Sunday, February 12, 2012

PT. GSBJ MANIFEST YANG HADIR DI INTAN JAYA MENJADI MUSIBAH BAGI MASYARAKAT

WEST PAPUA     5:58 AM   No comments


INTAN JAYA (UMAGI)-- Sebagai putra daerah Intan Jaya prihatin dengan keberadaan PT. GSBJ Manifest di Kabupaten Intan Jaya. Keprihatinan kami terhadap kehadiran PT.GSBJ Manifest dengan mempertimbangkan, bahwa PT.GSBJ Manifest membawa perubahan atau membawa petakah? Apakah membawa bencana atau membawah keuntungan? Sementara masyarakat pemilik hak ulayat tanah tidak merasakan apa-apa.

Dengan kehadiran PT. GSBJ manifest tersebut, karena masyarakat pribumi di daerah setempat tidak perhatikan dengan serius dan tidak merasakan pembangunan, tidak menjamin kesehatan, ekonomi dan pendidikan sementara sumber daya alam diexkploitasi dengan keuntungan yang sebesar-besarnya.


Anehnya tidak dapat dipikirkan oleh akal sehat manusiawi, bahwa satu persen pun tidak diberikan kepada yang hak ulayat. Ini yang menjadi persoalan, hal inilah yang menjadi persoalannya. Mengapa hal itu terjadi, apakah kesalahan pemerintah setempat atau masyarakat? sampai dengan saat ini saya tidak pernah mendengar ada jaminan bagi pemilik hak ulayat. 

Dengan demikian, saya mengira bagaimana dengan masyarakat hak ulayat pribumi. Mengapa membiarkan begitu saja, operasi pertambangan terus berjalan sampai sekarang? bagaimana keputusan jaminan untuk penduduk setempat?

Fakta membuktikan bahwa alam tempat dimana nenek moyang kita berburu sampai sekarang di wariskan kepada generasi penerus Intan Jaya di rusak dan di hanculkan oleh manusia-manusia yang tidak bertangungjawab seperti PT.GSBJ Manifest yang beroperasi di wilayah ini, yang tidak pernah mengganti rugi tetapi tahunya merusak dan merusak alam tempat dimana generasi Intan Jaya akan mendiami dan merasakan alam tempat dimana orangtua mencari rotan, berburu dan berkebun sesuai dengan kebutuhannya.

Berdasarkan perediksi, bahwa lima atau sepuluh tahun mendatang alam akan dihancurkan oleh perusahaan ini dan limbah perusahan akan mencemari alam dimana tempat masyarakat mendiami sungai Kemabu dari kepala air sampai dengan muara. Akhirnya korban dari ulah itu akan semakin meningkat. Jadi ini masalah serius sehingga generasi penerus tidak boleh berdiam diri tetapi harus bertindak atas pembodohaan yang dilakukan oleh PT GSBJ Manifest. Hal ini sangat disayangkan, jika kita berdiam diri, karena suatu saat generasi penerus tidak akan melihat dan merasakan sebagaimana keindahan alam.

Mengapa? . . . . PT. GSBJ Manifset adalah salah satu penyakit besar yang dihadirkan oleh pemerintah indonesia yang bekerja sama dengan Pemda kabupaten Intan Jaya sekarang ini.
Analisa saya, bahwa ketika saya libur bersama orang tua dikampung halaman saya (Bilogai) dimana tepat perusahaan tersebut beroperasi tepatnya pada tanggal 12 mei 2010 saya melihat pesawat Helikopter mendarat di helipet sugapa/bilogai di lapangan milik misi yang sementara dijadikan tempat penerbangan mereka untuk mengkuras daerah tersebut (Intan Jaya). 

"Saya tidak membayangkan apa-apa pada saat itu, namun yang muncul dalam benak saya adalah survei lapangan . Kedua kali pesawat itu mendarat lagi dari nanggasiga ke bilogai. Sehingga saya mempercepat langkah kaki saya dari halaman rumahku menuju perusahan atau PT GSBJ Manufest bersama karyawan perusahan yang bernama Wens Belau. Sesampainya saya di helipet tempat pesawat helikopter mendarat saya langsung bertemu dengan bapak Abiut Belau salah satu karyawan PT. GSBJ Manifest dan langsung saya sodorkan sebuah pertanyaan bahwa;” bapak pesawat helkopter itu dari mana? Dia mengatakan anak pesawat itu dari naggasia. Kemudian saya bertanya lagi buat apa disana? Lalu ia mengtakan bahwa anak di mindaw itu sedang operasi oleh perusahan. Lalu saya bertanya lebih lanjut lagi kepada bapak apa-apa yang sedang diambil disana? Jawabnya: tembaga dan tambang anak. 

Setelah menjawabnya saya bertanya lagi kepada bapak, apakah kira-kira berapa kali angkut ke Timika hasil operasi pertambangan dengan pesawat trigana air? Menurutnya lima kali, jawabanya tepat karena ia yang bekerja di helipet untuk menurungkan hasil operasi dari mindaw melalui pesawat helikopter di helipet Sugapa, dan menaikan hasil operasi Peusahan dalam pesawat trigana air dengan tujuan Timika . Trigana air ini dikhususkan untuk PT GSBJ manifest untuk beroperasi di wilayah Intan Jaya, dengan tujuan membawa hasil exprolasi pertambangan ke timika, maka analisa saya tidak menutup kemungkinaan sedang operasi tambang , emas, tembaga, besi, nikel, magnet dll.

“Pencuri besar dunia telah hadir di Intan Iaya” untuk menghancurkan sumber daya alam seperti tahun-tahun yang sebelumnya, sementara pemilik hak ulayat atau masyarakat setempat tidak perhatikan dengan serius, maka perlu adanya kebijakan yang harus di turunkan melalui musyawarah bersama pemerintah Intan Jaya, LMA, tokoh adat, tokoh Gereja, PT manifest dan masyarakat setempat untuk membicarakan penyelesaian masalah. Dengan tujuan menjamin kelangsungan hidup bagi masyarakat pemilik hak ulayat setempat. Jika tidak lebih baik angkat kaki dari Intan Jaya dan Pulang saja, tidak ada gunanya keberadaan perusahan tersebut.

Keberadaan PT.Manifest membuat kehidupan masyarakat menjadi resah, tidak dapat hidup dengan aman, karena manipulasi pembodohan yang di mainkan oleh perusahaan dengan halus, membawa bencana bagi kehidupan masyarakat setempat. Buktinya, bahwa keindahan alam dan kekayan alam di rusak hancur tanpa negosiasi dengan masyarakat setempat. Kemudian penghijahuan kembali seperti tahun sebelumnya, gunung bula yang letaknya sebelah selatan kabupate intan jaya yang dulunya indah sekarang realita yang terjadi adalah menjadi ompong karena perbuatan perusahaan yang mengadakan explorasi sebelumnya yang tidak bertangunjawab atas tindakannya sendiri.

Pertanyaan refresing
1. Untuk siapakah PT.GSBJ Manifest beroperasi Sumber Daya Alam di wilayah Intan Jaya?
2. Apakah ada perubahan di dalam masyarakat hak ulayat setempat dengan kehadiran PT.GSBJ Manifest menjamin di bidang ekonomi, kesehatan dan pendidikan?
3. Berapa persenkah yang di berikan kepada masyarakat pribumi setempat oleh PT.GSBJ Manifest?
4. Apa yang di bangun di Intan Jaya untuk masyarakat pribumi hak ulayat oleh PT.GSBJ Manifest? *(umagi/Krismas Bagau)

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.