Wednesday, March 28, 2012

INVESTOR KOREA SELATAN PABRIK PATROKIMIA RP 27 T DI BANGUN PAPUA BARAT

Mypapua     3:12 PM   No comments


MANOKWARI (UMAGI)-- Perusahaan asal Korea Selatan, LG International Corp, menggandeng PT Duta Firza untuk membangun pabrik petrokimia di Tangguh, Papua Barat. Pembangunan pabrik petrokimia itu diperkirakan menelan investasi Rp27 triliun atau sekitar US$3 miliar.
Head of Agreement (HoA) antara Duta Firza dan LG International dilaksanakan hari ini di Seoul, Korea Selatan disaksikan langsung oleh Menteri Perindustrian M.S Hidayat dan Menteri Perdagangan/Kepala BKPM Gita Wiryawan dan dihadiri Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

"PT Duta Firza dan LG Internasional akan membentuk JV company untuk merealisasikan proyek tersebut," kata Chief Executive Officer Duta Firza, Firlie Gandinduto dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Rabu 28 Maret 2012.
Dalam perjanjian HoA ini, kedua pihak sepakat bekerjasama dalam hal pre-planning and pre-feasibility study hingga tahapan permbangunan konstruksi pabrik petrokimia. Tahapan pre-planning dan pre-feasibility study antara lain pasokan gas dari lapangan Tangguh, pendanaan proyek, kepastian pembeli produk petrokimia dan kepastian penunjukkan kontraktor EPC untuk proyek tersebut.

Untuk mewujudkan rencana pembangunan pabrik tersebut, kedua pihak juga sepakat menyerahkan tugas kepada perusahaan patungan yang akan dibangun. Perusahaan ini bertugas melakukan investasi, pembangunan, hingga operator pabrik petrokimia. "Instalasi dan commissioning pabrik petrokimia itu juga akan dimanajemeni oleh JV company," kata Firlie.

Rencananya, seluruh program kerja HoA akan dilakukan oleh pihak ketiga diharapkan selesai pada kuartal-III 2012. Sementara tahap pengembangan akan dilakukan pada kuartal-I 2013. Diharapkan peletakan batu pertama pembangunan fasilitas pendukung pabrik petrokimia dapat dimulai pertengahan 2014.
"Pabrik petrokimia itu akan memanfaatkan gas dari kilang Tangguh, khususnya train 3 dan 4 yang diharapkan selesai dibangun pada pertengahan 2017. Testing produksi pertama ditargetkan pada kuartal-IV 2017 atau awal 2018," paparnya. (IWAN K)

SUMBER: • VIVAnews 

, ,

Mypapua


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Translate

Followers

NEWS