Friday, February 3, 2012

INDONESIA (PERSIJA) LAWAN PAPUA (PERSIWA)

WEST PAPUA     4:49 AM  



YOGJA (UMAGI)-- Duel Persija Jakarta Ibukata indonesia “LAWAN”  Persiwa Wamena Papua di Yogyakarta terpaksa dihentikan lebih awal. Sebuah keputusan kontroversial wasit  yang tidak adil membuat suporter Persiwa marah dan menyerbu lapangan.

Dalam laga di Stadion Mandala Krida, Jumat (3/2/2012) sore WIB, Persija mendapat peluang pada menit kesembilan lewat percobaan Ramdani Lestaluhu.





Tapi, tembakan Ramdani dari depan kotak penalti masih terlalu mudah untuk dijinakkan oleh kiper Galih Firmansyah.


Memasuki menit ke-28, giliran Octavianus yang mengancam gawang Persiwa melalui tendangan bebasnya. Kali ini, Galih dipaksa terbang untuk menangkap bola.

Tiga menit kemudian, Persiwa balik menekan. Namun, tendangan bebas jarak jauh Eric Weeks masih menyamping.

Kans yang didapat Bambang Pamungkas pada menit ke-40 juga belum bisa membuahkan gol. Tendangan volinya tak mengarah ke gawang Persiwa.


Hingga babak pertama selesai, tak ada gol yang tercipta.

Baru beberapa menit selepas restart, Persiwa mampu mencuri gol. Diawali sebuah sepak pojok, sundulan Yuichi Shibakoya berhasil diteruskan oleh Yesaya Desnam ke gawang Persija.

Persija yang tertinggal kemudian menggempur pertahanan Persiwa. Peluang mereka pada menit ke-67 tak membuahkan hasil karena tembakan Bambang dari luar kotak penalti masih melambung di atas mistar.

Berselang semenit, gawang Persija malah nyaris jebol. Namun, tendangan kaki kiri Boakay Eddie Foday masih melebar.

Pada menit ke-74, sebuah insiden terjadi di lapangan. Insiden ini diawali keputusan wasit Setiyono menghadiahi Persija sebuah penalti setelah Shibakoya dianggap melakukan handball di area terlarang pada hal  pelanggaran persebut tidak masuk akal..

Keputusan ini mendapat protes keras dari para pemain Persiwa. Bahkan, sejumlah suporter klub asal Papua ini masuk ke lapangan dan memburu Setiyono. Aparat keamanan pun terpaksa turun tangan dan mencoba mengamankan dia.

Setelah ditunggu hingga beberapa menit, situasi mulai juga kondusif. peryandingan dilanjutkan atau dihentikan. Persiwa sementara unggul 1-0.

Dari pantauan terakhir di Stadion Mandala Krida, para pemain kedua tim masih tertahan di dalam stadion. Begitu juga dengan suporter.dalam insiden tersebut tidak ada yang korban baik dari pihak supporter persija maupun persiwa papua.
Hasil keputusan panitia dan pihak persija, persiwa akan melahirkan akan bertangding dalam waktu 15 menit. Pertandingan diawali dengan tendangan finalti. Hasil imbang 1-1. Kemudian pertandingan mulai sampai beberapa menit kemudian persiwa unggul 2-1 tas persija Jakarta sampai usai.
Awalnya, dua suporter Persiwa merangsek masuk ke lapangan berusaha mengejar wasit. Saat pihak keamanan memusatkan perhatian kepada dua suporter tersebut, semakin banyak suporter Persiwa lainnya yang turun ke lapangan dari tribun penonton. Situasi pun tak terkendali, seorang suporter yang masuk terlihat membawa tongkat berukuran sekitar 1,5 meter.
Namun laga akhirnya dilanjutkan kembali setelah terhenti sekitar 30 menit. Bambang Pamungkas yang menjadi eksekutor sukses menyarangkan bola ke gawang Galih Firmansyah, namun Persiwa membalas lewat Eddy Foday Boakkai.


