Tuesday, April 17, 2012

UN di Papua Diikuti 20.038 Pelajar, Berjalan lancar Dan Kendala

WEST PAPUA     12:36 AM   No comments

Siswa SMAN 1 Kabupaten Puncak, Papua  (foto: Ist) 
PAPUA (UMAGI)-- Sebanyak 20.038 pelajar tingkat sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) di Papua, Senin (16/4), mengikuti ujian nasional (UN). 

Ketua Penyelenggaran UN Papua Leonard Benaino mengatakan para pelajar yang mengikuti UN itu tersebar di 27 kota dan kabupaten se-Papua. 

Para pelajar yang mengikuti UN itu terdiri atas tingkat SMA sebanyak 14.210 orang, Madrasah Aliyah (MA) 193 orang, SMA LB tercatat tujuh orang dan tingkat SMK sebanyak 5.828 orang. 

Menurutnya, hingga saat ini belum ada laporan tentang kendala keterlambatan pendistribusian soal UN termasuk ke Puncak Jaya. 

Untuk pendistribusian soal-soal ke kawasan itu, jelas Leonard, pihaknya melakukan melalui Ilu, salah satu distrik di Kabupaten Puncak Jaya, karena tidak ada pesawat yang mau masuk ke Mulia sejak terjadi penembakan terhadap pesawat milik Trigana. 

Lima pelajar di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, tidak bisa mengikuti ujian nasional (UN). Kepala Dinas Pendidikan Puncak Jaya, Elias Wonda, mengatakan kelima pelajar itu terdiri atas empat pelajar SMA Mulia dan seorang siswa SMK Mulia.

Berdasarkan laporan kepala sekolah, para pelajar itu tidak bisa mengikuti UN karena mereka saat ini masih berada di luar Mulia. ''Kelimanya berada di luar kota Mulia dan tidak dapat kembali karena tidak ada pesawat yang melayani rute ke Mulia,'' tutur Wonda.

UN tingkat SMA/SMK di Kabupaten Puncak Jaya diikuti 186 orang. Mereka tersebar di tiga sekolah, masing-masing SMA Negeri Mulia sebanyak 102 orang, SMK Mulia 39 orang dan 25 orang di SMK Ilu.

Hingga saat ini perusahaan penerbangan masih enggan melayani rute ke Mulia. Hal tersebut sejak pesawat twin otter milik Trigana ditembak kelompok bersenjata pada Ahad (8/4) lalu.

kemudian, Ketua panitia Ujian nasional (UN) SMU/SMK Kota Jayapura Papua, Cliford Korwa,M.Pd mengatakan ujian di hari pertama di wilayah Papua berjalan lancar. "Hari pertama UN di Kota Jayapura berjalan lancar," 

Menurut dia, dari laporan yang diterima pihaknya dari subrayon satu hingga empat di tingkat SMU dan SMK di ibu kota provinsi Papua itu tidak didapatkan suatu masalah yang berarti 
Ia juga mengatakan bahwa dari 4.000 lebih siswa/i SMU/SMK yang mengikuti UN di hari pertama tidak ada yang bolos atau ribuan siswa/i pesarta UN hadir semua. 
"Semuanya hadir dan bersyukur mereka bisa melalui UN dihari pertama dengan baik," katanya. 
Cliford yang juga kepala bidang SMU/SMK Kota Jayapura berharap agar dihari kedua hingga hari terakhir pelaksanaan UN diwilayah tersebut semua siswa/i bisa mengikuti UN dengan baik, dan hal itu juga sudah disampaikan kepada kepala-kepala sekolah yang ada untuk selalu memantau siswa/i yang ikuti ujian. 

Di Merauke  Pelaksanaan ujian nasional SMA/SMK hari pertama dan kedua di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Selasa (17/4/2012), secara umum berjalan lancar. Pengawasan berlangsung ketat sejak penyimpanan berkas soal hingga pengumpulan lembar jawaban ujian dari para peserta UN.  

"Pembukaan paket soal disaksikan pengawas independen. Pengumpulan lembar jawab ujian peserta sampai dengan proses dikirim ke Kantor Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke juga disaksikan pengawas independen," ungkap Kepala Sekolah SMAN 3 Merauke Lukas Lena di Merauke, Senin.

Lukas mengatakan, tidak ada soal yang rusak, kurang, atau berlebih. Berkas soal sesuai dengan jumlah peserta UN. "Tercatat dari 165 siswa, satu peserta UN di SMAN 3 Merauke tidak hadir karena telah pindah tempat tinggal ke luar kota. Jumlah berkas soal sesuai jumlah peserta," katanya.

Wakil Bupati Merauke Sunarjo menjamin tidak ada kebocoran dalam pelaksanaan UN di Merauke. Ia mengakui ada kekhawatiran dari siswa terhadap UN. Karenanya, ia meminta siswa agar berusaha sebaik mungkin. Berdasarkan data Panitia Ujian Nasional SMA/SMK 2012 Merauke, jumlah peserta UN di Merauke sebanyak 2.265 siswa. (Andy 

Sumber: Kompas, Detik, Metrotvnews, vivanes, Kr.

, ,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...