Tuesday, November 8, 2011

Tolak Kapitalisasi Kekayaan Alam Papua

Mypapua     3:56 AM   No comments

UmagiPapua-- Jayapura Puluhan massa yang menamakan diri Gerakan Rakyat Demokratis Papua (Garda P) melakukan aksi demo dan mimbar bebas di seputaran Lampu Merah, Abepura, Distrik Abepura Kota Jayapura, Selasa (8/11) siang.
“Hidup Rakyat Papua! Hidup Kaum Buruh! Viva Demokrasi!,”begitulah seruan yang keluar dari Garda P, Selasa(8/11) di seputaran lampu Merah Abepura. Massa juga membagikan selebaran bertuliskan,” Tolak kapitalisasi kekayaan alam Papua, dan rakyat harus berdaulat di atas kekayaan alamya, termasuk tambang yang dikuasai PT Freeport.”

Puluhan massa juga membentangkan dua spanduk, bertuliskan, “Mengutuk segala tindakan pelanggaran HAM, menolak militerisasi di Papua, mendesak Komnas HAM Papua atas insiden Kongres Rakyat Papua III, dan proses hukum atas kekerasan terhadap aksi protes buruh PT Freeport Indonesia (PTFI).”
Massa yang terdiri dari gabungan mahasiswa, dan warga Papua ini juga mendesak pembebasan tanpa syarat terhadap tahanan politik (tapol) Papua, dan memenuhi tuntutan karyawan PTFI, di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.
Aksi mereka mendapat pengawalan  ketat pihak aparat  Polisi dari Mapolresta Kota Jayapura. Salah satu dari massa juga membagikan selebaran yang berisi seruan Garda P kepada warga yang lalu lalang sekitar Abepura. Mereka juga memberikan kepada para pengendara motor dan sopir yang sedang melewati jalan Raya Sentani, Abepura.
Salah satu warga Abepura, Yohanes mengaku sangat respons dengan aksi massa yang menuntut penegakan demokrasi ini.
“Biarkan mereka berdemo sejauh mereka menuntut aspirasinya sesuai dengan Undang-undang yang berlaku. Kami sangat menghargai itu,” ujar Yohanes sambil membaca selebaran.
Menjelang sore hari, sekitar pukul 14.00 WIT massa melanjutkan aksinya menuju kantor DPR Papua, di Jayapura

Mypapua


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Translate

Followers

NEWS