Thursday, October 10, 2013

Mahasiswa Paniai Wilayah Jawa-Bali Menolak Sikap Ketua FKM-KP, Terkait Calon KPU Paniai

WEST PAPUA     8:17 PM  


Hasil keputusan rapat pleno Tim Seleksi KPU Kabupaten Paniai, Jumat 27 September 2013, menetapkan 10 nama Calon Anggota KPU Kabupaten Paniai periode 2013-2018: 1. Fransiskus Xaverius Magai, 2. Yesaya Gobay, 3. Markus You, 4. Penggafer Fransiskus Zonggonau, 5. Fredrik Mote, 6. Leo Keiya, 7. Yosafat Yogi, 8. Fransiska Kadepa, 9. Pilipus Tenouye, 10. Ham Nawipa. (Fb: Markus. Y)
PANIAI--- Atas pemberitaan pernyataan sikap dari ketua forum mahasiswa asal Paniai (FKM-KP) di Jayapura terkait isu sengketa “pemilihan penetapan calon anggota KPU Paniai” di Jayapura (10- Oktober 2013) secara tegas kami mahasiswa-mahasiswi wilayah Indonesia Barat menolak pernyataan sikapnya. 

Ini pernyataan ketua FKM-KP kota study Jayapura, http://majalahselangkah.com" Kami mewakili seluruh mahasiswa-mahasiswi asal Kabupaten Paniai di seluruh Indonesia mengatakan dengan tegas kita mesti dukung kinerja dari tim seleksi tersebut yang telah menghasilkan sampai sepuluh besar ini, sehingga tidak ada oknum-oknum tertentu yang saling gugat-menggugat dan saling menjatuhkan sesama yang telah sampai pada puncak ini. Kami menolak keras, karena dalam pemberitaan ada kalimat berlebihan yakni mewakili mahasiswa-mahasiswi asal Paniai di Indonesia.

Pernyataan dia ini hak menguasai/monopoli wilayah orang lainnya. Wajarlah beliau mengatakan mewakili wilayah kota studi Jayapura karena dibawah pengawasannya. Ingat bahwa kota studimu yang saudara pimpin dengan kota studi kami berbeda dalam hal penerapan politik maupun menjaga wadah komunitasnya.

Kami mengetahui benar bahwa apa peran mahasiswa dalam pembangunan dari segi sosial budaya, ekonomi dan politik tetapi kali ini kami kritik benar-benar karena kami tidak memiliki forum mahasiswa asal Paniai se Indonesia. Untuk apa kami menolak proses pemilihan anggota KPU yang telah berlangsung katanya sudah masuk di putaran sepuluh besar ini. 

Tidak ada untung dan rugi bagi kami. Sepertinya pemilihan ini adalah pesta demokrasi resmi yang diatur dan diagendakan oleh negara melalui lembaga komisi pemilihan umum (KPU), maka tidak ada yang diganggu gugatnya. Kami tidak pernah mendorong cepat atau lambat proses pemilihan itu selesai. 

Masalah isu pengajuan gugatan merupakan masalah individu antara para peserta calon anggota KPU dengan panitia seleksi Kabupaten Paniai. Kami kira biarkan mereka sendiri yang ngurus persoalan tesebut sampai tuntasnya. Lain hal adalah, kami mahasiswa Paniai se-Jawa-Bali tidak pernah belajar politik praktis. Apa lagi membawahkan nama ikatan hanya kepentingan sesaat saja. 

Kami dituntut untuk berpolitik secara independent karena semua calon tunggal adalah putra terbaik dari Paniai. Itupulah kondisi sosial yang paling terkesannya. Ex : beberapa waktu lalu pada saat proses pemilihan pilkada Paniai sampai perkara di meja Makamah Konstitusi (MK) pun kami di posisi independent. 

Padahal perkara berlangsung kurang lebih 6 bulan ada di Jakarta. Komitmen kami adalah biarkan proses itu diselesaikan oleh pihak bersangkutannya. Beberapa tanggapan dari mahasiswa asal Paniai bahwa kami lebih bersyukur ada isu yang baik ini, semoga pihak berwajib mengajukan gugatannya sampai boikot pemilhan presiden nanti. 

Tanggapan lain, biarkan yang punya masalah selesaikan secara personalnya. Ingin mau gugat atau tidak hak merekalah. Apa salahnya mereka punya bukti kuat untuk menggugat. Ini adalah pertanyaan yang kita memahaminya. Tanggapa lain, bilaperlu kita soroti masalah–masalah sosial, lingkungan, pertambangan yang ada di Paniai dari pada kita mendorong kepentingan orang–orang tertentu. 

Semoga kita tidak diarahkan politik yang tumpul itu. Sekali lagi, berhenti mengemukakan dan mengatasnamakan mahasiswa asal Paniai di Indonesia. Benar – benar kota study lain kesal dengan sikap politik praktik ini dan komunitas/forum kami tidak pernah menjual semurah -murah seperti itu.(Un/M.G)

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...