Saturday, November 29, 2014

TNI-POLRI MEMBAKAR KANTOR PUSAT TPNPB-OPM

WEST PAPUA     3:42 AM   No comments

 "Aparat Gabungan Indonesia Telah Melakukan Lima Kali Penyisiran & Bakar Kantor Markas Pusat TPNPB-OPM"

 Lima Kali Penyisiran, Aparat Gabungan Brimob Polda Papua dan Polres Jayapura membakar Markas Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), di Kampung Brab Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura Papua. Penyisiran terjadi ketika TPNPB rencanakan melakukan pelantikan Panglima Komando Daerah Pertahanan dari pimpinan seluruh Papua di Markas Pusat dan pengesahan 24 KODAP Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat.

Rencana Pelantikan panglima seluruh komando daerah di Papua itu terbongkar, karena itu aparat keamanan Polres Jayapura dan Brimob Polda Papua berusaha keras untuk gagalkan. Upaya itu dilakukan aparat selama lima kali penyisiran. Penyisiran pertama pada tanggal 20 Juli 2014, aparat masuk di Pos penjagaan pertama di Markas TPNPB. Polisi tidak sampai ke markas utama, karena anggota TPNPB lepaskan tembakan peringatan. Walau aparat masuk di pos TPNPB, anggota TPNPB tetap bertahan, tidak terpancing. Mereka ikuti perintah bahwa tidak menembak aparat karena tujuan kegiatan belum dilaksanakan waktu itu.

Penyisiran kedua pada tanggal 27 Juli 2014, Aparat gabungan dengan kekuatan personil dalam jumlah yang banyak, dibangding jumlah penyisiran pertama ditambah dengan anggota TNI satu truk. Aparat gabungan berhasil masuk di markas utama, aparat membakar Kantor Markas Pusat TPNPB, bersama lima Pondok dan persiapan tempat kegiatan pelantikan yang telah disiapkan anggota TPNPB. Anggota TPNPB tidak membalas tindakan aparat karena tujuan kegiatan pelantikan panglima belum dilaksanakan. Anggota TPNPB dengan jumlah delegasi ratusan lebih yang telah hadir waktu itu. Semua delegasi tidak bubar, mereka bersembunyi di sekitar markas yang telah dibakar.

Menurut Kepala Staf Umum TPNPB Mayjend Terianus Sato dan Panglima setempat, mereka menghimbau kepada semua anggota TPNPB dan para delegasi agar tetap bertahan tidak melepaskan tembakan pada sasaran aparat Indonesia yang masuk di markas. “Harap kepada anggota TPNPB tetap bertahan, kami belum mau perang, kami sedang membenahi struktur militer  yang formal standar Militer Dunia”, saran Terianus kepada anggota dan delegasi TPNPB.

Panglima setempat dengan harapan yang sama agar anggota tetap bertahan, tidak melepaskan tembakan. Hanya saja lepaskan tembakan peringatan tujuan supaya aparat gabungan Indonesia yang masuk ke area keberadaan mereka untuk mundur.Hal itu dua kali terjadi, aparat hampir masuk ke area keberadaan delegasi, TPNPB melepaskan tembakan peringatan Aparat Indonesia mundur. “sebenarnya kalau kita mau tembak, pasti 10 anggota kita bisa tembak, tetapi kita sabar karena tujuan utama kita belum selesai”, ucap panglima setempat, lanjut dia “kita mau tembak mereka (aparat Indonesia, red) gampang sekali, mereka tidak lihat kami yang sedang ikuti mereka, mereka bisa mati bodok-bodok,” kata dia.

Penyisiran ketiga, keempat dan kelima tejadi pada tanggal 30 Juli 2014, Tanggal 7 Agustus dan 9 Agustus 2014. Para aparat Indonesia terus berupaya untuk gagalkan kegiatan pelantikan panglima daerah, tetapi tidak berhasil. TPNPB walaupun dalam situasi seperti itu, kegiatan tetap dilaksanakan aman pada 7 Agustus 2014 di Markas Pusat (Kodap 1 TABI Jayapura, Papua).  Akhirnya aparat Gabungan Indonesia berhasil menangkap 21 delegasi yang hendak pulang selesai dari kegiatan tersebut. Mereka dibebaskan setelah ditahan selama 3 bulan lebih di Polres Jayapura. Berita Terkait ini sebelumnya yang telah dipublikasih kronologi penyisiran di dua rumah silakan baca disini: OPERASI APARAT KEAMANAN INDONESIA DI BERAB MEMBANGUN TRAUMA BAGI MASYARAT SETEMPAT

Berita ini tidak dipublikasihkan pada waktu kejadian, karena mengingat Kegiatan Pelantikan Panglima Komando Daerah dan Pengesahan 24 Kodap TPNPB belum selesai dan delegasi yang ditangkap belum dibebaskan. Sebab itu selama 3 bulan lebih Komando Nasional Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, tidak publikasihkan dan pada bulan ini dapat dipublikasihkan. Hasil kegiatan Pelantikan Panglima akan dipublikasihkan pada News berikutnya.

Silakan mengikuti photos pembakaran Kantor Markas Pusat TPNPB OPM dibawah ini:
SUMBER:http://www.komnas-tpnpb.net/http://www.komnas-tpnpb.net

,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...