Tuesday, March 20, 2012

SERUAN AKSI WARGA PAPUA JOGYA

Mypapua     11:25 AM  


SERUAN AKSI !!!
Salam Pembebasan...
“PBB dan Indonesia Segera Mengakui Kedaulatan Negara West Papua”
Sejarah buram keterlibatan Perserikatan Bangsa-Bangsa [PBB] dalam mengkebiri hak-hak demokratis Rakyat Papua untuk menentukan nasib sendiri sebagai sebuah Negara-Bangsa, telah mengakibatkan terjadinya pelanggaran berat terhadap Hak Asasi Manusia [HAM] Rakyat Papua hingga saat ini. 
Yang mana, dalam penandatanganan New York Agreement (Persetujuan New York) antara Indonesia dan Belanda yang disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa, U Thant dan Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Ellsworht Bunker pada tanggal 15 Agustus 1962. New York Agreement (Persetujuan New York) adalah suatu kesepakatan yang tidak sah, baik secara yuridis maupun moral. Persetujuan New York itu membicarakan status wilayah dan nasib Bangsa Papuat, namun di dalam prosesnya tidak pernah melibatkan wakil-wakil resmi bangsa Papua.
Sejak 1 Mei 1963, bertepatan dengan berakhirnya masa pemerintahan Unites Nations Temporrary Executive Administratins (UNTEA) atau Pemerintahan Sementara PBB di Papua, kemudian menyerakan kekuasaanya kepada Indonesia, selanjutnya pemerintah Indonesia mulai menempatkan pasukan militernya dalam jumlah besar di seluruh Tanah Papua, akibatnya hak-hak politik dan Hak Asasi Manusia dilanggar secara tidak wajar.
Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) 1969 dilaksanakan  dengan cara lokal Indonesia, yaitu musyawarah oleh 1025 orang dari total 600.000 orang dewasa laki-laki dan perempuan. Sedangkan dari 1025 orang yang dipilih untuk memilih, hanya 175 orang saja yang menyampaikan atau membaca teks yang telah disiapkan oleh pemerintah Indonesia.
Berkaitan dengan proses pengabaikan hak-hak politik Rakyat Papua untuk secara adil dan jujur dalam menentukan nasib sendiri oleh PBB pada PEPERA 1969. Dan jalan keluar dari penyelesaian kompleksitas persoalan di Papua saat ini. Maka bertepatan dengan kunjungan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon ke Indonesia, kami Aliansi Mahasiswa Papua menyatakan sikap politik kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai berikut :
  • Segera Mengakui Kedaulatan Negara West Papua yang telah merdeka 1 Desember 1961 dengan jalan memberikan ruang kebebasan dan hak menentukan nasib sendiri kepada Rakyat Papua.
  • Segera mendesak Indonesia untuk menarik Pasukan Militer (TNI/POLRI) Organik dan Non-Organik dari seluruh Tanah Papua.
  • Segera mendesak Indonesia untuk membuka akses bagi Media Internasional untuk masuk ke Papua.
Demikian maksud aksi ini, dukungan Rakyat Indonesia akan sangat membantu terwujudnya demokratisasi di Papua.
Salam Pembebasan

Menjadi tugas kita Mahasiswa Papua untuk berjuang sesuai potensi perlawanan yang kita miliki. Oleh karena itu kami dari Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) akan mengadakan Aksi untuk menyikapi persoalan status Papua sebagai sebuah Negara-Bangsa. Maka, kami menyerukan kepada seluruh Kawan-kawan Mahasiswa/i Papua di Yogyakarta untuk dapat berpartisipasi dalam Aksi yang akan dilakukan pada :
Hari/Tanggal                : Kamis, 22 Maret 2012
Waktu                 : 08.30-selesai
Titik Kumpul : 1. Asrama Mahasiswa Papua “Kamasan I” Yogyakarta
                                    2. Depan Asrama Puncak Jaya
Rute                     : Bundaran UGM-Kantor POS ( Nol Kilometer )
Demikian Seruan Aksi ini kami buat, atas perhatian, partisipasi dan kehadiran Kawan-Kawan, kami ucap jabat erat.

Salam Pembebasan! “Bersama Kebenaran Sejarah Sang Bintang Kejora”


                                                                                                                        Yogyakarta, 20  Maret 2012
Humas Aksi

ANDY.P
Cp : 08213735058 (Andi)

,

Mypapua


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

Translate

Followers

NEWS