Jalannya pertandingan:
Persija harus melakoni partai kandang di Yogyakarta karena Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, kandang mereka, masih dalam proses perbaikan rumput.
Permainan berjalan dalam tempo cukup lambat di babak pertama. Menurunkan pemain terbaiknya seperti Bambang Pamungkas, Robertinho Pugliara, Ramdani Lestaluhu hingga Ismed Sofyan, Persija menguasai jalannya pertandingan. Namun mereka kesulitan menembus pertahanan lawannya.
Hal yang sama terjadi pada tamunya asal Papua. Tim besutan Gomes De Oliveira lebih fokus pada pertahanan dan mencari celah lewat serangan balik cepat, dimotori Erick Weeks.
Persija melepaskan tembakan pertama ke gawang lawan pada menit kesembilan, lewat tendangan Ramdhani Lestaluhu dari depan kotak penalti masih bisa digagalkan kiper Galih Firmansyah.
Pada menit ke-27, Persija melepaskan tembakan ke gawang Persiwa lewat tendangan bebas Oktavianus, namun bola masih bisa ditangkap Galih.
Sementara itu, lapangan yang keras membuat para pemain kerap merasakan kesakitan tiap terjatuh akibat benturan. Bahkan sebelumnya pemain Persiwa Marchelino Mandagi harus ditarik keluar, digantikan Ade Setiawan, karena tak bisa melanjutkan pertandingan di 15 menit pertama.
Sepuluh menit jelang babak pertama usai, kembali tendangan bebas Oktavianus mengancam gawang Persiwa. Namun bola yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang Persiwa masih mampu dihalau kiper lawan.
Bambang Pamungkas mendapat peluang pada menit ke-42, namun tendangan volinya menyambut bola lambung masih melebar. Sementara pada masa injury time, Pugliara mengakhiri penetrasinya ke kotak penalti lawan dengan tendangan menyusur tanah, namun masih dapat ditangkap kiper lawan.
Praktis, selama 45 menit pertama laga Persiwa tidak mampu melepaskan tembakan ke gawang. Hingga wasit Setiyono meniup peluit tanda turun minum skor 0-0 masih belum berubah.
Persiwa mencuri gol saat laga babak kedua baru berjalan satu menit. Sundulan Yesaya Desnam menyambut bola yang berawal dari sepak pojok mampu mengoyak gawang Persija, mengubah kedudukan menjadi 1-0.
Persija mencoba menyamakan kedudukan pada menit ke-67. Pugliara memberikan umpan mendatar kepada Bepe di luar kotak penalti, namun tendangan kapten timnas Indonesia itu masih tinggi di atas mistar gawang.
Insiden terjadi di menit ke-74, saat wasit memberikan penalti akibat pelanggaran yang dilakukan Shiba Koya Yoichi. Pendukung Persiwa yang tidak terima merangsek ke dalam lapangan dan berusaha menyerang wasit. Keadaan semakin buruk sehingga pertandingan terpaksa ditunda.
Namun 30 menit kemudian, laga bisa dilanjutkan karena penonton sudah mulai tertib. Bepe sukses menyamakan kedudukan lewat titik putih, mengubah tampilan papan skor menjadi 1-1.
Namun tujuh menit jelang laga usai, Persiwa mencetak gol kemenangan lewat Eddy Boakay, menyambut umpan silang. Hasil 1-2 bertahan hingga wasit meniup peluit akhir laga.
Daftar susunan pemain:
Persija Jakarta: Galih Sudaryono; Leo Saputra, Fabiano Beltrame, Precious Emujeraye, Ismed Sofyan; Robertinho Pugliara, Hasyim Kipuw (Amarzukih), Oktavianus (Rudi Setiawan), Ramdani Lestaluhu, Pedro Javier; Bambang Pamungkas.Pelatih: Iwan Setiawan.
Persiwa Wamena: Galih Firmansyah; Yesaya Desnam, Shiba Koya Yoichi, Firly Afriansyah, Isak Konon; Erick Weeks Lewis, Marchelino Mandagi (Ade Setiawan, digantikan lagi oleh Hari Chaniago), O.K John, Richardo Merani; Jaelani Arey, Eddy Foday Boakay. Pelatih: Gomes De Olivera.



















,

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...