Wednesday, October 19, 2011

300 Warga Ditangkap Polisi Pasca Konggres RAkyat Papua (KRP) III

Mypapua     2:25 PM   No comments

Umagi Papua - Jayapura Papua Barat Pasca Kegiatan konggres Papua III  19/10/11 di hadang Oleh Aparat Klonialis Indonesia , 300 warga Papua yang mengikuti Kongres Rakyat Papua III ditangkap aparat kepolisian saat kericuan di Abepura pecah. Saat ini mereka sementara masih diproses di Markas Besar Kepolisian Daerah Papua di Jayapura.
Dari pantauan (tabloidjubi.com), sebelum ratusan warga itu ditangkap, mereka dipukuli aparat keamanan dengan rotan, popor senjata dan pistol. Setelah itu, mereka digiring masuk ke dalam mobil tahanan. “Aduh
kenapa pukul kami, kami tidak bersalah,” ujar seorang warga saat digiring ke mobil tahanan.
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Wachyono saat dikonfirmasi, Rabu (19/10) malam mengaku, sebanyak 300 warga ditangkap. “Ada 300 orang yang kami tangkap,” ujarnya. Masyarakat yang ditangkap, termasuk didalamnya Ketua DAP, Forkorus Yaboisembut dan Ketua West Papua National Autrority, Edison Waromi, seorang warga lainnya diketahui bernama Neles, salah satu aktivis Papua.
Wachyono menandaskan, ratusan warga yang ditangkap itu, akan diproses. Bagi yang salah akan diproses lebih lanjut sesuai aturan yang berlaku. “Mereka sementara lagi ditahan dan diproses di Polda Papua,” tuturnya. Kata dia, mereka yang ditangkap belum pasti dituduh makar. Tiga ratusan warga ini tentunya akan dipulangkan jika tak terbukti bersalah dalam pemeriksaan.
Sementara yang menaikan bendera bintang kejora diawal pembukaan kongres, Senin (17/10) lalu, tetap diproses. Terkait penembakan dan pemukulan terhadap warga, Wachyono membantah kejadian itu. Ia mengtatakan, tak ada pemukulan dan penganiayaan yang dilakukan oleh aparat kepolisian. Selanjutnya, soal rentetan penembakan yang dikeluarkan secara bertubi-tubi ke udara oleh polisi saat kericuan, bukan bermaksud menakut-nakuti masyarakat. Namun, itu merupakan tembakan peringatan. “Tembakan itu bukan menakuti warga, tapi tembakan peringatan,” imbuhnya. Hingga kini, polisi belum merinci identitas dari ratusan warga yang ditangkap. 

video dari: www. metrotvnews.com



foto dari: www. Tabloidjubi.com



Mypapua


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 SILAKAN BERKOMENTAR :

silakan komentar anda!

Translate

Followers

NEWS