Friday, June 15, 2012

Selamat Jalan Kamrade Mako Tabuni!

WEST PAPUA     9:34 AM   No comments


JAYAPURA (UMAGI) ---Dengan dikabarkannya kematian Mako Tabuni, Ketua I Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Kamis, (14/6) Kemarin, semua aktivis Papua dan masyarakat Papua yang berdomisi di Papua dan luar pulau Papua, serta luar negeri merasa kehilangan seorang pahlawan revolusi Tanah Papua.


Hal ini terbukti dengan adanya berbagai ucapan duka yang disampaikan melalui jejaring social (red, facebook dan twitter) dan melalui short message, serta ungkapan kesedihan dari masyarakat Papua.

Beberapa ucapan duka ini menjadi sebuah kesedihan mendalam di tanah Papua, khusus bagi Orang Asli Papua (OAP) yang mempunyai tanah leluhur. 


Airileke, salah satu warga Papua menyampaikan, “RIP Mako Tabuni, May it not be in fine. The time has come to rise up people of West Papua, and melanesian wordwide,” tulisnya di Facebook.


Untuk kalangan aktivis Papua yang ada di Tanah Papua, semuanya mengucapkan selamat jalan kepada Tuan Mako Tabuni dan semoga diterima disisi Tuhan atas perjuangannya bagi kebebasan Tanah Papua.

Selain itu ungkapan duka juga datang dari kalangan Aktifis di luar pulau Papua, baik di Jawa maupun luar negeri. 

“Selamat jalan Sang Revolusioner, semangatmu akan tetap bersama kami dan kami akan terus berjuang demi kemerdekaan West Papua,” kata Roy Karoba, Ketua Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) di Jogja. 

Serafin Diaz, teman seperjuangan Mako Tabuni yang kini berada di Timor Leste juga mengungkapkan kesedihan melalui Facebook.

“MAKO TABUNI seorang sahabat sejati dalam perjuangan ini. Kini engkau telah pergi jauh dariku karena kebiadaban penjajah NKRI. Kesetiaanmu dalam perjuangan ini tidak pernah aku ragukan lagi. Engkau adalah sahabat sejatiku. Sangat jelas dalam memoriku ini, dimana pernah para penjajah menangkap kita berdua di pelabuhan Jayapura. Engkau begitu tenang dan memberi kekuatan untukku saat itu, karena aku begitu panik atas penangkapan itu. Engkau begitu setia menemaniku sampai kita hidup dalam penjara penjajah itu. Kini kamu telah pergi untuk selamanya. Doaku selalu menyertaimu kini engkau telah bersama Allah Bapa di surga bersama malaikat-malaikat surgawi. Aku tidak akan pernah melupakan persahabatn sejati kita karena kamu merupakan inspirator dalam hidupku dalam perjuangan ini. Hormatku untuk sahabat sejatiku MAKO TABUNI,” ungkap Diaz melalui account Facebook. 


Sementara itu, ungkapan duka melalui SMS mengatakan, “You a lot on this info. Turut berduka cita bersama HERO straight. MAKO mat pergi kepada Yang Maha Kuasa,” ucap Pigos.

Ungkapan lain juga masih disampaikan Pigos, “Sejenak kepalaku tertunduk untukmu Mako Tabuni. Wajahmu tak akAn trlupakan comandanku, lantang orasi politik membakar jiwa raga, meneriakan suara kau tak brsuara masih mengiang dikuping ini. Hari ini ribuan tulang belulang tangisi kepergianmu ditangan kaum kolonial. Hari ini rakyat papua kehilangan putra bangsa papua yang lantang dan gagah berdiri didepan ribuan rakyat menuntut haknya. Hny kata lwn yg msh trgiang di otak, sampaikan kepada Yang Maha Kuasa jika umatNya msh tertindas dan trjajah bangsa asing. Selamat pergi Komandan Mako Tabuni,” tambah pigos dalam SMSnya yang di kirim suarapapua.com, Kamis (14/6) malam.

Ungkapan duka dan sedih juga datang dari kalangan masyarakat yang mendengar kabar kematian Ketua I KNPB Mako Tabuni kemarin pagi. 

Terkejut dan kaget itulah ungkapan kalimat yang disampaikan oleh salah seorang mama Papua, Kristin ketika berbincang-bincang dengan media ini. 

Beliau hanya mampu mengatakan kalimat “Tuhan dimana keadilan itu bagi kami orang yang punya tanah ini. Tuhan kasih tanah yang subur tapi kenapa orang lain yang datang rampas,” ungkapnya dengan nada sedih. 

Hanya ada kalimat penyesalan yang disampaikan olehnya terkait tertembaknya Ketu I KNPB Mako Tabuni kamis pagi di Waena Perumnas III.  

Mako Tabuni ditembak oleh aparat kepolisan berbaju preman sekitar pukul 10.00 WPB, kemarin, di Putaran Taksi Waena Perumas III, saat sedang makan pinang bersama kedua rekannya. 

Saat ini jenasah Mako Tabuni sedang disemayamkan di Rumah Duka Pos 7 Sentani, Jayapura, Papua, dan direncanakan akan dimakamkan Sabtu pagi.(JUSTINA HOMERS)

SUMBER: SUARAPAPUA.COM

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...