Monday, April 9, 2012

OPM Tak Mungkin Tembak Penerbangan Sipil

WEST PAPUA     9:25 AM   No comments

JUBI---Kepolisian Republik Indonesia belum bisa memastikan pelaku penembakan terhadap Pesawat Trigana, Minggu (8/4) di Mulia adalah kelompok TPN/OPM pimpinan Goliath Tabuni atau kelompok OPM lain kecuali orang tak dikenal atau kelompok sipil bersenjata. Namun sebagian media dengan gencar mengatakan pelaku penembakan adalah kelompok Organisasi Papua merdeka.
Pemberitaaan itu diragukan aktivis HAM Indepen Papua Barat, Sebby Sambom. Sambom mengatakan pemberitaan itu hanyalah tudingan terhadap TPN/OPM tanpa bukti. ‘Menurut saya, itu hanya tudingan Indonesia,” katanya kepada tabloidjubi.com melalui pesan singkat, Senin (9/4).

Tudingan tanpa bukti itu melahirkan pertayaan. “Apakah TPN/OPM murni yang tembak atau pihak lain yang sengaja melakukannya untuk menciptakan "proyek" di Papua?" kata Sambom yang juga mantan TAPOL Papua ini.
Semua pihak mungkin mengajukan pertanyaan itu mengingat setiap peristiwa di Puncak Jaya, pihak polisi belum bisa membuktikan pelaku penembakan dengan fakta hukum. “Setiap peristiwa di Mulia belum pernah dibuktikan fakta hukumnya,” katanya.
Sekalipun demikian, Sebby mengaku tidak akan membatah tudingan itu bila kejadiannya di sekitar wilayah markas TPN/OPM. “Kalau di wilayah markas TPN-OPM di Tingginambut dan sekitarnya mungkin masuk akal tudingan itu,” katanya.
Namun menurutnya, OPM tak akan melakukan penembakan terhadap rakyat sipil. “TPN/OPM berjuang untuk rakyat. Masa menembak rakyatnya kan tidak mungkin.” katanya.
Karena itu, Sebby mengatakan ada kelompok yang sedang bermain di Mulia. “Ada yang bermain, oleh karena itu, adakan pembuktian. TPN/OPM belum ada perintah untuk menembak pernerbangan sipil,” katanya.
Jadi, pria asal Yali-Huwula ini mengharapkan pihak Kepolisian Republik Indonesia harus membuktikan pelaku penembakan terhadap penerbangan sipil dan rakyat sipil itu. “Polisi harus membuktikan projektil pelurunya milik siapa. Langkah ini penting guna membutikan kepemilikan dan standar pengunaan senjata api,” katanya. (Jubi/Voxpopa)

, , ,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.