Monday, February 13, 2012

Bupati Paniai: Tambang Degeuwo Akan Ditertibkan

Mypapua     1:27 PM  



JAYAPURA (UMAGI)-- Pemerintah Kabupaten Paniai, Papua, berjanji akan menertibkan tambang emas di Degeuwo. Ditemui saat meresmikan asrama mahasiswa Paniai di Jayapura, Senin (13/2/2012), Bupati Paniai Naftali Yogi mengatakan, pihaknya akan membentuk sebuah distrik baru untuk mengelola kawasan tersebut.


Selain itu, Pemkab juga akan meminta bantuan polisi untuk menjaga ket ertiban di wilayah itu. "Mungkin nanti dengan mendirika kantor Polsek baru," kata Naftali Yogi. Pihaknya juga akan menertibkan soal izin untuk menambang. Saat ini, dari puluhan penambang di Degeuwo, menurut Naftali Yogi, hanya ada tiga penambang yang memiliki izin.

Dalam kesempatan itu, ia juga membantah adanya rumor yang menyebutkan wilayah tersebut telah ditawarkan kepada investor dari Australia. "Itu hanya upaya saling menjatuhkan antar pengusaha tambang di Degeuwo," kata Naftali Yogi.

Di sisi lain, masyarakat di Degeuwo sebenarnya ingin agar tambang itu untuk sementara ditutup. Thobias Bagubau, salah satu perwakilan warga mengatakan, sejak hadirnya tambang emas di wilayah itu, tidak hanya penambang liar yang masuk tetapi juga minuman keras, pelacuran, dan penyakit Aids.(Umagi/markus)

sumber: http://regional.kompas.com/read/2012/02/13/1451523/Tambang.Degeuwo.Akan.Ditertibkan

Mypapua


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

Translate

Followers

NEWS