Monday, November 14, 2011

Selesaikan Pelanggaran HAM dan Luruskan Sejarah Papua

WEST PAPUA     10:10 AM   No comments

JAKARTA, KOMPAS.com - Persoalan Papua yang tak pernah selesai sejak wilayah itu direbut dari Belanda, diharapkan selesai dalam tiga tahun terakhir masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Salah satu persoalan kunci yang harus diselesaikan dalam tiga tahun mendatang adalah pelanggaran hak asasi manusia pada masa lalu, dan pelurusan sejarah Papua.
"Kami menyadari ada persoalan sosial politik yang menjadi warisan masa lalu yang kita harus selesaikan . Presiden SBY menyadari, harus
ada penyelesaian dalam periode sisa tiga tahun terakhir pemerintahannya. Mudah-mudahan penyelesaian Papua yang lebih bermartabat dan secara damai ini bisa diselesaikan," kata Staf Khusus Presiden Bidang Otonomi Daerah, Velix Wanggai, di Jakarta, Senin (14/11/2011).
Velix mengatakan, salah satu yang harus dibenahi pemerintah untuk menyelesaikan masalah Papua adalah aspek yang bersifat politik, hukum dan HAM.
"Misalnya penanganan pelanggaran HAM, kemudian penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu. Kemudian masalah klarifikasi sejarah Papua," katanya.
Pemerintah, lanjut Velix, tak bisa sendiri untuk mengatasi persoalan pelanggaran HAM masa lalu dan pelurusan sejarah. Terlebih lagi menurut dia, Mahkamah Konstitusi telah membatalkan Undang-undang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR).
Padahal, tadinya KKR akan dilibatkan dalam penanganan pelanggaran HAM masa lalu dan pelurusan sejarah Papua.
"Terakhir MK memutuskan untuk membatalkan UU KKR. Ini kan implikasinya terhadap otonomi khusus tidak bisa membentuk KKR yang tugasnya adalah klarifikasi sejarah Papua dan juga menyusun strategi rekonsiliasi sosial," katanya.

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...