Wednesday, May 9, 2012

SEJARAH SINGKAT WEST PAPUA

WEST PAPUA     5:00 AM   No comments

PULAU PAPUA BENTUK B.K (FOTO:GRAFIS UMAGI)
Sangat sedikit orang menyadari persoalan Papua Barat pada saat ini. Seperti kebanyakan kolonial, masalah kekaisaran itu adalah satu yang rumit, melibatkan aliansi kompleks, perjanjian rahasia dan kehebatan ekonomi global melawan Papua Barat.

Banyak yang sadar muncul menyenggol masalah ini selain menjadi terlalu keras untuk memahami keranjang. Melihat besarnya dukungan untuk pemerintahan Indonesia saat ini teror oleh kekuatan global ini adalah masalah yang menakutkan untuk membayangkan dan memahami. Untuk memahami masa sekarang namun Anda harus melihat ke masa lalu dan dengan hati-hati memeriksa masalah dan fakta, kami berharap Anda akan membantu kami dalam memecahkan masalah lama 34 tahun ketidakadilan, kekejaman dan penderitaan dan membantu kita untuk mengatur Papua Barat bebas sebagai negara merdeka.

Mengapa Papua Barat sekarang bagian dari Indonesia? Itu tidak selalu begitu. Untuk 45.000 tahun terakhir, selama orang-orang Aborigin telah berada di Australia, New Guinea telah menjadi rumah bagi masyarakat Melanesia Papua; yang terdiri dari hampir seribu budaya suku yang berbeda dan bahasa, seperlima dari total dunia keduanya. Selama Zaman Es terakhir, ketika permukaan laut jauh lebih rendah dari sekarang, maka Nugini bagian dari benua Australia, melihat banyak kontak antara masyarakat Aborigin dan Papua. Bukti yang masih dapat ditemukan, mengingat bahwa banyak dari flora dan fauna Australia juga ditemukan di New Guinea.

Pada saat ini lahan dari Asia dan Australia yang lebih besar tidak pernah bergabung. Samudra berbaring di antara mereka yang memungkinkan untuk path budaya yang sangat berbeda dan identitas ras ada. Selama periode kolonial di Asia Tenggara rakyat Papua keras menolak intrusi asing dan banyak usaha di pemukiman oleh upaya Inggris dan Belanda pada tahun 1793 dan 1828 gagal karena penyakit dan permusuhan dari masyarakat Papua.

Pada tahun 1848 jauh di Eropa, pulau New Guinea diukir seperti kue Natal antara Belanda, Inggris dan Jerman, tanpa kedua bangsa memiliki keberadaan administrasi saat ini. Akhir abad ini, didorong oleh aktivitas Inggris dan Jerman di timur, Belanda mendirikan pos pemerintahan pada tahun 1898 dan terus mempertahankan 15 nya pos-pos di New Guinea Belanda hingga invasi Jepang pada tahun 1942.

Dengan berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945, Indonesia bertetangga dengan cepat menyatakan kemerdekaan dari Belanda pada tahun yang sama dan mengklaim Papua Barat, Timor Timur, Sarawak, Brunei dan Borneo Utara sebagai bagian dari wilayahnya. Pada tahun 1949 Indonesia merdeka penuh dari Belanda dan mencoba mengklaim dan memperoleh Papua Barat sebagai bagian dari kebangsaan nya. Belanda mempertahankan kehadiran kolonial di Papua Barat dan siap untuk membawa kemerdekaannya. Negosiasi saat ini antara Belanda dan Indonesia termasuk partisipasi aktif dari orang Papua Barat termasuk Ketua saat ini OPM Bapak Musa Werror. Melalui tahun 1950-an Indonesia terus-menerus mempertahankan klaim mereka ke Papua dan ketika diundang untuk mempresentasikan klaim mereka ke Mahkamah Internasional Hukum menurun, mengingat fakta bahwa mereka tidak memiliki klaim hukum pada setiap bagian dari New Guinea yang lebih besar.


