Wednesday, November 19, 2014

Rakyat Papua di Nabire Mendukung Peluncuran ILWP Bagian Kerajaan Belanda.

WEST PAPUA     7:26 AM   No comments




A Live-Stream is currently being provided for the launching of the International Lawyers for West Papua (ILWP) in the Netherlands.
Peluncuran Pengacara Internasional untuk Papua Barat atau peluncuran ILWP bagian kerajaan Belanda yang berlangsung pada 19 Nopember 2014 di Den Hag Belanda, mendapatkan dukungan penuh dari rakyat Papua yang ada di wilayah Meepago terutama di wilayah Nabire. Rakyat papua yang ada di wilayah Nabire di mediasi oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Nabire turun jalan melakukan aksi damai medukung peluncuran ILWP bagian Kerajaan Belanda dan memperingati HUT Ke-V, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) pada 19 Nopember 2014.

Pada pukul 07.00 WPB masa aksi yang dimediasi oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Nabire yang datang menyatakan dukungan untuk peluncuran ILWP bagian Kerajaan Belanda dan memperingati HUT Ke-V, Komite Nasional Papua Barat berkumpul di Kali Bobo dan Pasar Karang.

Tidak lama kemudian pada pukul 08.30 WPB, Tim Gabungan Kepolisisn dan Brimob yang dipimin oleh Kapolres Nabire, H.R. SITUMEANG, SIK, MH datang dengan kekuatan penuh membubarkan masa aksi yang sedang berkumpul di Kali Bobo dan Pasar Karang. Kapolres Nabire langsung memegang dan menodong salah satu masa aksi dengan Pistol miliknya kemudian memukulnya.

Penangkapan yang dilakukan oleh Kepolisian Nabire terhadap aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Nabire dan rakyat Papua dilakukan di dua tempat yakni Penangkapan pertama pada pukul 07.30 di sekitar wilayah Kali Bobo dan penangkapan kedua pada pukul 08.00 WPB di Pasar Karang, Nabire.

Para aktivis dan rakyat Papua yang telah dapat tangkap di Kali bobo yaitu :
1. Agus Tebay (Anggota KNPB Wilayah Nabire)
2. Deserius Goo (Anggota KNPB Wilayah Nabire)
3. Alibia Kadepa (Anggota KNPB Wilayah Nabire)
4. Hans Edoway (Anggota KNPB Wilayah Nabire)
5. Stefanus Edoway (Anggota KNPB Wilayah Nabire)
6. Kristina Yeimo (Anggota KNPB Wilayah Nabire)
7. Elian Tebay (Anggota KNPB Wilayah Nabire)

Para aktivis dan rakyat Papua yang telah dapat tangkap di Pasar Karang, Nabire pada pukul 08.00 WPB yaitu :
1. Yavet Keiya (Ketua Komis Luar Negeri, Parlemen Nasional West Papua)
2. Sadrak Kudiai (Ketua Umum KNPB Wilayah Nabire)
3. Alex Pigay (Sekjend KNPB Wilayah Nabire)
4. Natan Pigome (Anggota KNPB Wilayah Nabire)
Para aktivis dan rakyat Papua yang telah ditangkap oleh Kapolres Nabire bersama Tim gabungan Polisi, Brimob dan BIN masih ditahan oleh Polres Nabire. Dengan demikian mohon dukungan dari semua pihak untuk mendesak pihak kepolisian di Nabire.

Dukungan Rakyat Tetap untuk Peluncuran ILWP Bagian Belanda.
Rakyat Papua bersama media nasional bangsa west Papua, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Nabire tidak diam meskipun teman-temanya telah ditangkap oleh Kepolisisn Resort Nabire. Masa aksi berkumpul kembali kesekretariat KNPB Wilayah Nabire untuk ibadah bersama sebagai dukungan peluncuran ILWP dan doa bersama merenungkan kerja-kerja Komite Nasional Papua Barat pada usia yang ke enam.

Dalam sambutannya, Romario E. Yatipai sebagai Wakil Ketua Parlemen Nasional West Papua yang hadir bersama rakyat Papua di wilayah Nabire mengatakan bahwa “ Dunia sedang memandang dan mendukung penuh perjuangan bangsa Papua untuk Menentukan Nasib Sendiri maka kekuatan rakyat Papua dalam perjuangan adalah hal yang mutlak dibangun di seluruh wilayah west Papua”.

Romario E. Yatipai juga dapat menjelaskan dihadapan massa bahwa “International Lawyers for West Papua merupakan jaringan hukum profesional yang mengakui bahwa masyarakat adat Papua Barat memiliki hak mendasar untuk Menentukan Nasib Sendiri, di bawah hukum Internasional sehingga para pengacara yang telah berhimpun di dalam ILWP memiliki komitmen untuk memperjuangkan hak dasar rakyat Papua Barat, agar west Papua menjadi sebuah Negara yang Merdeka dan Berdaulat”.
Dilaporkan oleh: Romario E. Yatipai
Wakil Ketua Parlemen Wilayah Bomberai

, , , ,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...