Friday, November 25, 2011

TPN/ OPM Tak Ikutan 1 Desember

WEST PAPUA     8:33 PM   No comments



Yusak PakageJAYAPURA
 – Mengatasnamakan Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN OPM), Koordintor Parlemen Jalanan, Yusak Pakage menyatakan bahwa 1 Desember yang selama ini diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Bangsa Papua, tidak diperingati oleh TPN OPM Pimpinan Lambert Pekikir.
“Agenda 1 Desember TPN OPM tidak ambil bagian, Karena Hari TPN/OPM 1 Juli,” tegasnya yang juga menyatakan bahwa TPN OPM tetap mendukung  pada orang Papua yang memperingati 1 Desember tapi tidak ambil bagian dalam aksi-aksi 1 Desemeber sebagai Hari Kemerdekaan Bangsa Papua.
Dikatakan, menyikapi berbagai isu terkait 1 Desember yang meresahkan baik orang Papua maupun non Papua, Ketua Dewan Revolusi Militer TPN OPM, Lambert Pekikir yang bermarkas di Victoria, Bewani, Papua mengeluarkan himbauan bahwa semua pihak di Papua untuk tidak terprofokasi berbagai isu tersebut. 

Menurutnya bahwa himbauan yang lebih ditekankan kepada anggota TPN OPM di markas-markas pertahanan masing-masing untuk tidak mengambil tindakan apa-apa atas issu-issu yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.
“Seluruh angota TPN OPM tidak boleh terprofokasi, sehngga memacing mereka untuk bertindak segera ambil tindakan militer,” tegasnya. Kepada seluruh anggota TPN OPM, menurutnya harus tenang di tempat. “Ikuti proses yang sedang berlangsung di luar negeri saja, yaitu gugatan dari ILWP dari Inggris,” jelasnya. 
Hal itu, menurutnya kecuali di tiga tempat yang masih siaga akibat seringnya kontak senjata dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), maupun dengan Kepolisian Republik Indonesia, yaitu di Tingginambut (Puncak Jaya), Paniai dan Timika. “Untuk mereka di situ sesuaikan dengan keadaan,” lanjutnya.
Menurutnya, pada 1 Desember tersebut, apakah mau kibarkan bendera atau tidak, terserah orang Papua. “Tetapi untuk pihak TNI dan Kepolisian Republik Indonesia, supaya tidak harus ambil tidakan militer. Kalau itu tidak sesuai aturan silahkan tangkap dan proses hukum. Tapi kalau untuk tembak mati di tempat, itu sangat disayangkan. Dan itu bisa membangun indikasi balas dendam,” harapnya.
Sementara itu Kapolda  Papua   Irjen   (Pol)  Drs  BL Tobing kembali menegaskan  akan  menindak  tegas  siapapun  yang mencoba mengusik situasi   dan  keamanan di  Tanah  Papua  khususnya  pada  saat  peringatan  Hari Kemerdekaan Bangsa Papua Barat yang dirayakan setiap 1 Desember mendapat tanggapan  dari    Ketua  Majelis  Rakyat  Papua (MRP) Timothius  Murib dan Pengamat  Sosial Politik Papua dr. John Manangsang  yang   dihubungi  usai Dialog  Interaktif  Papua dan Permasalahannya  yang digelar Aliansi Jurnalisme Independen (AJI) Kota  Jayapura  di Hotel Aston Jayapura,  Kamis (24/11).
Timothius Murib menegaskan, pihaknya  menghimbau   kepada seluruh  rakyat  sipil  agar  peringatan    Hari Kemerdekaan Bangsa   Papua  tanpa  mengibarkan   bendera  Bintang  Kejora.  Tapi  dilakukan dengan  hikmat dan damai.    
Karena itu,kata  dia,  pihaknya   menghimbau agar TNI/Polri  tak  perlu  melakukan kekerasan, penyiksaan bahkan penembakan  yang  menyebabkan   jatuhnya  korban bagi   warga  sipil  seperti   yang   terjadi  di  Kongres  Rakyat  Papua(KRP) III  di Lapangan  Zakeus, Padang  Bulan, Abepura, 19 Oktober  lalu.     
“Apapun yang  terjadi pada 1  Desember  nanti,, TNI/Polri  harus menanganinya secara manusiawi  karena mereka adalah  pengayom  rakyat,”  ujarnya.  
Terkait   1  Desember,  John Manangsang   menandaskan,  aparat   keamanan  TNI/Polri dihimbau  untuk tak   melakukan show  of   force  (pamer kekuatan) seperti  penambahan  personil  dan persenjataan yang   berlebihan.
“Makin itu   terjadi  makin dirasakan  oleh  orang Papua  menjadi  tak makin bebas diatas  negerinya sendiri,” tandasnya.   
Kata  dia,  1  Desember  adalah suatu hari  yang  baik  untuk  kita duduk  berdoa  dan merefleksikan baik  secara kelompok  di  Gereja, Mesjid  atau secara  pribadi  dirumah  masing masing    tanpa perlu ada  perasaan    takut dan dendam. (aj/mdc/don)

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.

VideoBar

This content is not yet available over encrypted connections.