Thursday, April 26, 2012

Indonesia Harus Bertanggung Jawab Atas Pelanggaran HAM di Papua

WEST PAPUA     10:20 PM   No comments

JAYAPURA (UMAGI)--- Pada peringatan 28 tahun terbunuhnya Arnold Clemens Ap, Solidaritas Korban Pelanggaran HAM Papua (SKPHP) meminta negara bertanggung jawab atas berbagai peristiwa pelanggaran hak asasi manusia di tanah Papua. 




Hal ini ditegaskan oleh koordinator SKPHP, Peneas Lokbere saat melakukan konfrensi pers di pemakaman umum Kristen Abepura, ketika melayat ke makam Arnold Clemens Ap, Kamis (26/4) siang tadi, di Kamkey, Abepura, Papua.

SKPHP mendesak presiden SBY untuk meminta maaf kepada rakyat Papua atas perbuatan melawan hukum dan hak asazi manusia dan pelumpuhan karakter budaya orang Papua yang dilakukan oleh militer Indonesia. 




“Menuntut pertanggung jawaban negara lewat hukum dan politik atas pembunuhan berencana yang dilakukan terhadap Arnold Ap dan Eddy Mofu.”

SKPHP juga menuntut pemerintah Indonesia untuk memberikan rasa aman, kompensasi dan rehabilisasi untuk keluarga Arnold Ap dan Eddy Mofu.

“Meminta Pemerintah Provinsi Papua mendukung dan memberikan bantuan demi berkembangnya music-musik mambesak sebagai music pemersatu keanekaragaman budaya di tanah Papua.”

SKPHH juga mendesak pemerintah Provinsi Papua untuk memberikan rasa hormat dan penghargaan terhadap makam Arnold Ap dan Eddy Mofu di pemakaman umum Kristen tanah hitam Abepura.

Pantauan suarapapua.com, awalnya massa berkumpul di depan Museum budaya di Kampus Universitas Cenderawasih, kemudian melakukan longmarch ke kuburan umum Kristen tanah hitam untuk  melayat makam Arnold Ap.

Setelah melayat makam almarhum Arnold Ap, massa kemudian kembali ke museum budaya Papua di samping Kampus Uncen. 

Di museum budaya Papua, massa melakukan aksi panggung, orasi-orasi budaya, dan pemutaran lagu-lagu mambesak. 

Arnold Ap saat itu ia dianggap berbahaya oleh Indonesia dengan lagu-lagunya yang dapat membangkitkan semangat perlawanan rakyat Papua terhadap penjajahan. 

Bersama sahabatnya, Eddy Mofu, pada tanggal 26 April 1948, ia ditembak mati oleh Kopassandha/Kopassus di Pantai Base-G, Papua,  saat akan meninggalkan Jayapura.  (
ARNOLD BELAU)




SUMBER: SUARAPAPUA

, , , ,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...