Tuesday, June 11, 2013

FOTO'S DAN KRONOLOGIS AKSI DEMO KNPB 10 JUNI 2013 JAYAPURA PAPUA

WEST PAPUA     7:13 AM  


Parlemen Nasional West Papua (PNWP), menugaskan kepada Komite Nasional Papua Barat [KNPB], untuk mediasi seluruh rakyat Papua, baik diluar maupun yang ada diatas tanah Papua, agar segera mobilisasi massa rakyat Papua untuk mendukung dalam rangka pendaftaran kembali Papua Barat sebagai Anggota Penuh di wilayah Pasifik Selatan terutama dalam forum (MSG), di Kota Noumea, Kaledonia Baru pada tanggal 18 Juni 2013. Untuk itu, di Wilayah Papua Barat akan dilaksanakan Aksi Damai dalam bentuk Ibadah di Gereja atau Mimbar Bebas di Lapangan Terbuka atau dalam bentuk lain yang tidak melanggar HAM dan bertentangan dengan Visi Papua Merdeka di seluruh tanah Papua .

Komite Nasional Papua Barat (KNPB ), sebagai Media Nasional selama ini memediasi rakyat Papua Barat, untuk menetukan Nasib sendiri sesuai dengan mekanisme hukum Internasional , terus melakukan kampannye Papua Merdeka di seluruh Tanah Papua sorong sampai Merauke, maka sesuai dengan visi & Misi tersebut KNPB, merencanakan  aksi demo damai untuk mendukung  Konfrensi MSG dan medaftaran kembali wilayah  Papua Barat, sebagai Anggota Penuh di wilayah Pasifik Selatan terutama dalam forum (MSG), sehingga KNPB mengadakan rapat di sekertariat umum KNPB pusat  pada tanggal 4 juni lalu, menyepakati untuk melakukan aksi demo damai dalam Negeri untuk mendukung Kegiatan MSG tersebut.  Akhirnaya  KNPB pusat melajangkan surat Pemeberitahuan ke Polda Papua  namun pihak Polda menolak surat pemberitahuan tersebut, maka Badan Pengurus Pusat KNPB mendatangi di Kantor Polda tatap muka dengan Intelkam pada hari sabtu tanggal 9 juni 2013 kemarin, dalam pertemuan  KNPB dengan Polda  pihak polda melarang atau menolak untuk demo, sedangkan pihak KNPB  bersi keras untuk tetap turun aksi demo damai, sesui degan undang –undang No 9 tahun 1998 tentang menyampaikan pendapat di muka umum, akhirnya terjadi  tawar- menawar dengan pihak Polda dan KNPB, sehingga hasil akhir pertemuan tersebut menyepakati bahwa, demo tetap dilakukan tetapi degan catatan tidak boleh bawa alat tajam, tidak membawa bendera bintang Kejora dan tidak Mabuk namun pihak polda melangkar kesepakatan tersebut dan membubarkan masa Aksi.

Berdasarkan kesepakatan tersebut hari ini tanggal 10 Juni 2013  KNPB mulai melakukan persiapan sejak pukul 6.00 WPB di setiap titik aksi atau Titik Kumpul seperti Sentani Mata jalan Pos 7 Expo Waena Depan Museum Seni Budaya, Perumnas III Waena, Depan Kantor Pos Abe, taman Imbi, dan halte yapis. Namun pihak aparat gabungan TNI POLRI bersama Brimob Melakukan Razia di harapan, Expo,Kuburan waena,PTC Entrop Tanah Hitam, & yapis, akhirnya rakyap banyak yang mau ikut berkabung dalam Aksi Demo damai terpaksa Tinggal masing-masing tempat sebagian rakyat yang berani ikut berkabung dalam aksi hari ini.

