Sunday, November 27, 2011

Pemerintah Didesak Adakan Perundingan dengan Semua Komponen Papua

WEST PAPUA     11:50 PM   No comments

Pemerintah Didesak Adakan Perundingan dengan Semua Komponen Papua
YOGYAKARTA--MICOM: Sekitar 10 tahun berjalan, Otonomi Khusus di Papua dinilai masyarakat Papua gagal. Untuk itu, masyarakat Papua mendesak Pemerintah RI segera mengadakan perundingan dengan semua komponen masyarakat Papua.


"Yang harus mengikuti perundingan adalah TPN dan OPM yang berada di hutan-hutan, bukan orang Papua yang bolak-balik Papua-Jakarta," ucap Andy Babiay, anggota Pemuda Peduli Rakyat Papua, di Asrama Mahasiswa Papua, Sabtu (27/11) siang, di Yogyakarta.

Andy juga meminta masyarakat asli Papua pun harus diajak berunding untuk membicarakan identitas dan harga diri orang-orang Papua yang selama ini tidak diperhatikan.


"Orang Papua yang ada di luar negeri juga harus diajak berunding," ucapnya. Pasalnya, mereka juga selama ini ikut berteriak memperjuangkan Papua dari sana.


Ia meminta komponen-komponen tersebut diajak berunding secara bermartabat.


Sebelum hal tersebut dilakukan, Arkilaus Baho, penghubung RI dengan Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Rakyat Papua, meminta Papua harus disterilkan. Caranya, seluruh pasukan TNI dan Polri harus ditarik dari Papua.


"Tapol dan napol Papua harus dibebaskan," tegasnya. Blacklist terhadap pejuang-pejuang Papua juga harus dibersihkan.


Agar perundingan dapat berjalan dengan baik, Papua harus damai selama 6 bulan, tidak ada penembakan-penembakan di Papua. "Perundingan juga dilaksanakan di luar Indonesia dengan disaksikan pihak ketiga," ucapnya.


Menurutnya, penambahan pasukan ke Papua malah akan meningktakan ketegangan di Papua. Ia pun menyayangkan sikap pemerintah yang mengkhianati untuk menjaga kedamaian di Papua.


Menurutnya, jika hal yang terjadi dibiarkan, tragedi kemanusiaan di Papua akan terus berlangsung. (AT/OL-10)

WEST PAPUA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Google+ Followers

Translate

Followers

NEWS

papuatvnews

Loading...

Free West Papua Videos

Loading...

Aktivis Pro Papua Merdeka

Loading...

Free West Papua Compaign

Loading...