Tuesday, May 15, 2012

LPMA SWAMEMO Dibentuk Untuk Selamatkan Manusia dan Alam Degeuwo

WEST PAPUA     11:04 PM   No comments

NABIRE (UMAGI)-- Lembaga Pengembangan Masyarakat Adat Suku Wolani Mee dan Moni (LPMA SWAMEMO) telah dibentuk, dan akan bekerja untuk menyelamatkan manusia dan alam, serta hak-hak masyarakat adat di sepanjang sungai Degeuwo.

Hal ini dikatakan Ketua LPMA SWAMEMO, Thobias Bagubau saat melakukan jumpa pers di Café Prima Garden, Abepura, Jayapura, Papua, Selasa (15/5) siang tadi.
Thobias menjelaskan, pada tanggal 19 April lalu Aliansi Intelektual Suku Wolani, Mee, dan Moni (AISWMM), masyarakat adat bersamat tim terpadu telah melaksanakan suatu musyawarah besar di Wisma Green, Kotaraja dalam, dan hasilnya sepakat untuk membentuk LPMA SWAMEMO.


Lanjut Bagubau, LPMA SWAMEMO telah di deklarasikan pada tanggal 26 April di Gedung Olahraga (GOR) Kotalama, Nabire dan disaksikan oleh muspida seperti Bupati, Ketua DPRD dari tiga Kabupaten yakni Nabire, Paniai, dan Intan Jaya, serta seluruh lapisan masyarakat dari tiga suku yang berdomisili di sepanjang sungai Degeuwo.

Tujuan lembaga ini menurut Thobias, adalah untuk menyuarakan hak-hak masyarakat adat untuk sekarang dan dikemudian hari.

“Lembaga ini dibentuk untuk menjawab berbagai persoalan yang selama ini terjadi di sepanjang Sungai Degeuwo, lembaga ini juga berbicara untuk menyelamatkan kerusakan lingkungan atau, menyelesaikan pelanggaran hak asasi manusia, dan bagi hasil pertambangan,” tutur Thobias.

Degeuwo merupakan sebuah tempat penambangan liar yang terletak di Distrik Bogobaida, Kabupaten Paniai, Papua. Di tempat ini terjadi berbagai pelanggaran HAM, eksploitasi kekayaan alam, serta kerusakan lingkungan.  (ARNOLD BELAU)


SUMBER: SUARA PAPUA

,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...