Friday, June 8, 2012

Korban Penangkapan pada Pasca Pembubaran Paksa Demonstra KNPB di Jayapura Papua

Mypapua     3:00 PM   No comments


Kronologis:

Jayapura 04-Juni 2012. KNPB melakukan Demonstrasi dalam rangga menyikapi beberapa rentetan pemebakan terdahap 5 warga sipil di Paniai, 1 anggota KNPB di Jayapura dan 1 orang warga asing asal Jerman di Pantai Base G pada 29 Juni 2012.
KNPB mobilisasi umum pada 3 Juni 2012 kepada seluruh rakyat Papua di seluruh Papua, keesokan harinya Senin 4 Juni 2012. Setelah mengumpul masa di titik sentral jam 11 dari Entani menuju ke Abepura para demonstran menggunakan 12 Truk roda 4, 1 mobill komando dan sejumlah sepeda motor roda 2. Demonstran sampai di pertengahan jalan di Telaga Maya diblokade oleh Aparat Kemanan Polda Papua dengan menggunakan 2 tenk-tenk dan 1 mobil gas air mata dan 4 truk Dalmas milik Polisi Polda Papua. Setelah diblokade pada pukul 01: 00 wp, Polisi mengumumkan melalui penggerak suara agar demonstran membubarkan diri, maka para demonstran KNPB memilih untuk kembali pulang ke Sentani, karena akibat tindakan aparat Polisi Polda Papua.
Demonstran sampai di kampung Harapan pada pukul 3:00 wp, Polisi suru semua demonstran KNPB berhenti, sehingga para Demonstran KNPB tidak menerima serius dengan tindakan aparat ini, maka para demonstran melakukan pelemparan. Polisi melakukan pengejaran, pengkapan, pemukulan, dan penembakan terhadap Demonstran KNPB. Mengakibatkan 2 orang tertembak mati atas nama: Yesa Mirin dan Fanuel Taplo beberapa lainnya luka-luka dan 45 orang ditangkap dan dibawah ke Kapolsek Sentani.
KNPB Sentani ini hari 7/6. Interviev 5 korban penangkapan pada tanggal 4 Juni 2012 .Masing-masing keterangan berikut dibawah ini:
  1. Nama          : Ericson Suhuniap
Umur          : 24 thn
JK               : Laki-laki
Pekerjaan     : Aktivis KNPB Sentani
Suku Bangsa : Yali Papua
Penganijayaan dan penyiksaan pada Korban Ericson Suhuniap: Sepuluh kali pukulan pada kepala,1 luka bakar pada lengan kanan, 4 kali tamparan pada testa dan telinga, Dua kali pukulan di pipi kiri dan kanan mengeluarkan dara, Ditikam pada paha kanan oleh polisi dengan menggunakan pisau Sanggur dan Kumis dipotong dengan sanggur.
  1. Nama          : Enos Yoal
Umur          : 23 thn
JK               : Laki-laki
Pekerjaan          : Aktivis KNPB Sentani
Suku Bangsa      : Yali Papua
Penganiayaan dan penjiksaan pada tubuh korban Enos Yoal. Limah kali pukulan pada leher kiri dan kanan lehernya di cekik, empat kali pukulan pada mulut dan mengeluarkan darah, empat kali pukulan pada mata kiri dan lima kali injakan pada belakang depan tubuh korban.
  1. Nama          : Efesus Payage
Umur          : 30  thn
JK               : Laki-laki
Pekerjaan     : Swasta
Suku Bangsa : Ngalik, Papua

Penganiayaan dan penyiksaan pada tubuh korban satu luka cobek pada kepala terdapat sepuluuh jahitan, dua kali pukulan pada lengsn korban, dan tiga kali di injak oleh tiga orang Polisi pada tubuh korban.
  1. Nama           : Yobet Bahabol
Umur          : 31  thn
JK               : Laki-laki
Pekerjaan     : Mahasiswa
Suku Bangsa : Yali Papua
Penganiayaan dan penyiksaan pada tubuh korban, satu tembahkan pada kepala terdapat sepuluh jahitan, tiga kali injakan pada rusuk kiri, dua kali injakan pada dagu kiri, satu kali tusukan pada betis kiri-kanan, lengan kanan, kepala kanan dan tusukan pada siku kiri dengan menggunakan senjata. Enpat kali pukulan pada perut dan lima kali pukulan pada kepala.
  1. Nama          : Jursen Suhuniap
Umur          : 27  thn
JK               : Laki-laki
Pekerjaan     : Mahasiswa
Suku Bangsa : Yali Papua
Penganiayaan dan penyiksaan pada tubuh korban. Satu kali pukulan pada kepala terdapat sepuluh jahitan, enam kali injakan pada pinggang dan tiga kali injakan pada betis kiri.
  1. Nama          : Jekson Wenda
Umur          : 22 tahun
Jk                : Laki-Laki
Pekerjaan : Aktivist KNPB Sentani
Suku Bangsa : Lanni, Papua
Penganiayaan dan penjiksaan pada tubuh korban. Tertembak pada punggung belakang, testa luka-luka, alis mata peca, lengan Kanan terkena pisau sanggur, rusuk kiri ditendang sebanyak empat kali, satu luka sobek pada kepala mengeluarkan darah.
Barang-barang yang disita milik korban:
  1. Erison Suhuniap
-         1 Camera Digital
-         Uang Tunai sebesar Rp: 2.500.000;
-         1 buah Laptop  merek Axiooo warna merah
-         1 buah Chatrider
-         1 buah HP Nokia N70
-         1 Buah cas HP, 1 Buah Cas Laptop dan 1 buah Topi
  1. Enos Yoal
-         Uang tunai sebesar Rp. 80,000,-
-         1 buah topi kuning
-         1 buah kaca mata riben
  1. Yobet Bahabol
-         1 buah noken
-         1 buah baju
  1. Jakson Wenda
-         1 bauh Jam tangan
-         SIM STENKA Motor
-         1 buah sandal yepit
-         1 buah HP Sonny Ericsson
  1. Barang Milik Aset KNPB Sentani
-         1 buah genser
-         Dua buah thoa
-         Dua speaker akitf
-         1 ampli
-         1 maix
-         Sejumlah bendera KNPB
Kemudian barang-barang yang sudah di sita yang telah tersebut di atas sampai berita ini di turunkan belum di kembalikan oleh pihak Polsek Sentani maupun Kapolda Papua kepada pemiliknya.
Tempat penagkapan : Di harapan, Hawai, Pasar lama, Yahim Pasar Baru dan Pos VII,
Tempat penahanan : Polsek Sentani  Kota
Masa penahanan : 2 hari 1 malam atau 29 jam
Jumlah yang di tangkap : 45 orang
Jumlah yang di bebaskan : 43 orang
Jumlah yang ditahan : 2 orang
Di tangkap : 04 Juni 2012, 15 :00 WP
Di bebaskan : 5 Juni 2012, 19 :00 WP
Demikian Laporan.

Mypapua


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Translate

Followers

NEWS