Sunday, June 16, 2013

KEEKSOTIKAN ALAM PAPUA

WEST PAPUA     3:09 AM  

HAMPARAN biru air laut beriak-riak cukup tenang, sekitar pukul 16.00 sore, matahari di Indonesia bagian timur masih tampak terang. Terlihat pemandangan eksotik dari dasar laut dangkal. Pasir putih berikut gerombolan ikan dan gugusan terumbu karang terlihat jelas, bersamaan silau mentari yang menembus kedalaman air. 

Ini baru salah satu gambaran dari lokasi eksotis di Papua. Potensi pariwisata di Papua sebetulnya sangat banyak dan baru sedikit yang diketahui. Mutiara dari timur, sebutan populer ini kiranya tepat untuk menggambarkan kekayaan alam papua.

Untuk yang suka petualangan, berlibur ke Papua merupakan pilihan yang tepat. kondisi alam yang masih asli inilah yang membuat Papua sangat memesona. Apa saja tempat wisata di Papua yang menarik disambangi? 

Raja Ampat

Bagi para pencinta diving, Kepulauan Raja Ampat adalah surganya. Keindahan alam bawah lautnya sudah terkenal sampai mancanegara. Ada sekitar ratusan ribu jenis ikan dan terumbu karang, Anda bisa bertemu habitat penyu dan melihat kumpulan hiu kecil meloncat-loncat di sekitar dermaga. Kumpulan pulau yang tersebar juga memiliki spot untuk diving, seperti di sektiar Pulau Gam. Spot yang terkenal indah adalah Mug Rive, Meos con dan Priwen Bonda. 

Tak hanya surga penyelam, eksotisme pemandangan pantai dan gugusan pulau dari atas Bukit Wayag sebagai ikon Raja Ampat jangan sampai terlewatkan. Sebelum menuju Wayag, wisatawan harus mengisi buku tamu. Untuk memasuki kawasan Raja Ampat, wisatawan lokal maupun asing dikenakan biaya masuk yakni berupa pembelian pin yang berlaku untuk satu tahun. Jumlahnya Rp500 ribu untuk wisatawan asing dan Rp250 ribu untuk wisatawan lokal saat sampai di Kota Sorong. Biaya tersebut dialokasikan untuk retribusi daerah dan biaya konservasi alam di Raja Ampat.

Danau Sentani

Memiliki 30 jenis spesies ikan air tawar, Danau Sentani kaya beragam biota laut dan sudah dimanfaatkan untuk budi daya air tawar. Danau ini juga dimanfaatkan untuk lokasi wisata, speerti berenang, bersampan, menyelam, memancing, ski air, dan wisata kuliner. Danau Sentani merupakan danau vulkanik. Sumber airnya berasal dari 14 sungai besar dan kecil dengan satu muara sungai, Jaifuri Puay.

Dalam beberapa catatan disebutkan bahwa dasar perairan danau ini berisikan substrat lumpur berpasir (humus). Pada perairan yang dangkal ditumbuhi tanaman pandan dan sagu. Luasnya sekitar 9.360 hektare dengan kedalaman rata-rata 24,5 meter. Di sekitar danau ini terdapat 24 kampung, tersebar di pesisir dan pulau-pulau kecil yang ada di tengah danau.

Pantai Biak 

Biak adalah salah satu pulau terbesar di antara rantaian pulau kecil di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua Barat. Memiliki banyak pantai dengan keindahan atol dan terumbu karang, Biak merupakan gugusan pulau yang berada di sebelah utara daratan Papua dan berseberangan langsung dengan Samudra Pasifik. 

Pantai Bosnik nan eksotis di Biak adalah tempat wisata favorit masyarakat lokal. Selain itu, Pantai Wari ayng terletak di Desa Yobdi, Biak Utara juga bagus untuk didatangi. 

Taman Nasional Lorentz

Kawasan Taman Nasional Lorentz merupakan salah satu kawasan konservasi paling luas di Asia Tenggara (25.000 km2). Dengan wilayah meliputi Kabupaten Jayawijaya, Mimika, Puncak Jaya dan Asmat. Taman nasional yang termasuk situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO ini memiliki persediaan mineral dan operasi pertambangan berskala besar yang aktif.

Ada juga proyek konservasi Taman Nasional Lorentz dari inisiatif masyarakat untuk konservasi komunal dan ekologi warisan yang berada di kawasan ini. Sejak 2003 hingga kini, WWF Indonesia sedang melakukan pemetaan wilayah adat di dalam Kawasan Taman Nasional Lorentz. Tahun 2003-2006 WWF telah melakukan pemetaan di Distrik Kurima, Kabupaten Yahukimo dan pada 2006-2007 pemetaan sudah dilakukan di Distrik Sawaerma, Kabupaten Asmat.

Taman Nasional Lorentz merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik. Ada 630 jenis burung yang merupakan 70 persen dari burung yang ada di Papua dan 123 jenis mamalia.