KRONOLOGI TIRANY

§   1950: Maluku Selatan Republik dideklarasikan dan kemudian ditekan oleh aktivitas militer Indonesia.

§  1957: Australia dan Belanda bekerja sama untuk menentukan cetak biru untuk kemerdekaan Papua Barat.

Prinsip-prinsip adalah sebagai berikut:

1. Belanda dan Pemerintah Australia mendasarkan kebijakan mereka berkenaan dengan wilayah New Guinea, untuk mana mereka bertanggung jawab, pada kepentingan dan hak-hak asasi penduduk mereka untuk sesuai dengan ketentuan dan semangat Piagam PBB.

2. Wilayah Belanda Nugini, Wilayah Kepercayaan Australia New Guinea dan Papua, secara geografis dan etnis terkait pengembangan dan masa depan populasi masing-masing harus mendapatkan keuntungan dari kerjasama dalam kebijakan dan administrasi.

3. Pemerintah Australia dan Belanda karena itu mengejar, dan akan terus mengejar, kebijakan diarahkan pada kemajuan politik, ekonomi, sosial dan pendidikan dari masyarakat di wilayah-wilayah dengan cara yang mengakui ini afinitas etnologis dan geografis.

4. Pada saat yang sama, kedua pemerintah akan terus berlanjut, dan memperkuat, kerjasama yang ada betwen administrasi masing-masing di wilayah.

5. Dengan demikian kedua pemerintah bertekad untuk mempromosikan pengembangan uninterupted dari proses ini
Sayangnya pernyataan positif terhadap penentuan nasib sendiri tidak pernah ditandatangani.

1961: West Papua Dewan terpilih, sebuah lagu kebangsaan terdiri, bendera dirancang dan 1970 ditetapkan sebagai tanggal kemerdekaan Papua Barat. Geram, Indonesia dan sepatutnya menanggapi dengan mengirimkan pasukan invasi 1.419 tentara gerilya, dengan maksud mengirimkan kekuatan invasi utama kemudian. Perang antara Belanda dan Indonesia muncul tak terelakkan dengan kemungkinan Australia terlibat.

1962: Ia pada saat ini bahwa John F Kennedy mengintervensi. Uni Soviet telah menjadi perantara kesepakatan senjata miliar dolar dengan Indonesia dan AS ini dimentahkan dengan banyak sebanding melihat Indonesia sebagai hadiah terlalu penting untuk kalah Blok Komunis. Takut ancaman kemungkinan ekspansi komunis lebih lanjut di Asia Tenggara dan Vietnam menjulang konflik Kennedy menekan Belanda dan Australia untuk menghentikan semua keterlibatan dalam pemberian kemerdekaan Papua Barat, dan menawarkan Papua Barat ke Indonesia.

Perundingan rahasia pun terjadi, yang melibatkan tidak ada orang Papua Barat (tidak seperti di 1949), untuk memberikan Papua Barat ke Indonesia.Sebuah syarat yang termasuk, bahwa akan ada PBB diadministrasikan 'Act of Free Choice' dengan 1969, dimana Papua Barat orang bisa memutuskan masa depan mereka sendiri. Untuk tetap dengan Indonesia atau merdeka?

Pada tanggal 1 Oktober 1962, pemerintah Belanda menyerahkan Papua Barat untuk pemerintahan sementara Bangsa-Bangsa. Perdana Menteri Belanda pada waktu itu kemudian mengeluh pada menyerah Papua Barat ke Indonesia ... "Kami dipaksa melawan kehendak kita dan terhadap segala sesuatu yang kita kehormatan. Belanda tidak bisa mengandalkan dukungan dari sekutu-sekutunya dan untuk itu beralasan kami harus menandatangani. " Gregory Pemberton, 'Semua Jalan: Jalan Australia untuk Vietnam. Allen dan Unwin 1987, p103.

