Monday, October 13, 2014

AMP Yogjakarta Gelar Demo Desak Dua Wartawan Perancis Dibebaskan

Mypapua     4:45 PM   No comments



YOGYAKARTA, SUARAPAPUA.com --- Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Wilayah Jawa Tengah, Senin (13/10/2014) siang tadi, menggelar aksi demo damai di titik 0 kilometer, Yogyakarta, minta dua wartawan asal Perancis, Thomas Dandois dan Valentine Bourrat, yang ditahan di Jayapura, Papua, untuk dibebaskan.
Otis Tabuni, Koordinator aksi menjelaskan, penahanan dua wartawan asal Perancis di Papua, menunjukan bahwa wilayah Papua masih tertutup bagi pengamatan dunia internasional

“Kami (AMP) demo untuk mendesak kepada Pemerintah Indonesia, Pemerintah Papua, Kantor Imigrasi Papua, Polda Papua serta pihak-pihak yang terkait untuk segera membebaskan kedua wartawan asal Prancis," kata Otiz Tabuni, kepada suarapapua.com, usai aksi.

Selain itu, lanjut Tabuni, AMP juga mendesak pemerintah Indonesia untuk segara mengembalikan alat-alat liputan kedua jurnalis yang ditahan usai ditahan di Wamena, 6 Agustus 2014 lalu.

"Segera buka ruang demorasi di tanah Papua, dan ijinkan wartawan asing untuk bisa meliput di tanah Papua," tegasnya.

Tabuni menjelaskan, aksi nasional yang digelar AMP di Jogja dilakukan juga di Surabaya, Bandung, dan berbagai kota di tanah Papua yang difasilitasi oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB). 

Pantauan media ini, ratusan aparat keamanan yang terdiri dari Polisi/TNI melakukan pengawalan secara ketat, tepat di depan Asrama Mahasiswa Papua, Kamasan I, hingga tempat aksi di titik kilometer O. 

Sementara itu, di Jayapura, dikabarkan aparat Kepolisian menangkap 17 massa aksi, dan kini sedang diinterogasi di Polresta Jayapura. (Baca: Polisi Bubarkan Aksi KNPB di Jayapura, 17 Orang Ditangkap). Baca juga: Ini Nama 17 Orang Yang Ditangkap di Jayapura Saat Demo Tuntut Bebaskan Jurnalis Perancis

Sedangkan di Kabupaten Merauke, Papua, aparat kepolisian menangkap 29 orang anggota KNPB sejak pagi hari, dan digiring ke Aula Polres Merauke. (Baca: Aksi Tuntut Bebaskan Dua Jurnalis Perancis, Polisi Tangkap 29 Anggota KNPB di Merauke).


Editor: Oktovianus Pogau

MARSELINO TEKEGE/SUARAPAPUA.COM

, , ,

Mypapua


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Translate

Followers

NEWS