Friday, June 24, 2016

Konflik Sentani, Permainan Pihak Ketiga?

WEST PAPUA     5:45 PM   No comments

JAYAPURA – Situasi Kota Jayapura-Sentani dansekitarnya cukup mencekam, kemarin 24/6/2016 hingga malam ini. Arus kendaraan dari arah Waena ke Sentani dan sebaliknya tidak seperti biasanya yang lancar. Dalam situasi seperti masyarakat di Sentani, Waena dan sekitarnya merasa takut dan memilih tinggal di rumah masing-masing.

Dilaporkan bahwa, penyebab kericuan di Kampung Harapan Sentani tersebut, salah satu pemuda ditikam lalu dibuang di Kampung Harapan, keluarga korban tidak terima sehingga terjadi kericuan di Kampung Harapan. Hingga saat pelaku penikaman itu belum diketahui.

Waspada! Ada Pihak Ketiga

Dalam Situasi Politik Papua yang terus memanas baik di Papua, diluar Papua dan internasional. Apapun bisa dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang ingin mengalihkan isu tuntutan referendum / penentuan nasib sendiri yang gencar disuarakan oleh rakyat West Papua. Kemarin di debat Dewan HAM PBB Solomon Islands dan Vanuatu telah melaporkan pelanggaran HAM di Papua di forum PBB turut hadir Ketua Umum KNPB Vivtor Yeimo. Tanggal 14 Juli 2016 mendatang agenda  ULMWP masuk anggota MSG akan dibahas. Dan situasi Papua saat banyak terjadi pembunuhan dengan pelaku bermotif orang tak dikenal (OTK). Dengan situasi seperti ini, pihak ketiga memanfaatkan untuk menghasut orang Papua yang terus bangun kesatuan dan persatuan.
Bagi keluarga korban harus menahan diri.

Sebelumnya, Sekertaris Umum KNPB Ones Suhuniap menulis artikel yang dimuat dalam Media Werene News, tentang pihak BIN sengaja ingin menciptakan konflik horisontal di Papua. 



Penyelesaian

Asosiasi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua se-Indonesia (AMPTPI) meminta kepada Polres Jayapura agar serius menyelesaikan bentrok warga yang terjadi di kampung Nendali, Kabupaten Jayapura, Papua, itu.
“Kami tetap mendukung pemerintah, kepolisian dan pihak mana saja yang beritikad baik untuk menyelesaikan kasus ini,” kata Ketua AMPTPI wilayah Indonesia Timur, Natan Naftali Tebai kepada Jubi di Jayaputa, Jumat.
Menurut Tebai, agar tidak menyebar ke pihak lain pihaknya juga terus melakukan proses pendekatan kepada masyarakat. “Masalah ini pihak penegak hukum harus tegakan sesuai mekanisme yang ada. Jangan sampai masalah ini menyebar luas ke isu lain, seperti isu SARA, maupun isu Pilkada. Kami harap polisi segera tangani dengan baik,” katanya. Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat AMPTPI, Yanuarius menyayangkan kejadian tersebut. Oleh karena itu, ia mengajak semua elemen masyarakat agar menahan diri dan tidak mudah diprovokasi pihak tertentu yang berpotensi memancing konflik horizontal. “Kami prihatin sekali dengan kejadian hari ini di Sentani yang mengorbankan masyarakat. Sebenarnya, kami orang gunung dan pantai harus bergandengan tangan, berjalan sama-sama untuk menyelamatkan tanah Papua ini dari berbagai hal yang merusak generasi muda Papua,” kata Lagowan. (ns)
sumber: http://www.wene-papua.com/2016/06/konflik-sentani-permainan-pihak-ketiga.html

, ,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.