Wednesday, July 4, 2012

Tercatat 10.785 Kasus HIV-AIDS di Papua

WEST PAPUA     12:46 PM   No comments




Ilustrasi HIV-AIDS (IST)
Jayapura (4/7) --- Sepanjang 2006 - 2011 lalu, Dinas Kesehatan Provinsi Papua, mencatat sebanyak 10.785 kumulatif kasus HIV-AIDS di wilayah paling Timur indonesia ini. Data itu terungkap dalam presentasi  yang disampaikan Yosef Rinta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua yang berlangsung di Hotel Aston Jayapura, sejak 10-13 Mei 2012 lalu. 

Dalam data yang dipresentasikan Rinta, sejak 2006 – 2011, dinas kesehatan mencatat kumulatif  kasus HIV-AIDS berjumlah 10.785 kasus.  Melalui data yang diterima tabloidjubi.com, belum lama ini, dari jumlah itu, 8306  kasus diantaranya sementara mendapat akses perawatan HIV, 5963  kasus memenuhi syarat ART. Selanjutnya, 2373  kasus yang pernah mendapat ART. Selanjutnya, 1453 kasus yang sedang menjalani terapi ART. 

Melalui data itu, sejumlah resiko di balik situasi epidemi HIV Papua. Diantaranya, penyangkalan ataupun tanpa intervensi efektif membuat beban biaya pengobatan meningkat di PNG pada tahun 2014 diprediksi 70% tempat tidur rumah sakit akan ditempati ODHA (Orang dalam HIV-AIDS). Dari jumlah ini, harus ada komitmen politik disertai komitmen dana dan Komitmen Pelaksana dari semua warga masyarakat. Karena, sebagian besar ODHA dari keluarga miskin, maka akan terjadi pemiskinan baru yang akan terus bertambah; bila tidak ada kepedulian dari semua pihak.

Resiko lainya adalah kelompok umur terimbas terbanyak pada usia produktif. Tak hanya itu, resiko lain bakal berdampak sosial, ekonomi dan budaya. Jika demikan, maka tidak dapat diperangi oleh individu, partai politik atau negara. Tetapi, setiap orang atau semua pihak harus ikut mengambil bagian dan peduli terhadap masalah HIV/AIDS di bumi Papua.

Catatan lain mengatakan, epidemi HIV di Provinsi Papua dapat ditanggulangi dengan program yang efektif. Feminisasi epidemi AIDS perlu diwaspadai, program penanggulangan AIDS pada populasi kunci perlu ditingkatkan! Terakhir, ketersediaan dana dibutuhkan untuk menjamin kesinambungan pelaksanaan program AIDS. 

Data tambahan menyatakan, HIV-AIDS mengancam masyarakat di bumi cenderawasih ini tiap tahun. Beberapa survei mengindikasikan penularan HIV sudah meluas ke masyarakat umum. Prevalensi HIV di tanah papua 2,4%,  STHP. 2006. Di populasi kunci STBP, 2007 di kota dan kabupaten  Jayapura. Wanita Pekerja Seks (WPS) langsung, 15,9 %, WPS tidak langsung, 5,5%. Di populasi kunci (STBP, 2009 di Kabupaten Mimika), WPS langsung, 14,4 %, WPS tidak langsung,  4,4 %. (Jubi/Abubar)

sumber: tabloidjubi.com

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.