Pernyataan lain yang menarik adalah bahwa R Komer maka anggota senior dari Amerika Serikat Dewan Keamanan ... "Irian Barat adalah salah satu masalah pelik yang meluncur terlalu jauh untuk solusi sementara. Kita harus menelan pil pahit, untuk masalah ini sedang menuju ke arah krisis, dan taruhannya terlibat - ayunan potensi Indonesia ke Soviet pro-sikap mendikte realpolitik dingin ... Jadi untuk mendapatkan kami waktu di Indonesia, dan untuk melawan apa yang akan menjadi yang terbaik konflik berlarut-larut untuk apa yang terbaik akan menjadi netralisme pro-barat, Irian Barat adalah harga. " Pemberton, Ref 8. p87.

Lebih lanjut ia pergi untuk mengatakan; "Kita harus menjualnya (Australia) proposisi bahwa Blok pro-(jika tidak Komunis) Indonesia merupakan ancaman yang lebih besar sepenuhnya kepada mereka (dan kita) daripada milik bahasa Indonesia dari seribu beberapa mil persegi tanah kanibal . "Pemberton, Ref 8. p.101.

Sebuah kutipan dari Kennedy juga sama mengungkapkan, sebagaimana dicatat oleh Duta Besar Belanda, Dr Van Roijen .. "Mereka orang Papua dari Anda adalah 700.000 dan hidup di Zaman Batu." Robin Osbourne, Perang Rahasia "Indonesia", Allen dan Unwin, 1985 p .26.

Hal ini sangat jelas bahwa Papua Barat adalah suatu pengorbanan Perang Dingin. Sebuah bangsa yang sedang berkembang dan masyarakat adat yang dilemparkan, tanpa, benar-benar terhadap piagam PBB, ke dalam cengkeraman sebuah ganas Indonesia untuk memperoleh lebih banyak wilayah dan meningkatkan status dan kekuasaan di dunia.

1963: Pada tanggal 1 Mei Indonesia menjadi kekuatan kolonial baru di Barat Papua Nugini. Untuk menggagalkan kemerdekaan Papua Barat dengan UU yang akan datang of Free Choice (tanggal belum diputuskan), Barat terpilih Dewan Papua dibubarkan, Papua Barat bendera dilarang dan dibakar, bernyanyi Barat Papua nasional lagu O ', saya Tanah 'Papua dilarang, pendirian dari setiap partai politik baru dilarang, dan hal lain berkaitan dengan kemerdekaan Papua Barat dibakar dan dihancurkan.

Pemberontakan oleh orang Papua Barat segera diikuti, yang saya dengan penekanan sengit oleh Indonesia, yang tidak akan mengambil risiko kehilangan hadiah yang baru diperoleh untuk kemerdekaan Papua Barat minded. Gerakan perlawanan OPM didirikan untuk memperjuangkan kemerdekaan Papua Barat.

1964: Indonesia berupaya menyerbu Malaysia, namun dikalahkan oleh pasukan Inggris dan Persemakmuran. Situasi di Papua Barat tidak ditinjau oleh PBB dalam terang ambisi agresif di Indonesia ekspansionis.

1967: Indonesia melakukan perjanjian kerjasama dengan Freeport (sebuah perusahaan New Orleans dan sekarang pembayar pajak terbesar di Indonesia) untuk hak penambangan di pegunungan Papua Barat.

