Monday, April 16, 2012

Menurut saudara pendidikan moral yang bagaimanakah yang dapat diterapkan di lingkungan pendidikan di Indonesia?

WEST PAPUA     2:38 AM   No comments

Oleh : Makinal Nosolame
Terdapat 3 alasan penting yang melandasi pelaksanaan pendidikan moral di sekolah, antara lain (1) Perlunya karakter yang baik untuk menjadi bagian yang utuh dalam diri manusia yang meliputi pikiran yang kuat, hati dan kemauan yang berkualitas, seperti memiliki kejujuran, empati, perhatian, disiplin diri, ketekunan, dan dorongan moral yang kuat untuk bisa bekerja dengan rasa cinta sebagai ciri kematangan hidup manusia; (2) Sekolah merupakan tempat yang lebih baik dan lebih kondusif untuk melaksanakan proses belajar mengajar. (3) Pendidikan moral sangat esensial untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan membangun masyarakat yang bermoral (Lickona, 1996 , P.1993).
Pelaksanaan pendidikan moral ini sangat penting, karena hampir seluruh masyarakat di dunia, khususnya di Indonesia, kini sedang mengalami patologi social yang amat kronis. Bahkan sebagian besar pelajar dan masyarakat kita tercerabut dari peradaban eastenisasi (ketimuran) yang beradab, santun dan beragama.
Pendidikan moral yang dapat diterapkan di Indonesia adalah pendidikan moral yang memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar konsep pendidikan moral pada umumnya dan dasar serta konsep-konsep pendidikan moral pancasila pada khususnya. Nilai-nilai yang dapat ditanamkan melalui pendidikan moral di antaranya ialah sebagai berikut:
Nilai sosial; kerja sama, kebersihan lingkungan, kebajikan, persaudaraan
Nilai personal; rendah hati, dapat dipercaya, disiplin, toleran, tertib, kebersihan
Nilai kenegaraan; kesadaran nasional, patriotisme, ketaatan pada pemerintah, suka damai, persaudaraan
Nilai prosedural; pendekatan ilmiah terhadap kenyataan, mencari kebenaran, dll.
Sedangkan materi yang dapat disampaikan adalah pedoman tingkah laku bagi seluruh warga negara Republik Indonesia, pedoman formal dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat, serta pedoman dan petunjuk arah kebijaksanaan dan proses pembangunan di segala bidang.
Bagaimana hubungan antara kebebasan dan tanggung jawab?
Kebebasan dan tanggung jawab tidak dapat dipisahkan. Orang yang dapat bertanggung jawab terhadap tindakannya dan mempertanggungjawabkan perbuatannya hanyalah orang yang mengambil keputusan dan bertindak tanpa tekanan dari pihak manapun atau secara bebas.
Moralitas (kewajiban dan larangan) dibuat karena mengandaikan adanya kebebasan. Sebagai contoh adalah seseorang membeli teh botol di warung seharga Rp. 1.500,-. Ia membayar dengan uang Rp. 5.000,- tetapi karena keliru, sang penjual memberi uang kembaliannya sebesar Rp. 8.500,-. Apa yang akan ia lakukan? Setidaknya ada dua pilihan kebebasan, yaitu: (1) mengatakan kekeliruan sang penjual, dan mengembalikan kelebihan uang itu; atau (2) mendiamkan kekeliruan sang penjual, dan mengambil “keuntungan” dari situ.
Tanggungjawab berkaitan dengan “penyebab”. Yang bertanggung jawab hanya yang menyebabkan atau yang melakukan tindakan. Tidak ada tanggungjawab tanpa kebebasan dan sebaliknya. Bahkan George Bernard Shaw berpendapat bahwa Kebebasan berarti tanggung jawab. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan manusia takut terhadapnya. Hubungan antara kebebasan dan tanggung jawab di antaranya ialah:
·        Ruang kebebasan harus diisi dengan sikap dan tindakan
·        Kebebasan memungkinkan kita sendiri yang menentukan tindakan
·        Tindakan yang diambil dalam kebebasan menjadi tanggungjawab kita
Sejauh mana faham liberalisme telah merasuk dalam kehidupan masyarakat kita?
Liberalisme adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan adalah nilai politik yang utama. Secara umum, liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu. Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan agama. Liberalisme menghendaki adanya, pertukaran gagasan yang bebas, ekonomi pasar yang mendukung usaha pribadi (private enterprise) yang relatif bebas, dan suatu sistem pemerintahan yang transparan, dan menolak adanya pembatasan terhadap pemilikan individu. Oleh karena itu paham liberalisme lebih lanjut menjadi dasar bagi tumbuhnya kapitalisme.
Liberalisme menghendaki satu bentuk kehidupan bersama yang memungkinkan manusianya untuk membuat keputusan sendiri tentang hidup mereka. Karena itu bagi suatu masyarakat liberal hal yang mendasar adalah bahwa setiap individu harus mengambilalih tanggungjawab. Ini merupakan kebalikan dari konsep sosialis yang mendelegasikan tanggungjawab dalam ukuran seperlunya kepada masyarakat atau negara.
Liberalisme pada awalnya muncul sebagai mazhab sosial-politis yang mengajarkan kebebasan masyarakat dalam berpendapat, berserikat, dan berkumpul serta menentukan nasib sendiri. Saat ini, proses liberalisasi sosial-politik, yang menandai lahirnya tatanan dunia abad modern, semakin marak.