Pada Pukul 09.00 WPB secara serentak setiap titik berggerak turun degan masa aksi langsung berhadapan dengan Aparat kepolisian siaga satu di setiap titik kumpul masing-masing.  Tetapi msa aksi tetap melakukan orasi-orasi politik dan pandangan masing terhadap Konferensi forum negara-negara Pasifik terutama di negara Melanesia Spearhead Group (MSG), yang akan pada tanggal 18 juni mendatang, Namun pada pukul 11.00 WPB aparat gabungan dari Polda Papua, Dari Kapolres Kapubaten jayapura dan Kapolresta Kota jayapura, bersama Brimob, Membubarkan  paksa masa aksi demo damai dengan alasan tidak memiliki ijin. Dalam pembubaran  paksa tersebut  Ada 3 Anggota KNPB yang dapat tangkap di sentani dipimpin Langsung kapolres kabupaten Jajapura AKBP Roikae, penankapan 3 anggota tempatnya di sekertariat KNPB wilayah Sentani Pukul 11.20 , Pembubaran Masa aksi dilanjutkan di Perumnas III Waena dan Expo pada  dan tempat lainya Pukul 11 30 -11-50 di stiap titik kumpul masing-masing. Pihak kepolisia juga telah menyita alat-alat atau saund Sistem 2 Spiker 1 ampli 2 buah Maik, 1 Kenset satu Mobil Komando milik KNPB pusat oleh anggota Kapolresta kota jayapura. Sedangkan anggota yang ditangkap pada pukul 5 sore dikeluarkan setelah diterogasi oleh polisi di polres sentani.

Pantauan kami Di Setiap Sudut kota  dan titik kumpul msa aksi aparat gabugan  TNI/POLRI & Brimob siaga satu dengan peralatan lengkap seperti di medan perang, dengan jaumlah personil beragam di setiap Titik dari pantauan  kami jumalh personil disiagakan setiap titik skitar 700 sampi degan 100 an personil disiagakan, dari masing –masing kesatuan seperti Brimob, Polisi dari polres maupun dari polda dan juga Intel serta ada anggota TNI juga ikut siaga satu. Ada beberapal alat alat perlengkapan perang seperti Persentan lengkap, banser Mobil tahanan dalmas serta anjing pelacak dan juga motor-motor, disiagakan setiap sudut kota dan tempat rakyat yang melakukan aksi damai tersebut.

Pada pukul 13.00 WPB ada beberapa perwakilan masa aksi yang dipimpin Oleh kordinator lapagan Warpo S.Wetipo Mengunakan 9 mobil dan 8 motor mendatagi kantor DPRP untuk menyapaikan aspirasinya, setelah masa sekitar 100-150an tersebut membentangkan spanduk lalu melakukan orasi namun Pihak Kepolisian dari Kapolresta yang dipimpin oleh ABP Albert Papare Membatasi juga degan alasan yang bikin ribut disini dan kalian tidak memiliki ijin, dan mereka mau membubarkan namun atas negosiasi dari pihak polisi dan kordinator aksi akhirnya kasi waktu 20 menit untuk orasi dan membacakan Stekmen Politik yang dipersiapkan oleh KNPB  segaligus  Medeklarasikan papua bagian dari Orang melenesia, secara resmi mendeklarasikan bahwa, Rakyat Pribumi Papua Barat Secara resmi Mendeklarasikan bahwa< Seluruh orang asli Papua Barat adalah Bagian yang Sah dari keluarga besar Negara-negara Melanesia.
 akhirnya pada Pukul 14.30 Kordinator aksi Warpo Wetipo dan Martinus Yohame Ketua KNPB Sorong membacakan stekmen dan menyerakan kepada DPRP lalu pada pukul 13.00 WPB masa membubarkan diri kumpul disekertariat Umum KNPB Untuk Evaluasi sekaligus mendegarkan arahan dari Ketua Parlemen Nasional Bucthar Tabuni  dan Ketua 1   KNPB Agus Kosay.
Laporan singkat yang kami terimah bahwa KNPB wilayah Sorong melakukan aksi Yang sama Namun Dibubarkan paksa oleh polres sorong Kota, sedangkan KNPB wilayah Yahukimo Wilayah Merauke Wilayah Manokwari Berjalan lancar tapi kornologis dan Foto –foto akan menyusul kemudian karena smentara kami belum dapat.

 Demikian Kornologis singkat Aksi Demo Damai Komite Nasional Papua Barat KNPB di West Papua Pada tanggal 10 Juni 2013

By,Ones Suhuniap

Sekum KNPB Pusat Wes Papua































, ,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...