Monday, March 19, 2012

AKSI DAMAI MASYARAKAT MANOKWARI MENUNTUT PERTANGGUNGJAWABAN PBB UNTUK SEGERA MENYELESAIAKAN SELURUH PERSOALAN PAPUA

WEST PAPUA     10:35 AM  

  MANOKWARI (UMAGI)— Aksi damai Ribuan Warga Masyarakat dan Mahasiswa Papua di Manokwari Papua  Barat turun ke jalan melakukan aksi untuk menuntut pertanggungjawaban PBB untuk menyelesaikan seluruh persoalan yang terjadi di Tanah Papua, senin (19/03/2012).
 Aksi yang dilakukan bertepatan dengan kedatangan SEKJEN PBB Ban Ki-moon dan beberapa pejabat tinggi pertahanan dan beberapa mantan kepala negara yang akan mengikuti dialog pertahanan yang diadakan pada tanggal 21 sd 23 Maret di Jakarta.

Masa berkumpul Long march berawal dikantor Dewan adat Papua (DAP) sanggeng-wosi-angkatan laut-pasar sanggeng-kantor gubernur-berakhir di gereja elim kwawi, pada Pukul  80.00 Waktu Papua Barat.  Aksi diawali dengan doa singkat lalu masa bergerak  masa mendengar orasi politik dari berbagai perwakilan antara lain Perwakilan Negara Federasi West Papua, Dewan Adat, Mahasiswa, dan perwakilan Tokoh adat, Tokoh Agama dan Tokoh Perempuan. Aksi berlangsung dengan meriah dan diisi oleh tarian dan yel-yel Papua Merdeka. Aksi dimeriahkan alunan lagu oleh kelompok musik suling tambur.
Tuntutan yang disuarakan dalam aksi kali ini adalah : (1)PBB Segera mengesahkan Status Politik dan Hukum Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) melalui mekanisme PBB dalam waktu dekat ini.
 (2) Kami mendesak PBB segera mengirim pasukan keamanan Internasional ke Papua Barat, demi penyelamatan umat manusia dari tindakan represive TNI dan POLRI pasca deklarsi Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) tanggal19 Oktober 2011.
 (3) Kami Bangsa Papua memiliki hak untuk menentuan nasip sendiri sebagai sebuah Negara merdeka dan berdaulat, dan rayat Bangsa Papua telah menentukan nasip sendiri dalam kongres Bangsa Papua 3 (Tiga) Bangsa Papua yakni deklarasi bangsa Papua di Negeri Papua Barat yang melahirkan Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB).
(4) Negara Indonesia, Negara-negara Dunia dan PBB segera mengakui kemerdeaan edauatan bangsa dan Negara papua dalam waktu dekat ini. Masa juga menuntut untuk segera menyelesaikan semua persoalan di Tanah Papua, dan Segera melakukan intervensi politik dan militer oleh PBB ke Papua, Pengakuan akan keberadaan Negara Papua Barat, Segera bebaskan semua TAPOL/NAPOL di seluruh penjarah Indonesia termasuk Presiden Papua Tuan Forkorus Yaboisembut, Pidana Menteri Papua Tuan Edison Waromi, dkk,
 Aksi ditutup dengan doa pukul 14.00 WIB dan masa membubarkan diri dengan aman kerumah masing-masing. Aksi kali ini dikawal sangat ketat oleh ratusan aparat keamanan bersenjata lengkap. (Yance N)
Sumber: Facebook


, ,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.