Monday, October 13, 2014

AMP Bandung Gelar Aksi Minta Pemerintah Bebaskan Dua Jurnalis Perancis

Mypapua     4:34 PM   No comments

AMP Bandung Gelar Aksi Minta Pemerintah Bebaskan Dua Jurnalis Perancis

Pantauan media ini, sekitar pukul 10.00 Wib, massa aksi long march dari Asrama mahasiswa Papua, menuju Gedung sate. Mass juga membentangkan sebuah spanduk yang bertuliskan “Bebaskan Jurnalis Asal Perancis, Valentine Bourrat dan Thomas Dandois, juga Berikan kebebasan bagi Jurnalis Asing di Papua Barat”.  

Koordinator Aksi, Nikson Wenda, mengatakan, pemerintah Indonesia harus bebaskan dua wartawan asal Perancis, dan segera membuka akses bagi wartawan asing untuk datang meliput persoalan di tanah Papua.

“Pemerintah harus sadar, Indonesia adalah negara Demokrasi, jangan hanya terapkan di Jawa, tetapi Papua diberlakukan standar ganda,” tegas Wenda.

Salah satu massa aksi, Nas Karoba mengatakan, “Kami dari mahasiswa Papua kembali turun jalan untuk menyampaikan persoalan di tanah Papua.”

“Kami minta Pemerintah Indonesia tidak menutup Papua dari pantauan internasional, dan jangan terus menindas wartawan Internasional dan rakyat Papua,” tegasnya.

Menurutnya, sejak Papua di aneksasi ke dalam Indonesia, orang Papua selalu dibunuh oleh aparat militer Indonesia, padahal memunyai hak yang sama dengan manusia lainnya di dunia.

Sementara itu, Juru bicara AMP Komite Kota Bandung, Wenas Kobogau menyatakan, sejak Indonesia merdeka hingga saat ini, pemerintah Indonesia dijadikan boneka oleh kapitalis dan Imperialis.


“Rakyat Indonesia saja masih ditindas oleh militer Indonesia, apalagi rakyat Papua. Kami bukan ras Melayu, tapi kami ras Melanesia,” tegas Kobogau.

Massa juga meminta pemerintah Indonesia untuk memberikan kesempatan kepada rakyat Barat untuk dapat menentukan nasib sendiri.

"Hak menentukan nasib sendiri bagi rakyat Papua Barat dijamin oleh hukum internasional, karena itu kami juga punya hak yang sama, Indonesia harus menjamin hak itu," tegasnya. 

Sementara itu, di Jayapura, dikabarkan aparat Kepolisian menangkap 17 massa aksi, dan kini sedang diinterogasi di Polresta Jayapura. (Baca: Polisi Bubarkan Aksi KNPB di Jayapura, 17 Orang Ditangkap). Baca juga: Ini Nama 17 Orang Yang Ditangkap di Jayapura Saat Demo Tuntut Bebaskan Jurnalis Perancis

Sedangkan di Kabupaten Merauke, Papua, aparat kepolisian menangkap 29 orang anggota KNPB sejak pagi hari, dan digiring ke Aula Polres Merauke. (Baca: Aksi Tuntut Bebaskan Dua Jurnalis Perancis, Polisi Tangkap 29 Anggota KNPB di Merauke).


Editor: Oktovianus Pogau

JACKSON IKOMOU/SUARAPAPUA.COM

, ,

Mypapua


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Translate

Followers

NEWS