Saturday, November 3, 2012

Banyak Anak Negeri di Papua yang di Drop Aut dan Putus Sekolah.

WEST PAPUA     9:32 PM   No comments



Oleh: Mando Mote

Anak negeri papua bosan dengan lagu lama dan butuh lagu baru di sektor pendidikan ;
 Fenomena terhadap anak negeri papua terhadap konsentrasi pendidikan senantiasa terganggu terus sehingga mereka mengklaim kenapa sektor pendidikan papua sepertinya lagu lama terus bernyanyi sampai sekarang juga. pada hal lagu lama kami telah bosan mendengarkan dan kami mau lagu baru harus dinyanyikan.

artinya bahwa pola pendidikan belum tercermin warna yang bisa membangkitkan antusias bagi kami anak negeri papua sebagai aset daerah. pendidkan papua masih jalan ditempat dan jauh dari yang diharapkan sehingga pantas diklaim bahwa lagu lama kini terbunyi.

anak negeri papua kini tercermin pola pemikiran serta nafsu akan sekolah tinggi namum ada beberapa faktor yang menyebabkan sehingga konsentrasi untuk sekolah semakin penyusutan sehingga terjadi anak negeri papua yang "" drop out dan putus sekolah.
Faktornya adalah kemapuan pembiayaan yang belum cukup meskipun nafsunya tinggi.

kenafsuan anak negeri papua ini beberapa elemen perlu jelih meihat serta memperhatikan yakni dari pemerintah daerah setempat, orang tua bahkan guru sebagai tenaga pengajar. dalam hal ini pemerintah saja sangat tidak optimal walapun ada perhatian tetapi orang tua sebagai alat yang senantiasa asuh serta guru sebagai orang tua di sekolah yang mana peranannya pendidik, pengasuh yang diasuh, asah  dan asih di sekolah. bahkan dari orang tua juga mengasah, menagsih, dan mengasuh di rumah.

jadi ketiga unsur merupakan sistem yang berperan serta berfungsi mendobrak patologi pendidikan papua yang tercermin anak negeri papua drop out dan putus sekolah itu.

hal itu Ibu Cherly ( Kepala Dinas Koperasi, perindustrian dan perdagangan Kabupaten Mimika ) bicara dalam forum diskusi akbar FP3T juga telah singgung terhadap anak negeri papua sebagai aset daerah yang drop out dan putus sekolah itu.

Ibu Cherly ( Kepala Dinas Koperasi, perindustrian dan perdagangan Kabupaten Mimika ) juga telah tersinggung persoalan pendidikan di timika bahwa ternyata di Timika banyak anak yang di drop out dan putus sekolah. ini disebabkan oleh kuirangnya perhatian dari, orang tua, pemerintah dan guru.

Ibu Cherly mengklaim guru harus mendidik secara betul betul dan perlu tegakkan rewad dan punishman secara tegas. dalam hal ini juga guru perlu displin.

Kerja keras, kerja cerdas, kerja iklas dan kerja tuntas adalah hal yang paling mendasar yang ditanamkan serta diaplikasikan oleh para guru- guru di papua. soal anak negeri papua yang selolahnya drop out dan putus sekolah itu adalah persoalan pendidikan mulai dari paud, sd, smp, sma bahkan di tingkat perguruan tinggi yang hampir semua daerah alami di bumi cendrawasih papua.

mendobrak segala isolasi serta patologi pendidikan ini sangat membutuhkan konsep manajemen publik figur papua sebab  yang mengendalikan serta mengemudi adalah para penguasa papua yakni sasarannya adalah Para elit elit papua baik elit politik ( legislatif ) maupun elit birokrat ( eksekutif ).

untuk mendobrak lagu lama itu tentunya telah ada dana yang mana 20% dari dana otsus telah mengalokasikan sehingga dalam pelaksanaan perlu adaawalnya visi & misi pendidikan berbasisi kondisi papua. langka awal , perencanan, pelaksanaan, pertangungjawan,pengawasan, serta evaluasi  khusus perlu dijalankan.
keempat strategis perlu dijalankan demi pengalokasian serta visi dan misi pendidikan berbasis kondisional papua tepat sasaran dan target yang dingin di capai.

dengan demikian, cermin pendidikan yang mana dalamnya lagu lama terus dinyanyikan sampai saat ini merupakan tantangan bagi kita semua. mari kita bersama berusaha khusunya para elit papua perlu jelih dan mengabil kebijakan berdasarkan kondisi permasalahan lokal sehingga hal ini terdobrak dari negeri kita papua.

Sumber: Facebook.com/Catatan/Mando Mote

,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.