DANAU PANIAI

“DANAU PANIAI adalah danau terbaik dan terindah di Seluruh Dunia yang dinyatakan oleh 157 Negara-negara pemilik danau di dunia pada Konferensi Danau se-Dunia di India pada 30 November 2007.”
Danau Paniai yang luasnya 14.500 Hektar, berada pada ketinggian 7.500 meter di atas permukaan laut itu kondisinya sampai sekarang masih alami, disekitar danau tersimpan Nilai-nilai seni budaya masyarakat setempat yaitu seni budaya Suku Mee dan Suku Moni.

Lokasi Danau Paniai berada di Kabupaten Paniai yang berada pada posisi pengunungan tengah di pedalaman Propinsi Papua, selain itu Kabupaten Paniai mempunyai potensi alam berupa tambang emas, hasil hutan, wisata alam dan budaya, kawasan Danau Tage dan Danau Tigi. Lokasi wisata alam ini menyebar di beberapa Kecamatan yaitu Danau Paniai dan Danau Tage di Kecamatan Paniai Timur dan Danau Tage di Kecamatan Paniai Timur sedangkan Danau Tigi di Kecamatan Tigi sekarang kabupaten Deiyai. Dengan adanya ketiga kawasan lokasi wisata itu menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Enarotali dan waghete Kabupaten Paniai, Danau Paniai yang kesohor memiliki panorama alam yang rancak, alami, dan terawat dengan baik.

Pada awalnya, Danau Paniai beserta Danau Tigi dan Danau Tage dinamakan Wissel Meeren. Nama orang yang pertama kali menemukan ketiga danau cantik tersebut pada tahun 1938, yaitu seorang pilot berkebangsaan Belanda Istimewa, eksotis, dan memesona. Danau eksotis ini menyuguhkan panorama alam yang rancak, air danau yang biru, dan suasana sekitar nan asri kepada setiap wisatawan yang berkunjung ke sana. Terdapat berbatuan dan pasir di tepian danau, serta dikelilingi oleh tebing-tebing yang lumayan tinggi, Sebagian besar topografi Kabupaten Paniai yang berada di wilayah pegunungan dan perbukitan yang berhawa sejuk, walaupun Danau Paniai terletak di daerah ketinggian, Danau Paniai menyimpan aneka jenis ikan air tawar dan udang. Ikan nila (oreochromis niloticus), ikan mujair (oreochromis mossambicus), ikan mas/ikan karper (cyprinus carpio), ikan sembilan hitam, dan ikan belut (synbranchus), sedangkan ikan pelangi (rainbow/melanotaenia ayamaruensis) merupakan biota Danau Paniai yang sering dicari oleh para nelayan dan hobiis ikan hias karena bernilai ekonomi tinggi. Bila beruntung, di Danau Paniai wisatawan dapat melihat udang endemik Papua yang kini sudah mulai langka, yaitu udang selingkuh (cherax albertisii).

Selain menikmati keeksotisan Danau Paniai dari pinggir danau, pelancong dapat mencoba suasana lain, seperti memancing atau menyewa perahu kepada penduduk sekitar untuk mengelilingi danau yang luas itu, selain menikmati biru danau dan gemericik air yang dibelah laju perahu, dapat melihat tumbuhan yang terdapat di danau ini, seperti enceng gondok (eichhmia crassipes), ganggang (alga), dan lain sebagainya. Jelang matahari terbenam, keeksotisan Danau Paniai kian memikat. Perahu nelayan yang mulai menepi dan lalu-lalang speedboat dari balik bebukitan, serta ditimpali oleh burung-burung kecil yang terbang rendah dan sesekali menyambar air. Bertamasya ke danau cantik ini tentu kurang lengkap bila belum menyambangi perkampungan Suku Mee dan Suku Moni, dua suku besar di sekitar danau tersebut yang menghuni dataran tinggi Paniai. Selain melihat rumah adat yang disebut honai dan keseharian mereka dari dekat, bila beruntung Anda akan disuguhkan atraksi kesenian dan memperoleh suvenir khas dua suku tersebut sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kolega.

Akses ke Danau Paniai, dapat memulai perjalanan dari Kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai. Dari Kota Enarotali, tersedia dua jalur menuju kawasan Danau Paniai. Pertama, menggunakan jalur darat dengan menyewa bus, Kedua, mengambil jalur udara dengan menumpang pesawat jenis Cessna yang bisa mendarat di wilayah dataran tinggi dengan karakteristik landasan dari tanah.

Di kawasan Danau Paniai tersedia berbagai fasilitas, seperti pos jaga, pemandu wisata, dan pondok wisata. Persewaan perahu, persewaan peralatan memancing, dan warung-warung kecil juga tersedia di sini. Wisatawan yang ingin menginap, dapat menyewa rumah-rumah penduduk yang terdapat di sekitar danau eksotis ini atau berkemah di berbagai lokasi di kawasan tersebut. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin memperoleh akomodasi yang lumayan lengkap, disarankan ke Kota Enarotali. Di ibu kota Kabupaten Paniai ini, ditemukan toko, pasar, rumah makan, rumah ibadah, kios wartel, serta hotel dan wisma dengan berbagai tipe.

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.