Monday, July 9, 2012

PAUD, Membentuk Karakter Generasi Muda Papua

WEST PAPUA     11:03 PM   No comments


Oleh : Alexander Gobai
ALEXANDER GOBAY
(FOTO: SISTIMEWA/FACEBOOK)
Sumber daya manusia (SDM) merupakan hal yang penting dalam membangun sebuah bangsa. Berbicara tentang pembangunan adalah juga berbicara tentang sejauhmana kesiapan SDM yang berkualitas untuk membangun. Tanpa SDM yang cukup, kita tidak dapat membangun bangsa secara kuantitas dalam pembangunan fisik maupun kualitas hidup masyarakatnya.

Dengan demikian, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk generasi muda yang sedang berkembang. Mengapa demikian? Karena dengan adanya PAUD, tentunya akan tercipta sebuah kreativitas yang mantap pada Anak-anak, dimana yang nantinya akan membangun bangsa ini. Maka dengan hal itu, perluh adanya dukungan dari pihak orang tua serta keluarga yang terdekat kepada anak sehingga anak-anak merasa yakin dan percaya demi menyelesaikan pendidikannya.

PAUD singkatnya dari Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan untuk usia 0 sampai 6 Tahun. Hal ini sesuai dengan Undang-undang (UU) sistem pendidikan Nasional (Sisdiknes) No.20 Tahun 2003 yang menyebut pendidikan untuk anaik usia dini 0 sampai 6 tahun. Dengan nama Pendidikan Usia Dini PAUD Undang-Undang (UU) No.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional bab 1, pasal 1 butir 14 mengatakan “Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”.

Dengan adanya UU yang mengatur tentang pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),maka adanya penegasan khusus kepada orang tua agar sungguh-sungguh mendukung kepada anak-anak generasi muda papua yang sedang berkembang di bangku Study atau pendidikan yang sedang berlangsung. Apabila,adanya dukungan dari pihak orang tua dan keluarga yang terdekat maka dengan sendiri akan tercipta sumber daya manusia yang mampu memunyai intelektual mantap dan juga memuyai kreativitas yang tersendiri dalam hidupnya.

Oleh karena itu, sumber daya manusia sangat penting demi membangun bangsa. Usia Dini harus didasarkan dengan banyak pelatihan dan bila perluh memberikan nasihat-nasihat yang bisa membangkitkan intelektualnya mereka. Usia Dni merupakan masa peka untuk menerima stimulasi dan sangat menentukan bagi perkembangan selanjutnya. Usia 0 sampai 6 Tahun perluh memberikan pengaruh yang baik kepada anak-anak usia dini sehingga dengan sendiri akan memunculkan sebuah ketrampilan dalam hidupnya mereka.

Dengan demikian, PAUD sangat penting untuk membangun karakter generasi muda papua. Hal ini perluh dipatut dan menyakinkan bahwa dengan adanya PAUD itu sangat berguna dan bermanfaat bagi anak usia dini. Oleh karena itu, kewajiban orang tua harus terus memberikan dukungan penuh kepada anak usia dini sehingga anak-anak juga memunyai semangat internal dan eksternal akan pendidikan yang dijalani dalam bangku pendidikan ini.

Penulis : (Tamatan 2012 dari SMA Adhi Luhur Nabire-Papua)

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...