Liberalisasi sosial-politik ini kemudian disusul dengan liberalisasi di bidang ekonomi. Setelah menyentuh wilayah ekonomi, politik, dan sosial maka wilayah agama pun pada gilirannya dipaksa harus membuka diri untuk diliberalisasikan.
Dengan prinsip menjunjung tinggi kebebasan individual, liberalisme memperbolehkan setiap orang melakukan apa saja sesuai dengan kehendaknya. Manusia tidak lagi harus memegang kuat aturan-aturan agama. Bahkan, kalau memang aturan agama yang ada tidak sesuai dengan kehendak manusia, maka yang dilakukan kemudian adalah menafsir ulang ayat-ayat Tuhan agar tidak bertabrakan dengan prinsip-prinsip dasar liberalisme.
Wajar jika kemudian, berbagai tindakan amoral pun –sebagaimana yang terjadi pada kasus-kasus homoseksual, seks bebas, dan aborsi– bisa dianggap legal karena telah mendapatkan justifikasi ayat-ayat Tuhan yang telah ditafsir ulang itu. Ini merupakan berberapa akibat dari paham liberalisme ini.
Jika kita meneliti lebih jauh ide-ide liberalisme yang mewabah saat ini, tampak dengan jelas kehancuran yang ditimbulkannya. Bagaimana jika seks bebas,
homoseksualitas/lesbianisme, aborsi, dan single parent telah menjadi budaya modern yang diadopsi oleh banyak manusia? Apa bukan bencana dahsyat? Dapat kita bayangkan, `bom’ liberalisasi adalah `bom’ yang bisa menghancurkan masa depan umat manusia.
Konspirasi Barat dalam mempropagandakan liberalisme sudah masuk pada tataran individu dan keluarga. Ini berarti, individu dan keluarga, sadar atau tidak, telah dengan mudah bisa mengakses dan mengadopsi pemikiran-pemikiran liberal. Tanpa dipaksa, mereka menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai gaya hidup modern. Lihatlah bagaimana media cetak, elektronik, dan maupun audio visual yang dengan efektif dimanfaatkan untuk mempromosikan budaya liberal kepada masyarakat.
Selain itu ada juga pengaruh di bidang ekonomi. Pengaruh liberalisme masuk ke dalam skenario pembangunan nasional Indonesia melalui berbagai undang-undang tentang modal asing sejak tahun 1967. Bidang-bidang yang paling intensif terpengaruh oleh modal asing ini antara lain adalah sektor industri, pertambangan, perkebunan, keuangan dan perbankan. Investasi dalam bidang pertambangan dan perkebunan memerlukan penyediaan lahan yang amat luas, yang di beberapa daerah mengakibatkan penggusuran rakyat setempat dari tanah yang sudah didiaminya selama berpuluh tahun. Dalam dasawarsa 1990-an, pengaruh liberalisme ini semakin berkembang melalui faham neo-liberalisme, yang bertujuan untuk mengkomersialkan seluruh barang dan jasa, jika perlu dengan meniadakan fungsi pemerintah dalam bidang kesejahteraan rakyat. Privatisasi besar-besaran BUMN termasuk dalam kerangka pengaruh liberalisme ini. Pengaruh lain liberalisme di Indonesia dapat dituliskan sebagai berikut:
Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang digunakan di Indonesia
Anggota masyarakat memiliki kebebasan intelektual penuh, termasuk kebebasan berbicara, kebebasan beragama dan kebebasan pers. Pemerintah hanya mengatur kehidupan masyarakat secara terbatas. Keputusan yang dibuat hanya sedikit untuk rakyat sehingga rakyat dapat belajar membuat keputusan untuk diri sendiri
Kekuasaan dari seseorang terhadap orang lain merupakan hal yang buruk. Oleh karena itu, pemerintahan dijalankan sedemikian rupa sehingga penyalahgunaan kekuasaan dapat dicegah, karena kekuasaan dicurigai sebagai hal yang cenderung disalahgunakan sehingga perlu dibatasi
Menurut saudara di mana letak manfaat kode etik bagi kehidupan masyarakat?
·        Manfaat kode etik bagi masyarakat di antaranya adalah sebagai berikut:
·        Memberikan patokan-patokan sikap mental yang ideal bagi segenap anggota masyarakat
·        Mendorong keberhasilan masyarakat di mana anggota masyarakat memiliki inisiatif-inisiatif yang baik, jujur, teliti
·        Masyarakat akan memiliki kesadaran moral atas kedudukan yang diperolehnya yang melihat kedudukan tersebut sebagai alat, bukan tujuan hidupnya
·        Anggota masyarakat yang menaati norma-norma dalam kode etik akan menempatkan kewajibannya sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang harus mengabdi kepada-NYA
Coba jelaskan mengapa suara hati perlu diikuti?
Suara hati (conscience) adalah pusat kemandirian moral manusia. Ciri khas suara hati adalah tidak dapat ditawar dengan pertimbangan untung-rugi, sengan-tidak senang.
Suara hati perlu diikuti karena suara hati merupakan suatu kekuatan yang selalu memperingatkan perbuatan buruk dan usaha mencegah perbuatan itu serta memerintahkan untuk melaksanakan kewajiban. Sebagai contoh adalah ketika kita pernah berbuat buruk, sebenarnya ada sesuatu yang mengingatkan kita bahwa yang kita lakukan tidak benar. Hanya saja, terkadang manusia tidak mau mendengar suara hatinya.
Suara hati cenderung benar. Hal ini berlaku bagi orang-orang yang memang biasa mengikuti kata hati yang benar. Untuk itu, suara hati tetap perlu untuk dibina agar sesuai dengan kewajiban dan tanggung jawab kita.
Sumber: Facebook Group “Umagynews”

, , ,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.