalam pemberitaan ini.

Pria asli pegunungan yang tidak mau menyebutkan nama itu mengatakan, ketidakhadiran anggota KNPB ini tidak perlu terjadi. Karena tidak semua anggota KNPB masuk dalam daftar pencaharian orang. “Kita tidak semua masuk dalam DPO. Coba hadir memberikan dukungan ka…,” katanya kepada tabloidjubi.com, Rabu (18/7) di Pengadilan Negeri Jayapura, Papua.

Menurutnya, anggota KNPB tidak hadir di setiap persidangan itu menjadi bukti polisi berhasil membekuk militansi KNPB. “Coba hadir membuktikan kami juga ada. Kalo begini polisi akan pikir mereka berhasil,” lanjut anggota KNPB yang tidak mau dimediakan namanya itu.

Sementara itu, pengunjung sidang lain, menilai ketidakhadiran anggota KNPB itu, menjadi bukti siapa yang setia dengan perjuangan dan tidak; siapa yang menjadi sahabat dan tidak; siapa yang menjadi lawan dan kawan. “Saat-saat inilah terbukti siapa yang betul-betul menjadi sahabat dan yang hanya ikut ramai,” kata Hendrik.

Selain itu, Musa Abubar menilai anggota KNPB tidak mau mengambil resiko tuduhan yang tidak benar. Mereka melindungi diri dengan tidak menghadiri persidangan Buctar. “Mereka mungkin tidak mau ambil resiko dituding yang tidak-tidak,” kata pria asli Serui ini.

Dalam pantauan tabloidjubi di lapangan, hanya 17 anggota KNPB yang hadir menyaksikan persidangan yang berlangsung dibawa pengawalan Dalmas Polresta Jayapura ini. Penjagaan persidangan Buctar tidak seketat persidangan Forkorus Cs yang dijaga ketat anggota Brimob Polda Papua serta anggota Polresta Jayapura dengan Baracuda.  Pengunjung sidang pun tidak sebanyak persidangan Fokorus Cs. (Jubi/Mawel)  


sumber: jubi

,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.