1969: PBB sepenuhnya bertanggung jawab untuk mengatur suara GRATIS dari semua orang Papua Barat berhak untuk menentukan masa depan mereka. Ini 'Act of Free Choice' itu dan masih adalah sebagai orang Papua Barat khawatir Undang-undang ilegal. Alih-alih PBB mengorganisir, mengelola dan mengendalikan pelaksanaan suatu 'Vote Gratis, Indonesia menyelenggarakan dan mengendalikan seluruh proses. Prosedur pemilihan dilakukan di bawah kontrol Indonesia ketat dan 1.026 penatua yang dipilih dilakukan untuk memilih. Dari jumlah ini 1.026 suara, hanya 20% dari yang diamati oleh para pejabat PBB untuk Indonesia dimulai pemungutan suara dengan pengamat PBB masih di Jawa, yang kemudian dilarikan ke Papua Barat untuk menangkap 200 suara yang tersisa. Prosedur pemungutan suara sederhana. Tetua jantan Terpilih dibuat untuk berdiri di depan garis dan kemudian kuliah dan diancam oleh militer Indonesia dan pejabat pemerintah. Tuntutan yang jelas dipotong. Melangkahi garis ini adalah untuk memilih tersisa sebuah provinsi Indonesia, untuk tinggal di belakang garis adalah menyatakan diri pengkhianat. Pemerintah Indonesia menyatakan 'Vote Gratis' kemenangan moral dan PBB menerima hasil rekayasa. Papua Barat kini diterima sebagai sebuah provinsi Indonesia.

Dari Bangsa tampilan titik-Amerika, dapat mengklaim, bahwa PBB diterima Papua Barat yang dimasukkan ke Indonesia atas dasar sebuah 200 suara belaka. Intinya adalah dan masih adalah, bahwa Indonesia memiliki persetujuan penuh dan dukungan dari Amerika Serikat untuk memastikan bahwa itu dipertahankan alih Irian Papua Nugini. Dengan lobi Freeport kuat dan bonanza pertambangan akan dimulai, hak asasi manusia ... "beberapa ribu canibals hidup di Zaman Batu" .. tidak diizinkan untuk mendapatkan di jalan. 'Osbourne, Ref 5.p.26. "

1975: Papua New Guinea memperoleh kemerdekaan pada tanggal 16 September. Dua bulan kemudian Indonesia menginvasi Timor Timur. Australia gagal untuk memberikan bantuan atau dukungan kepada masyarakat Timor Timur, meskipun lima wartawan Australia yang dibunuh tanpa sebab oleh tentara Indonesia.

1978: Pemerintah Australia menerima aneksasi Indonesia atas Timor Timur, meskipun hingga saat ini PBB belum melakukannya.

1989: Australia menandatangani sebuah pakta dengan Indonesia untuk berbagi sumber daya dari Celah Timor, mengakui invasi Indonesia dan aneksasi Timor Timur.

1996: Januari-8. Dalam sebuah serangan berani, gerilyawan OPM ditangkap 14 Bahasa Indonesia dan 7 ilmuwan Eropa dan menahan mereka sandera dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran internasional untuk perjuangan mereka. Tujuan mereka tercapai dan para sandera dengan selamat dirilis pada tanggal 12 Maret untuk Palang Merah Internasional negosiator yang bertindak atas nama keluarga mereka.

Maret. Dikoordinasikan dengan pelepasan para sandera dan dalam tujuan mempertahankan profil global mereka, OPM berjalan satu langkah lebih jauh menuju kemerdekaan dengan memasukkan sebuah homepage di internet komputer di seluruh dunia.

RINGKASAN

Ada bencana ras dan budaya lambat dan berbahaya terjadi sekarang di Papua Barat, yang sebagian besar masyarakat dunia telah menunjukkan hampir tidak ada minat atau perhatian dengan. Papua Barat, sekarang berjumlah 900.000 yang cepat kewalahan di tanah mereka sendiri oleh satu juta orang Indonesia. Pada saat ini sementara gerakan perlawanan OPM sedang berjuang valiently di hutan dan pegunungan Papua Barat, upaya diplomatik ditentukan sedang dilakukan melalui pers, internet, dan Teman Papua Barat.Saya harap Anda dapat membantu. ( K-Peart Tasmania Asosiasi Papua Barat)



, , , ,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.