Wednesday, June 13, 2012

Polisi Menembak Aktivis KNPB Mako Tabuni Tewas Tertembak

Mypapua     9:05 PM   No comments


JAYAPURA(UMAGI)—Aksi  aparat Militer (Tni-Polri) Menembak Aktivis Sekertaris Jendral (Sekjen) Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Marko Tabuni,  dan Dua orang  Pemuda Papua  teman lainya Ikut menembak identitas belum ketahui. Pelaku Penembak oleh oknum aparat Militer (Polisi) Indonesia. Di perumnas III Waena Jayapura  pada kamis (14/06/2012) Pukul 10;00 Wip siang ini. Jenazah korban masih berada di Rumah Sakit Polri Bhayangkara, Jayapura, untuk otopsi.


Mako Tabuni tewas tertembak saat berada di kawasan Perumnas Waena. Pagi ini kawasan perumnas itu memanas setelah sejumlah warga mengamuk. Belum diketahui pasti penyebab warga mengamuk.

Sejumlah rumah toko (ruko), kendaraan roda dua dan empat dibakar massa. Kepala Humas Polda Papua Ajun Komisaris Besar Polisi Johannis Nugroho membenarkan adanya kerusuhan tersebut. Ia belum bisa memastikan penyebab. Satuan Brimob sudah dikerahkan ke kawasan itu.

Menurut sejumlah saksi, setelah membakar ruko dan kendaraan mereka melarikan diri ke gunung. Polisi tengah mengejar para pelaku yang lari ke arah belakang Kampus Universitas Cenderawasih, Waena. Warga panik dan lari menyelamatkan diri. 

Diduga, kerusuhan ini masih terkait dengan serangkaian kekerasan di Jayapura, Papua, dalam beberapa pekan terakhir.  Ketua Komte Buchtar Tabuni ditangkap Kepolisian Daerah Papua.

Buchtar ditangkap di Lingkaran Abepura dan kemudian di giring ke Markas Polda Papua Jalan Samratulangi, dengan pengawalan ketat anggota Reskrim dan Brimob Polda Papua. Wakapolda Papua Brigadir Jenderal Pol Paulus Waterpauw mengatakan, penangkapan Buchtar Tabuni karena ditengarai sebagai dalang berbagai kekerasan di Papua.

Aparat kepolisian menutup akses jalan menuju Jayapura dan Abepura di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Penutupan guna menghindari jumlah massa yang lebih besar dalam bentrokan yang terjadi di Abepura hari ini.

Sebanyak 100 personel TNI dari Batalyon 751/BS juga diturunkan ke lokasi untuk membantu petugas kepolisian yang berada di lokasi bentrok. kondisi Jayapura Papua dalam darurat sampai sat ini (andy U)

Mohon advokasi

sumber: sms, facebook, metrotvnews.com

Mypapua


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Translate

Followers

NEWS