Friday, June 7, 2013

12 Sifat Negatif Orang Indonesia Menurut Mochtar Lubis

WEST PAPUA     12:49 PM  

Sulit untuk mengidentifikasi sifat-sifat orang Indonesia. Sebab, Indonesia terbangun diatas fondasi perbedaan suku, budaya, agama dan tempat tinggal yang saling terpisah dan sejarah Perjuangan yang berbeda  artinya, mereka memiliki kepribadian yang berbeda-beda juga.
Akan tetapi, Mochtar Lubis dalam bukunya berjudul Manusia Indonesia yang terbit sekitar tahun 1977/1978, memberikan penilaian tentang sifat-sifat negatif manusia Indonesia.
1. Hipokrit alias Munafik:
Hal ini bisa dibuktikan bahwa banyak sekali, terutama para pejabat Indonesia yang munafik. Dibuktikan dengan tidak sesuainya perkataan diawal dengan dikemudian hari, adanya banyak kasus yang menyebutkan bahwa ternyata pebuatan mereka bejat, tidak sesuai dengan tampilan.

2. Segan dan Enggan Bertanggung Jawab:“Bukan saya”, adalah kalimat yang cukup populer di mulut manusia Indonesia. Ini bukti adanya tidak kebertanggung-jawabab Manusia Indonesia.

3. Berjiwa Feodal:Mereka yang mempunyai kekuatan dan kekuasaan harus dihormati oleh yang dikuasai, yang kecil dan tanpa kekuasaan harus mengabdi kepada yang besar, bahkan kepada keluarganya.

4. Percaya Takhayul:Dulu, dan sampai sekarang, masih ada yang demikian. Contoh kongkritnya adalah Ahmad Ponari dan membawa air kemakam untuk diminum sendiri.

5. Artistik:Ciri ini selalu memperlihatkan sesuatu yang indah, baik, bagus serta mempesonakan untuk dipandang. Ciri ini datang dari sikap manusia Indonesia yang ramah dan menyenangkan orang lain.

6. Watak yang Lemah:Lemahnya watak orang Indonesia dapat dilihat dari mulai tergerusnya budaya sendiri dan terganti dengan budaya lain.

7. Tidak Hemat:Kekayaan Ahmad Fathanah yang diberikan kepada beberapa perempuan adalah bukti kuat hal ini. Dan kebanyakan orang Indonesia akan berhutang terlebih dahulu dan akan dibayarkan dengan sesuatu yang sudah pastyi didapatkan dikemudian hari.

8. Lebih suka tidak bekerja keras, kecuali kalau terpaksa:Artis instan pejabat instan dan lain sebagainya sudah terbiasa dalam negri ini. Artinya, manusia Indonesia menginginkan sesuatu yang instan, tanpa melalui proses panjang.

9. Manusia Indonesia Tukang Menggerutu/ Berani Berbicara diBelakang:Dan menggerutunya ini ketika dibelakang orang tersebut. Tidak berani didepannya.

10. Cepat Cemburu dan Dengki:
Sifat inilah yang mungkin membuat bangsa ini tetap terpuruk. Karena ketika ada manusia yang lebih dan partai yang lebih baik maka akan dihancurkan lewat berbagai cara.
11. Manusia Yang Sok:Punya sedikit saja peningkatan hidup dari sebelumnya, maka akan pamer ke tetangganya.

12. Manusia Plagiat:Hilangnya kebudayaan dan kepribadian Nasioanal Indonesia disebabka oleh pribadi manusia Indonesia yang mudah meniru.
Demikian postingan kali ini, semoga dengan ini kita dapat mengenal karakter manusia bangsa Indonesia dan kemudian merubahnya sejak dimulai dari diri kita sendiri. amin.

Sumber: http://platmerahonline.com/

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.